Mengenal Browser : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Browser

Mengenal Browser : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Browser - Hai sobat Khoerul WEB, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Browser : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Browser, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Internet, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Browser : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Browser
link : Mengenal Browser : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Browser

Baca juga


Mengenal Browser : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Browser

Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Browser. Pengertan sebuah web browser adalah aplikasi atau program perangkat lunak untuk mengakses World Wide Web dari internet. Bagi Anda yang sering akses internet baik menggunakan PC ataupun smartphone, tentu sudah tidak asing lagi yang namanya browser.Secara umum biasanya browser ini memiliki simbol bola dunia.



Browser pertama kali yang digunakan bernama NCSA Mosaic, dikembangkan di Pusat Nasional untuk aplikasi super komputer pada awal tahun 1990an. Pada awalnya browser diciptakan hanya menampilkan teks saja berupa huruf, angka dan karakter tertentu. Namun seiring perkembangannya, browser juga dapat menampilkan gambar dan grafis yang menarik bagi user. Selain itu, web browser juga bisa menampilkan multimedia dan suara.

Di masa sekarang, untuk mengakses internet tidak hanya dilakukan di PC saja, akan tetapi di perangkat mobile seperti smartphone pun internet sudah bisa di akses. Kini semakin banyak orang yang akses internet melalui smartphone, terutama smarphone berbasis Android dan Ios telah menjadi fenomena dari kemajuan suatu teknologi. Maka dari itu para perusahaan browser kini telah banyak menciptakan browser yang mobile friendly.

Fungsi Browser


Berikut adalah beberapa fungsi dari browser :

1. Software yang digunakan untuk menjelajah di internet.
2. Menerjemahkan kode-kode HTML menjadi suatu dokumen/halaman web.
3. Mencari informasi dari suatu web.

Jenis-Jenis Browser


Pada awalnya, browser Mosaic adalah browser favorit dan banyak digunakan oleh pengguna internet karena tampilannya yang menarik. Tetapi di tahun 1994, browser Mosaic mulai ditinggalkan oleh para penggunanya seiring dengan hadirnya Netscape Navigator.

Selain itu, banyak juga bermunculan browser-browser baru yang mulai dipakai para penjelajah internet. Sebut saja ada browser Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan browser-browser tersebut pun cukup mudah. Kita tinggal download saja browser tersebut tanpa harus membeli alias gratis. Dari sekian banyak browser yang beredar tentunya ada beberapa browser yang banyak digunakan dan dijadikan browser favorit, sebut saja Mozilla Firefox, Google Chrome dan Internet Explorer.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis dari browser :

1. Netscape Navigator


Natscape Navigator adalah browser yang paling populer dan paling banyak digunakan pada tahun 1990-an. Browser ini merupakan browser tertua yang dikembangkan oleh Natscape Corporation. Pada zamannya, browser ini banyak digandrungi oleh penjelajah internet karena karena kelebihannya dalam menampilkan grafis yang baik.

Dalam pembuatannya, Natscape Navigator dibuat menggunakan basis kode Mosaic Web Browser yang berasal dari National Center for Supercomputing Applications(NCSA). NCSA sendiri diciptakan oleh Marc Andressen yang merupakan pendiri Netscape Corporation.

Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakuisisi oleh American Online (AOL). Pada saat itu Natscape sedang membuat proyek Gecko, sehingga kode sumbernya dibuat terbuka atau open source setelah netscape mendirikan proyek mozilla.org.

2. Internet Explorer


Internet Explorer atau biasa disingkat dengan IE atau MSIE, merupakan penjelajah internet yang dikembangkan oleh Microsoft. Jika kita menginstal sistem operasi Windows, maka browser ini akan terinstal secara otomatis pada perangkat komputer kita.

Baca Juga : Jenis-Jenis Sistem Operasi Jaringan

Internet Explorer pertama kali diluncurkan pada tanggal 16 Agustus 1995. Pada awal peluncurannya, Internet Explorer mampu menggeser dominasi Netscape Navigator yang pada saat itu masih menjadi browser favorit para pengguna internet. Hingga saat ini pun IE masih banyak digunakan oleh para penjelajah internet.

3. Mozilla Firefox

Siapa yang tak kenal dengan browser yang satu ini? Browser yang hampir ada disetiap perangkat baik itu komputer, laptop, netbook bahkan smartphone. Mozilla Firefox adalah browser yang bernama asli Phoenix ini dikembangkan oleh yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

Browser ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan hampir support dengan berbagai sistem operasi. Keunggulan dari Mozilla Firefox adalah memiliki tampilan antar muka yang sederhana, memiliki akses internet yang cepat dalam download maupun upload.

Hingga saat ini Mozilla masih menjadi primadona bagi user sebagai perambah internet. Mozilla Firefox makin laris digunakan setelah Intenet Explorer mendapat kecaman karena dianggap tidak memiliki keamanan bagi penggunanya. Pada saat itu IE dianggap tidak memiliki standar web sehingga banyak para penggunanya beralih ke Mozilla Firefox.

4. Google Chrome

Google Chrome adalah jenis browser yang dikembangkan oleh raksasa internet Google melalui proyeknya bernama Chromium. Google Chrome diciptakan dengan menggunakan mesin rendering bernama Webkit.

Saat ini Google Chrome merupakan browser yang banyak digunakan, apalagi setelah berkembangnya perangkat smartphone berbasis Android, browser ini telah terinstal otomatis karena Android sendiri merupakan OS milik Google.

Banyak kelebihan dari browser Google Chrome, diantaranya tampilannya yang sederhana dan kecepatan loading. Kelebihan lain dari Google Chrome adalah menjalankan web yang interaktif, aplikasi web, dan java script yang lebih cepat dari yang sebelumnya. Selain itu, Google Chrome juga memiliki fitur dalam menulusur dan navigasi ke halaman web dalam kotak yang sama.

5. Opera

 
Opera merupakan browser yang mulai dikembangkan pada tahun 1994. Dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Pada waktu itu merupakan sebuah proyek penelitian yang dilakukan oleh perusahan Telenor, sebuah perusahaan komunikasi terbesar di Norwegia.

Browser Opera dapat dijalankan oleh perangkat berbasis Windows, Linux, Mac OS X, FreeBSD, Android dan Solaris. Opera merupakan penjelajah web lintas flatform. Alasan orang memilih Opera karena dianggap ringan dan cepat. Bagi Anda yang memiliki koneksi internet lambat, Opera dapat membantu dengan fitur Opera Turbo.

6. Safari

Safari adalah browser untuk menjelajah internet besutan Apple Inc. Browser ini pada awalnya hanya ditujukan untuk perangkat yang memakai siatem operasi berbasis Mac OS. Safari merupakan browser bawaan di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3 yang sebelumnya menggunakan browser Internet Explorer for Mac sejak tahun 1997 sampai tahun 2003.

Itulah beberapa contoh dari browser . Masih banyak lagi macam dan jenis browser yang beredar pada saat ini. Silahkan Anda pilih browser yang cocok untuk digunakan sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda, karena pada dasarnya dari browser diatas memiliki kelebihan dan kekurangan.

Demikianlah artikel singkat ini. Semoga bermanfaat. Salam.


Mengenal Browser : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Browser

Sekian postingan kali ini mengenai Mengenal Browser : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Browser, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Browser : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Browser dengan alamat link http://www.khoerulweb.com/2016/07/mengenal-browser-pengertian-fungsi-dan.html

0 Response to "Mengenal Browser : Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Browser"

Posting Komentar