20 Tempat Wisata Menarik Di Kulon Progo Jogja Terbaru

20 Tempat Wisata Menarik Di Kulon Progo Jogja Terbaru - Hai sobat Khoerul WEB, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 20 Tempat Wisata Menarik Di Kulon Progo Jogja Terbaru, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tempat Wisata Di Indonesia, Artikel Tempat Wisata Di Jogja, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 20 Tempat Wisata Menarik Di Kulon Progo Jogja Terbaru
link : 20 Tempat Wisata Menarik Di Kulon Progo Jogja Terbaru

Baca juga


20 Tempat Wisata Menarik Di Kulon Progo Jogja Terbaru

Tempat Wisata Di Kulon Progo - Inilah daftar tempat wisata menarik di Kulon Progo Jogja terbaru, terlengkap, dan paling bagus. Mulai dari wisata alam, pantai, sampai kuliner khas yang enak dan maknyus ada semua disini. Pariwisata Kulon Progo Yogyakarta baru-baru ini memang sedang naik daun, tak kalah indah dengan objek wisata di Jogja yang lainnya seperti di kabupaten Gunung Kidul, Sleman, dan Bantul. Sebut saja wisata Kalibiru, yang menjadi primadona baru para traveler yang suka narsis kekinian.

Selain itu, akomodasi di Kulonprogo seperti tranportasi, akses jalan, dan hotel/penginapan juga cukup lengkap, apalagi lokasinya tak begitu jauh dari pusat Kota Jogja. Nah, untuk memudahkan Anda dalam menjelajahi aneka tempat wisata yang ada di Kulon Progo maka Tempat Plesir telah menyiapkan daftarnya.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Kulon Progo Yang Paling Bagus, Menarik, Dan Terkenal

1. Desa Wisata Kalibiru

Tempat Wisata Di Kulon Progo Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru merupakan tempat wisata baru di Kulon Progo yang sedang naik daun dan populer akhir-akhir ini. Kalibiru adalah nama sebuah desa sekaligus hutan wisata yang terletak di kecamatan Kokap, Kulonprogo. Karena kepedulian warga dalam menjaga salah satu sumber penghidupan mereka,

Kalibiru menjadi lokasi ekowisata menarik yang terpelihara dengan baik. Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati trekking dengan latar pepohonan hijau. Seiring dengan viralnya foto gardu pandang pohon pinus di media sosial seperti instagram dan facebook, Kalibiru pun menjadi ikon tempat wisata baru Jogja yang hits.

Untuk menyambangi Kalibiru, Anda hanya dikenai tarif 3 ribu rupiah saja. Ada tempat yang asyik buat berfoto di sini, yaitu sebuah platform kecil dari kayu yang terletak di atas pohon pinus. Untuk naik ke atasnya, Anda mesti mendaki tangga bambu.

Dari sini, Waduk Sermo tampak jelas di kejauhan. Tunggulah sampai senja tiba dan memantulkan cahaya keemasan di permukaan waduk. Narsis di atas pohon pinus menjadi salah satu aktivitas favorit disini, karena memang tempatnya instagramable banget.

2. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo yang terletak di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, DIY. Tempat wisata di Kulon Progo ini menawarkan pesona matahari terbit dengan hamparan awan yang tak kalah keren dari gunung-gunung yang terkenal di Yogyakarta.

Dari gardu pandang tertinggi di 1.019 mdpl, Anda bisa memandang empat gunung yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro serta Candi Borobudur yang kadang tertutup kabut dari kejauhan. Mendapatkan pemandangan indah di Puncak Suroloyu tentu bukan tanpa usaha. Anda mesti menapaki sekitar 290 anak tangga untuk sampai ke puncaknya.

3. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo terletak di Nglinggo, Samigaluh, Kulonprogo. Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang asri berupa pemandangan perkebunan teh, hamparan hutan pinus, dan pemandangan bukit-bukit yang terdapat di sekitarnya. Tempat wisata di Kulon Progo Jogja ini tengolong baru.

Selain duduk santai di puncak pegunungan sambil menikmati segarnya es kelapa muda, wisatawan juga bisa mencoba naik ke bukit-bukit yang ada disana. Medannya asyik karena harus melewati jalan-jalan setapak khas pedesaan. Anda bisa bergaya berlari-lari kecil sambil bernasis ria.

4. Puncak Gunung Lanang

Puncak Gunung Lanang

Puncak Gunung Lanang adalah salah satu tempat wisata di Kulon Progo terbaru untuk menyaksikan hijaunya bagian paling barat Jogja. Dari puncak ini pula, samar-samar terlihat deburan ombak Samudra Hindia di sebelah selatan.

Untuk dapat menikmati pemandangan tersebut, wisatawan harus meniti banyak anak tangga. Tapi tak usah kuatir, ada dua titik pandang sebelum sampai puncak. Keduanya sama-sama memiliki pemandangan menawan. Gunung Lanang terletak di Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

5. Kedung Pedut

Kedung Pedut

Kedung Pedut termasuk salah satu wisata air terjun di Kulon Progo yang wajib dikunjungi dan relatif baru. Tak ada seluncur atau wahana water byur seperti water park kebanyakan, tapi bermain air di air terjun alami ini malah lebih mengasyikkan. Tumpukan batu-batu berpadu dengan susunan batang-batang bambu menjadi wahana bermain air yang tak kalah seru.

Lokasi dan alamatnya ada di Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. Tiga buah kedung tampak bertingkat-tingkat. Airnya jernih membiru. Jembatan-jembatan bambu tertancap, sebagai pemanis tempat itu. Kedung Pedut, sesuai namanya, ia menyimpan keceriaan di balik balutan kabut. Di tempat ini kita dapat puas bermain air dan melakukan kegiatan menantang nyali, canyoning.

6. Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo

Wisata Kulon Progo Air Terjun Perawan Sidoharjo terletak di di Dusun Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, DIY. Air terjun ini disebut juga air terjun Samigaluh. Dan disebut perawan karena airnya jernih, dingin, dam di dasar air terjun banyak ditemukan tanaman bunga yang beraneka macam.

Ketinggiannya sekitar 75 meter dengan hampir 90 derajat kemiringan. Air Terjun Sidoharjo merupakan salah satu wisata alam di Kulon Progo yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi para wisatawan. Pas banget deh disebut perawan alias belum terjamah.

Objek wisata alam di Kulon Progo ini paling pas menjadi destinasi wisatawan yang menyukai tantangan dalam perjalanan karena untuk mengakses ke lokasi wisata ini memang tidak mudah. Wisatawan harus melewati jalan setapak dan terjal untuk menuruni bukit.

Untuk menuju Air Terjun Perawan ini harus menempuh jarak sekitar 5 kilometer dari Pasar Dekso. Setelah tiba di MTs Sidoharjo lalu belok ke kiri. Itu belum selesai karena masih harus melewati jalan yang menanjak, jalan setapak di pinggir sawah dan hutan.

7. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Tak hanya terdapat di Kabupaten Kranganyar Jawa Tengah, ternyata di Kulon Progo juga terdapat air terjun Grojogan Sewu. Wisata air terjun di Kulon Progo ini berada di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Air terjun Grojogan Sewu dapat dikategorikan masih sepi pengunjung, karena memang baru dikembangkan secara serius sebagai obyek wisata sekitar tahun 2013. Destinasi wisata alam ini memiliki pemandangan air terjun yang sangat indah dan menawan sehingga cocok untuk mengisi liburan akhir pekan Anda bersama teman atau sahabat dekat.

8. Waduk Sermo

Waduk Sermo

Waduk Sermo terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo. Untuk harga tiket masuk-nya sebesar Rp.2000 perorang orang dan Rp.1000 per motor. Murah meriah bukan? Hijaunya Perbukitan Menoreh adalah latar mempesona yang menjadikannya tampak seperti telaga alami jika dilihat dari kejauhan.

Untuk menikmati keelokannya, kita dapat mengelilinginya dengan berkendara atau dapat pula menyewa perahu wisata dan menyusuri tiap sisinya. Selain untuk berwisata, waduk ini juga menjadi tempat favorit mereka yang hobi memancing. Air di waduk ini bukan hanya untuk irigasi, tetapi juga untuk tempat memelihara ikan bagi warga setempat melalui keramba apung.

Jumlah keramba yang bisa dibuat di waduk ini 100 keramba. Satu karamba diperkirakan menghasilkan ikan air tawar 2,5 ton selama empat bulan. Jadi bukan hanya pemandangan yang dapat dinikmati tetapi juga menu-menu ikan hasil dari peternakan asli waduk tersebut. Bahkan di sekitar kawasan tersebut juga terdapat tempat membeli buah-buahan yang dipetik dari Desa Hargowilis dan Hargorejo yang termasuk daerah penghasil buah, seperti durian, manggis dan buah-buahan lainnya.

9. Pantai Glagah

Pantai Glagah

Pantai Glagah adalah tempat wisata pantai Kulon Progo favorit wisatawan yang paling terkenal dan populer. Berjarak sekitar 40 kilometer, Anda hanya perlu menempuh satu jam perjalanan dari Kota Yogyakarta ke arah barat dengan menggunakan kendaraan bermotor. Paling dekat memang jika ditempuh dari Wates yang disebut-sebut sebagai ibukota Kulonprogo, yakni hanya 15 Kiilometer. Anda yang dari Purworejo bisa juga menempuh perjalanan kurang lebihnya 1 jam.

Pantai Glagah menyajikan pemandangan deburan ombak, hamparan pasir, semilir angin laut, dan dilengkapi beberapa fasilitas yang membuat Anda betah di sini. Anda bisa memancing di sekitar laguna atau pemecah ombak, ada juga penyewaan perahu motor, sampan atau kano yang bisa dipakai untuk berkeliling ria.

Di Pantai Glagah ada pula Pelabuhan Tanjung Adikarto yang mampu dirapati perahu atau kapal berbobot ratusan ton dan menjadi pelabuhan terbesar di Asia Tenggara. Ada objek lain lagi, yakni kebun buah naga dan pertanian melon dan semangka yang menjadi produk pertanian andalan di kawasan berpasir ini.

10. Pantai Trisik

Pantai Trisik

Wisata Pantai Kulon Progo yang satu ini paling asyik dikunjungi ketika pagi atau sore hari. Hal ini karena panorama di Pantai Trisik memang sungguh paling aduhai saat pagi dan sore. Di dekat pantai Trisik ada sebuah persawahan dan juga kebun kelapa milik para penduduk sekitar yang terhampar hijau. Pantai, rumah warga, gubug yang menjual makanan dan juga jalan penghubung antara desa dengan kota yang dekat.

Tempat pelelangan ikan merupakan salah satu tempat yang akan Anda jumpai saat masuk di wilayah pantai ini. Tempat ini adalah jantung warga Trisik yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menyaksikan kegiatan konservasi penyu.

Anda juga bisa menyasikkan bermacam jenis burung terbang di atas angkasa pantai ini. Pasalnya, pantai ini merupakan salah satu tempat singgah burung yang migran dari berbagai macam wilayah, sebut saja jenis burung Trinil Pantai, Trinil Rawa, Trinil Semak, Kedidi Leher Merah, Cerek Kalung Kecil, Cerek Kernyut dan Layang-Layang Asia. Ada juga burung non migran seperti Walet Sapi, Kuntul Kerbau, dan Udang Biru.

11. Pantai Bugel

Pantai Bugel

Pantai Bugel termasuk wisata pantai di Kulon Progo yang masih sepi pengunjung. Justru karena tempatnya yang masih jarang dikunjungi inilah yang menjadi keunggulan tersendiri dari Pantai ini. Anda bakal mendengar dengan sejelas-jelasnya deburan ombaknya yang ganas.

Pantai ini letaknya di antara Pantai Trisik dan Pantai Glagah. Jadi, untuk rutenya bisa mengikuti rute menuju kedua pantai tersebut. Harga tiket masuk pantai ini gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun. Karena belum diatur oleh pemerintah, maka tidak ada pungutan retribusi saat berkunjung ke pantai yang asri ini. (Kalau sekarang mungkin sudah diberlakukan retribusi).

Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 2.500 untuk parkir kendaraan. Jika Anda ingin mandi, Anda hanya diwajibkan membayar sebesar Rp 2.000. Di Pantai ini juga Anda bisa menemukan berbagai warung makan yang menyediakan berbagai olahan ikan laut yang gurih, mantap dan enak rasanya.

12. Pantai Congot

Pantai Congot

Pantai Congot ini terletak di Desa Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulonprogo, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya sangat mudah untuk dijangkau. Selain kondisi jalan yang cukup baik, pantai ini tidak jauh dari jalan raya antar kota dan antar propinsi, berjarak sekitar 2 kilometer, dari Jalan Raya Wates.

Jalan raya ini merupakan jalur penghubung Kota Yogyakarta dengan Kab. Purworejo, Jawa Tengah, dan juga salah satu jalan utama untuk menuju kota Jakarta atau jalur selatan pulau Jawa. Dengan kata lain letak pantai ini mudah diingat karena berada di ujung barat Kabupaten Kulonprogo.

Perjalanan menuju Pantai Congot sangat mempesona karena banyak deretan pohon kelapa yang tertanam rapi di pinggir jalan. Jika Pantai Trisik bagusnya dikunjungi pada pagi dan sore, Pantai Congot justru cocok untuk dikunjungi waktu sore hari ketika senja menjelang malam lantaran pemandangan sunsetnya yang menggoda.

13. Gunung Ijo

Gunung Ijo

Wisata Kulon Progo Gunung Ijo terletak di dalam dua wilayah yaitu Kulon Progo dan Purworejo karena di puncak tersebut merupakan perbatasan daerah antara Jawa Tengah dan DIY. Lokasi dan alamat tepatnya berada di Desa Plampang, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dan di Desa Durensari, Kecamatan Bagelan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Menurut informasi yang saya peroleh, Gunung Ijo merupakan puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh. Mungkin jika dihitung jaraknya bisa lebih dari 1.000 mdpl. Memang agak sulit untuk menemukannya karena tempat tersebut memang agak tersembunyi dan tidak ada petunjuk jalan sama sekali. Ada dua jalur pendakian menuju ke puncak, yaitu trek pendek namun kondisi jalan jelek atau trek panjang namun kondisi jalan relatif bagus.

Di Puncak Gunung Ijo Anda bisa melihat pemandangan di segala penjuru. Di sebelah timur kita bisa menikmati keindahan alam Waduk Sermo, Kota Wates, Kota Yogyakarta, bahkan sampai di ujung bukit dan pantai di wilayah Parangtritis. Di sebelah selatan terlihat deretan pantai dari wilayah Bantul, Kulon Progo, Purworejo, dan Kebumen. Di sebelah barat nampak Kota Purworejo dan di sebelah utaranya adalah barisan Perbukitan Menoreh yang hijau dan subur.

14. Waduk Mini Kleco

Waduk Mini Kleco

Waduk Mini Kleco merupakan salah satu objek wisata di Kulon Progo Yogyakarta yang asik untuk dikunjungi. Waduk ini terletak di dusun Ngesong, desa Giripurwo, Girimulyo Kulonprogo Yogyakarta. Bentuknya memang tidak besar, tidak seperti Waduk Sermo, namun pemandangan di sekitar Waduk Mini Kleco ini terbilang sangat indah.

Tempat wisata alam di Kulon Progo ini dapat dijadikan sebagai pengisi liburan akhir pekan bersama teman atau keluarga Anda. Yang pasti jika Anda jeli maka akan mendapatkan spot yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai background foto Anda.

Waduk Mini Kleco termasuk salah satu tempat wisata yang jarang dikunjungi sehingga di lokasi ini belum banyak warung yang menjajakan makanan. Alangkah baiknya jika Anda ingin berkunjung kesana, jangan lupa bawa bekal dari rumah agar tidak kelaperan disini.

15. Goa Kiskendo

Relief Goa Kiskendo

Goa Kiskendo di Kabupaten Kulon Progo menawarkan pemandangan alam yang sangat menawan berupa stalagtit dan stalagmit yang terdapat di dalam goa yang membentuk gugusan yang sangat indah. Wisata Goa Kiskendo terdapat di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

Ada cerita menarik di balik keberadaan Goa Kiskendo ini, dimana menurut mitos yang dipercaya masyarakat, Goa ini merupakan tempat pertempuran antara Maesosuro-Lemusuro melawan Sugriwo-Subali, dimana kisah pertempuran ini diceritakan dalam dinding goa berupa relief.

16. Wildlife Rescue Center

Wildlife Rescue Center

Wildlife Rescue Center merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menampung dan menyelamatkan beberapa satwa liar yang hampir punah. Wildlife Rescue Center dahulu bernama Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta (PPSJ) dan sampai sekarang masyarakat setempat masih familiar dengan nama yang lama tersebut.

Koleksi hewan yang dipelihara di Wildlife Rescue Center ini kebanyakan adalah orangutan yang saat ini keberadaannya sangat memprihatinkan. Wildlife Rescue Center sangat cocok digunakan sebagai wisata pendidikan, apalagi di tempat ini juga sudah disediakan fasilitas seminar, pelatihan outbond, eco-wisata serta akomodasi.

17. Bendungan Ancol

Bendungan Ancol

Bendungan ini sebenarnya bernama Bendungan Van Der Wijck yang dibangun pada tahun 1944. Terletak di Dusun Pantog Wetan, Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo, bendungan ini juga menjadi pembatas wilayah Kabupaten Kulon Progo dan Sleman.

Tempatnya sejuk dengan pemandangan menakjubkan. Anda bisa juga bermalam di kawasan ini karena terdapat sebuah wisma yang disewakan untuk para pengunjung yang ingin menikmati malam di sekitar bendungan. Wisatawan bisa juga camping, bahkan menjadikannya lokasi foto pre-wedding.

Selain menawarkan sebuah keindahan panorama alam Sungai Progo yang penuh dengan material batu dari Gunung Merapi, tempat ini juga kerap kali digunakan sebagai tempat finish peserta rafting dari Magelang. Akses menuju tempat ini cukup mudah karena melalui jalur alternatif, Borobudur ke Yogyakarta atau sebaliknya. Bahkan tidak perlu mengeluarkan kocek untuk retribusi.

18. Arung Jeram Sungai Progo

Arung Jeram Sungai Progo

Arung Jeram Sungai Progo merupakan salah satu tempat favorit  bagi wisatawan maupun penggiat arung jeram di Indonesia. Karakter aliran air serta bentukan jeramnya khas. Berjarak 17 kilometer dari kota Jogja dan dapat dilalui dengan kendaraan selama 25 menit menuju Base Camp.

Ada beberapa rute di arung jeram Progo yang disesuaikan dengan pengalaman, yakni rute pemula, lanjutan, hingga profesional. Namun, jika dilihat dari lokasi basecamp-nya, terdapat rute Hulu, rute Progo atas, dan rute arung jeram Sungai Progo bawah.

19. Puncak Widosari

Puncak Widosari

Puncak Widosari menjadi lokasi favorit anak muda nongkrong karena pemandangan berupa formasi puncak unik yang dikelilingi oleh hijaunya perkebunan di sekitarnya. Berada di Padukuhan Tritis, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, Anda bisa menempuhnya sekitar 10 menit berkendara dari kebun teh mungil, Tritis.

Untuk menuju Puncak Widosari bisa ditempuh dari Tugu Jogja ke arah barat – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ringroad Barat, lurus – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, belok kanan – perempatan Dekso, belok kiri – Pasar Plono, belok kanan – ikuti petunjuk ke arah Kebun Teh Tritis – Puncak Widosari

20. Warung Sate Kambing Mbah Margo

Sate Kambing Mbah Margo

Liburan ke Kulon Progo Jogja, tentu tak lengkap bila belum mencicipi aneka kuliner khas-nya yang menggoda selera. Salah satu tempat wisata kuliner di Kulon Progo yang terkenal dan wajib dikunjungi adalah Warung Sate Kambing Mbah Margo. Menu yang disajikan disini adalah sate kambing lengkap dengan bumbu kecap, irisan bawang merah dan kubis dipadukan dengan nasi putih pulen nan wangi. Menu ini berhasil membuat nama Mbah Margo jadi kondang seantero Kulon Progo. Tak heran jika sate kambing ini jadi langganan banyak orang.

Cita rasa daging kambing yang nikmat tanpa bumbu berlebihan sukses menggoyang lidah. Jika diperhatikan, sate kambing ini dibakar mirip dengan sate klathak khas Imogiri, dengan jeruji besi. Namun, di sini, sate ini disiram dengan kuah kecap dan disajikan lengkap dengan irisan kubis serta bawang merah yang tak kalah nikmatnya. Harga sate di tempat makan enak ini dibanderol sebesar Rp 25.000 / porsi. Lokasi dan alamat Warung Sate Kambing Mbah Margo terletak di Boto, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta. Jam buka setiap hari Pk 08:00 - 20:00 WIB.

Bagaimana sobat traveler? Benar-benar asyik dan menarik bukan aneka objek wisata di Kulon Progo? Rugi deh kalau sampai melewatkannya begitu saja. Sekian dulu info dari saya tentang tempat wisata di Kulon Progo Jogja yang menarik, bagus, dan terbaru.


20 Tempat Wisata Menarik Di Kulon Progo Jogja Terbaru

Sekian postingan kali ini mengenai 20 Tempat Wisata Menarik Di Kulon Progo Jogja Terbaru, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 20 Tempat Wisata Menarik Di Kulon Progo Jogja Terbaru dengan alamat link http://www.khoerulweb.com/2016/01/20-tempat-wisata-menarik-di-kulon-progo.html

0 Response to "20 Tempat Wisata Menarik Di Kulon Progo Jogja Terbaru"

Posting Komentar