35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah

35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah - Hai sobat Khoerul WEB, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tempat Wisata Di Indonesia, Artikel Tempat Wisata Di Jawa Tengah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
link : 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah

Baca juga


35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah

Tempat Wisata Di Kebumen - Inilah daftar tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah. Lokasinya yang terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, membuat Kabupaten Kebumen kaya akan wisata alam, air terjun, dan pantai yang cantik. Tak hanya itu, kota ini juga punya kuliner enak yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Pariwisata Kebumen mungkin belum sepopuler kota-kota lain di Jawa Tengah seperti Semarang, Solo, maupun tetangganya Yogyakarta. Namun, siapa sangka jika ditelusuri ternyata ada banyak tempat wisata menarik di Kebumen dan sekitarnya yang belum banyak diketahui.

Nah, pada kesempatan kali ini Tempat Plesir akan berbagi info rekomendasi objek wisata di Kebumen dari mulai destinasi yang sudah terkenal, maupun tempat baru yang lagi hits dikalangan wisatawan dan media sosial seperti instagram atau facebook.

Daftar Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah

1. Curug Plumbon atau Curug Kali

Tempat Wisata Di Kebumen
Tempat Wisata Di Kebumen Curug Plumbon (Foto : @gunk96)
Kita awali review tempat wisata bagus di Kebumen dengan Curug Plumbon atau yang di kenal dengan Curug Kali. Perlu sobat ketahui curug itu artinya air terjun. Lokasi Curug Plumbon terletak antara Dusun Grigak dan Plumbon di Desa Plumbon, Kecamtan Karangsambung, Kebumen.

Air terjun terindah di Kebumen ini berada tidak jauh dari SD N 2 Plumbon atau bisa dibilang curug ini berada tidak jauh dari jalan Raya Plumbon-Wadasmalang. Jaraknya dari kota Kebumen sekitar 16 km.

Nah, di sekitar SD N 2 Plumbon inilah nantinya pengunjung memarkir kendaraan yang kemudian dilanjutkan perjalanan dengan menyusuri sungai.

Curug Plumbon memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Walaupun tidak begitu tinggi, curug ini terkenal dengan kejernihan airnya yang siap memanjakan Anda dengan kesejukan dan kedamaian.

Keistimewaan lain yang dimiliki air terjun ini adalah bentuknya yang unik, cocok banget untuk foto-foto. Jangan lupa siapkan kamera full baterai kalau berkunjung ke sini. Rugi deh kalau sampai melewatkan tempat yang paling instagramable di Kebumen ini.

2. Pantai Menganti

tempat wisata yang indah dan bagus di kebumen
Tempat wisata yang indah dan bagus di Kebumen Jawa Tengah Pantai Menganti (Foto : @raniayukusumadewi)
Inilah pantai terindah di Kebumen yang lagi ngehits belakangan ini, namanya Pantai Menganti. Objek wisata pantai ini relatif tersembunyi karena lokasinya memang dikelilingi bukit sehingga membuatnya seakan terhalang dari pandangan wisatawan.

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, sekitar 1,5 jam dari pusat kota Kebumen. Untuk jaraknya kurang lebih 35 Km dari Kota Gombong dan 42 Km dari Kota Kebumen.

Pantai Menganti rasanya pantas masuk dalam daftar pantai terindah di Kebumen. Pasir putih dengan pemandangan indah dari atas bukit membuat siapa saja akan terpesona. Dengan dikelilingi perbukitan dan tebing nan hijau, pantai Menganti ini jadi tampak seperti panorama di Selandia Baru (New Zealand).

Sebenarnya lokasi pantai ini hanya sekitar 7 kilometer dari Pantai Logending atau Pantai Ayah namun tak banyak wisatawan yang mau datang ke pantai ini. Alasannya adalah akses menuju pantai ini lumayan cukup sulit. Kamu harus melewati jalanan yang terjal sebelum sampai ke lokasi.

Namun, itu cerita masa lalu, saat ini akses menuju ke sana mulai diperbaiki dan jalan pun sudah diaspal mulus. Hanya saja rute tetap berliku-liku dan sempit. Lokasinya yang masih relatif sepi cocok buat Anda dan keluarga bersantai seharian di pantai.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan disini selain menikmati pemandangan yang eksotis. Kamu bisa berkunjung ke Tebing Bidadari, Menara Mercusuar, dan Tanjung Karangbata yang berada di sekitar pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Menganti terbilang cukup lengkap. Disini sudah tersedia warung makan, tempat parkir, home stay, villa, mushola, dan mck. Kamu juga bisa menikmati makanan laut hasil tangkapan nelayan setempat.

3. Pantai Gebyuran

pantai gebyuran kebumen
Pantai Gebyuran Kebumen (Foto : @danifozyl)
Masih berada di Kecamatan Ayah, lebih tepatnya di desa Pasir ada sebuah pantai mungil yang wajib kamu kunjungi. Pantai ini bernama Pantai Gebyuran yang terletak di sebelah barat Tanjung Karang Penganten atau sekitar 800 meter tenggara Pantai Pasir.

Pesisir pantainya memang tak terlalu luas dengan ukuran tidak lebih dari 100 meter. Ditambah lokasinya yang terjepit membuat pantai ini belum banyak terjamah oleh para wisatawan. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan ombak yang lebih landai lantaran banyak karang yang menjadi pemecah ombak alami di tengah laut.

Karena masih tergolong sepi, kamu akan merasakan sensasi di pantai pribadi. Dengan tebing-tebing batu yang tinggi membuat Pantai Gebyuran semakin pas untuk menenangkan diri.

Oya, di sekitar objek wisata ini terdapat ceruk kecil yang mirip goa. Mungkin kamu bisa berteduh di balik ceruk ini. Pantai Gebyuran juga terkenal dengan pesona senja yang sangat cantik.

4. Curug Kedondong atau Curug Gunungsari

Curug Kedondong
Curug Kedondong (Foto : @saefulawr)
Curug Kedondong merupakan tempat wisata di Kebumen yang wajib dikunjungi bagi kamu pecinta air terjun. Mengapa demikian? Karena curug yang mempunyai ketinggian 23 meter ini unik dan indah. Air disini turun merayap pelan diantara tebing bebatuan.

Selain itu, tempat wisata alam di Kebumen ini masih jarang dikunjungi sehingga nuansa alaminya dapat banget. Kamu bisa mendapatkan spot foto yang keren disini dengan latar air terjun dan bebatuan. Hasil jepretan kamu di tempat ini akan semakin membuat instagrammu makin ngehits.

Lokasi Curug Kedondong atau yang sering disebut Curug Gunungsari ini berada di Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam, Kebumen. Jarak air terjun ini sekitar 26 km dari kota Kebumen. Setelah sampai di desa (pemukiman warga) kamu masih harus berjalan sekitar 450 meter menuju lokasi.

Karena curug ini belum resmi dikelola menjadi objek wisata, jadi belum ada akses masuk maupun fasilitas. Anda tak akan menemukan kolam untuk berendam di bawah curug cantik ini. Jadi, kalau memang kamu mau mengunjungi curug ini sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

5. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar
Goa Jatijajar (Foto : wikimedia.org)
Nah, kalau objek wisata yang satu ini pastinya sobat traveler sudah pada tahu bukan? Ya, Gua Jatijajar adalah salah satu tempat wisata di Kebumen yang paling terkenal. Bahkan konon kabarnya, keindahan goa ini sudah sangat populer dikalangan wisatawan mancanegara lho.

Lokasi Goa Jatijajar terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah. Jadi, jika kamu berkunjung kesini bisa sekalian mampir ke Pantai Ayah. Jarak dari Kota Kebumen sekitar 45 km.

Gua ini cukup luas dengan panjang dari pintu masuk hingga pintu keluar sekitar 250 meter. Gua Jatijajar memiliki keunikan berupa adanya 4 sungai atau sendang yang mengalir di dalam gua. Sendang-sendang tersebut bernama Puser Bumi, Jombor, Mawar dan Kantil.

Dari pintu masuk gua pengunjung akan menemui jembatan untuk menuju ruang pertama yang cukup luas. Tidak lama kemudian kamu akan sampai di sungai bawah tanah. Di sini kamu bisa melihat Sendang Mawar dan Sendang Kantil.

Fasilitas pendukung di dalam gua bisa dibilang lengkap dengan adanya tangga dan pegangan untuk pengunjung agar tidak kepleset. Ada juga lampu terang beraneka warna yang membuat gradasi warna dinding gua makin cantik.

Kira-kira berapa ya harga tiket masuk Goa Jatijajar ini? Harga tiketnya murah meriah kok, hanya sekitar Rp.7.000,- untuk orang dewasa dan Rp.4.000,- untuk anak-anak.

Baca Juga : 10 Kuliner Enak Khas Kebumen Yang Terkenal Dan Wajib Dicoba

6. Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck
Benteng Van Der Wijck (Foto : kebumenkab.go.id)
Kalau kamu orang Kebumen, tentu tak akan asing dengan objek wisata yang bagus ini. Ya, Benteng Van Der Wijck memang termasuk tempat wisata yang terkenal di Kebumen dan sekitarnya. Dari hari ke hari benteng ini semakin populer saja, apa lagi pernah digunakan untuk syuting film The Raid 2 (Kalau gak salah ya guys, hehe).

Benteng Van der Wijck terletak di Kecamatan Gombong, kurang lebih jaraknya sekitar 35 km dari kota Kebumen. Benteng berwarna merah ini terlihat mencolok dibanding bangunan kuno di sekelilingnya.

Konon kabarnya, benteng peninggalan Belanda ini pernah menjadi tembok pertahanan terakhir kompeni kala melawan pasukan Pangeran Diponegoro di tahun 1818.

Benteng Van Der Wijck memiliki multi fungsi lho guys. Selain sebagai tempat belajar sejarah ada pula taman bermain anak-anak dan kereta wisata di atas benteng. Di dalam benteng juga terdapat banyak sekali foto-foto tentang sejarah benteng tersebut. Kamu juga dapat melihat tank-tank Belanda yang berada di depan benteng.

Sebagian kompleks benteng saat ini dijadikan Sekolah Calon Tamtama dan barak militer TNI AD. Sementara bagian lainnya dimanfaatkan sebagai obyek wisata, lengkap dengan taman bermain dan kereta mini.

Harga tiket masuk Benteng Benteng Van Der Wijck dibanderol dengan harga sekitar Rp. 25.000,-. Harga ini merupakan tiket terusan untuk menikmati waterpark (kolam renang) dan kereta wisata.

7. Pantai Ayah atau Pantai Logending


Pantai Ayah atau Logending
Pantai Ayah atau Logending (Foto : flickr.com)
Lokasi Kebumen yang berada di pesisir selatan pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat kabupaten ini kaya akan pantai yang eksotis. Nah, salah satu tempat wisata pantai di Kebumen yang sering dikunjungi wisatawan adalah Pantai Ayah atau Pantai Logending.

Pantai yang terletak di Desa/Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen ini menyuguhkan suasana alam yang istimewa dan unik. Kalau biasanya pantai identik dengan pohon kelapa, maka tidak demikian adanya dengan Pantai Ayah.

Pantai Ayah mengkombinasikan antara pantai dengan pohon jati. Pantai ini dikelilingi oleh hutan jati dan menjadi muara sungai Bodo. Dengan area yang luas, membuat kamu lebih leluasa untuk menikmati keindahan Pantai Ayah.

Ada banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan bersama teman atau keluarga disini, seperti bermain bola, volly pantai atau sekedar bersantai menikmati suasana indah pesisir. Beberapa perahu nelayan juga berderet rapi, siap mengantarkan wisatawan menyusuri sungai Bodo.

8. Pantai Surumanis

Pantai Surumanis
Pantai Surumanis (Foto : @fadhlan.indra)
Tak dapat dipungkiri, sebagian besar tempat wisata yang ada di Kebumen memang berupa pantai. Selain Pantai Ayah, ada lagi pantai indah di Kebumen yang tak boleh dilewatkan begitu saja yaitu Pantai Surumanis.

Pantai yang berada di kawasan Desa Pasir, Kecamatan Ayah ini bakal menghiburmu dengan deburan ombak khas pantai selatan. Tebing batu yang menghiasi pantai ini cocok banget untuk foto-foto ala anak kekinian.

Untuk rute menuju Pantai Surumanis, kamu langsung saja meluncur ke Pantai Pecaron. Pantai Surumanis berada tepat di sebelah timur Pantai Pecaron. Dari pantai Pecaron kamu masih harus berjalan sejauh 1 km dengan melewati jalan yang terjal dan sulit.

Namun tak usah kuatir, rasa lelah kamu akan sirna seketika begitu sampai dan melihat keelokan Pantai Surumanis. Gak percaya? Coba deh buktikan sendiri, tempatnya asyik dan masih sepi lho!

9. Bukit Langit

Bukit Langit
Bukit Langit (Foto : explorekebumen.com)
Inilah tempat wisata baru di Kebumen yang indah dan lagi hits banget dikalangan anak muda, namanya Bukit Langit. Lokasinya berada di Desa Giripurno, Kecamatan Karanggayam.

Bukit ini terkenal akan keindahan panorama alamnya yang eksotis. Paling pas menikmati Bukit Langit ketika sore hari atau pagi-pagi sekali. Pada pagi dan sore hari, sengatan panas matahari tidak akan terlalu kuat. Pada saat itu jugalah, kamu akan mendapatkan latar foto yang bagus dan keren.

Selain melihat matahari terbit dan tenggelam, kamu juga bisa melakukan kegiatan lain yang asyik dan seru di Bukita Langit. Kamu bisa melakukan camping bersama teman-temanmu. Oya, untuk harga tiket masuk ke objek wisata alam ini sepertinya masih gratis.

10. Bukit Pentulu Indah

tempat wisata yang paling indah di kebumen
Tempat wisata yang paling indah di Kebumen Bukit Pentulu Indah (Foto : @elys_tyas)
Kamu tentu tahu gardu Pandang pohon pinus di Kalibiru bukan? Itu lho tempat wisata baru di Kulon Progo Jogja yang lagi ngehits banget dikalangan netizen. Nah, Bukit Pentulu Indah (baca : Bukit PI) ini juga menawarkan keindahan yang sama dengan Kalibiru.

Di Bukit PI desa Karangsambung ini terdapat menara pandang yang dibangun di atas pohon untuk menyaksikan keindahan alam berupa Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing serta mentari pagi yang cantik menawan. Pantas rasanya memasukkan Bukit PI kedalam list tempat wisata yang indah di Kebumen.

Bukit ini bisa ditempuh dengan berkendara dari pusat kota Kebumen sejauh sekitar 21 km ke arah utara. Pemandangan indah yang disuguhkan dari Bukit PI ini berasal dari kawasan purba Cagar Geologi Karangsambung. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan alam yang tiada duanya ini dengan lensa kameramu.

11. Curug Wringin

Curug Wringin
Curug Wringin (Foto : @baihaqi.krw)
Bagi kamu yang suka banget sama kegiatan cliff jumping, gak perlu deh jauh-jauh pergi ke Blue Lagoon, Nusa Ceningan, Bali. Datang saja Curug Wringin yang terletak di Desa Pujotirto, Kecamatan Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah. Dari desai ini kamu cukup trekking sekitar 30-45 menit saja.

Air terjun Curug Wringin ini merupakan tempat wisata yang bagus di Kebumen untuk cliff jumping. Recommended deh, hehe. Lokasinya tersembunyi di antara kebun warga setempat dan konon kabarnya belum banyak dikunjungi wisatawan.

Selain enak buat cliff jumping, kolam di curug ini juga cocok sekali untuk berenang karena luasnya yang mencapai sekitar 6 meter. Namun, bagi kamu yang gak jago berenang, sangat tidak disarankan menjeburkan diri disini. Hal ini karena kedalaman kolam bisa mencapai sekitar 4-6 meter.

12. Curug Silangit

Curug Silangit
Curug Silangit (Foto : explorekebumen.com)
Masih seputar air terjun, ada neh curug indah di Kebumen yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Namanya Curug Silangit. Jangan tertipu dengan namanya ya guys, meskipun dipanggil Silangit tapi curug ini tak begitu tinggi.

Curug Silangit ini menawarkan keindahan air kolamnya yang jernih dan segar. Lokasi curug ini terletak di desa Sidoagung, Kecamatan Sruweng. Untuk menuju lokasi air terjun kamu harus trekking dulu selama 30-45 menitan. Rasa lelahmu akan terbayar begitu sampai di Curug Silangit.

13. Curug Sawangan & Goa Sawangan

Curug Sawangan
Curug Sawangan (Foto @auliafusi23)
Kedua objek wisata di Kebumen yang bagus dan indah ini sengaja saya jadikan satu ulasan karena lokasinya sama-sama berada di Desa Karangduwur atau Desa Argopeni, Kecamatan Ayah. Jadi, sekali berkunjung kamu akan dapat menjumpai 2 tempat wisata sekaligus.

 Air terjun Curug Sawangan ini konon kabarnya disebut sebagai air terjun tertinggi di Kebumen. Jalan yang digunakan untuk menuju lokasi curug ini sudah dilengkapi dengan jalan setapak dan anak tangga.

Kalau kamu sudah berada di Jalan Raya Ayah – Karangbolong di Desa Argopeni, berarti kamu tinggal jalan kurang dari 1 km untuk mencapai lokasi curug. Dari curug ini kamu akan bisa melihat pemandangan Samudera Hindia yang luas sepanjang mata memandang.

Goa Sawangan
Goa Sawangan  (Foto : @vic_hidayat)
Selain Curug yang indah, di kawasan desa Karangduwur ini kamu juga bisa menemukan Gua Sawangan yang terkenal dengan pesona stalakmit dan stalaktitnya. Gua ini juga terkenal dengan air sungai bawah tanahnya yang melimpah ruah.

Ujung Gua Sawangan menawarkan keindahan pemandangan Samudera Hindia, teluk biru, dan perbukitan karst dengan savana yang sangat eksotis.

14. Pantai & Goa Karangbolong

Pantai Karangbolong Kebumen
Pantai Karangbolong Kebumen (Foto : @prasasti.winnar)
Pantai dan Goa Karangbolong sangat terkenal di Kebumen, bahkan denger-denger logo Simbol gambar walet di logo Pemkab Kebumen juga tak lepas dari keberadaan ribuan walet di Karangbolong ini.

Sesuai dengan namanya di pantai ini terdapat karang berlubang seperti gua yang ikonik. Dalam bahasa jawa "berlubang" artinya "bolong". Karangbolong artinya karang yang berlubang. Mungkin seperti itu asal mula nama Pantai Karangbolong dan Gua Karangbolong.

Pantai Karang Bolong terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan. Pantai ini menawarkan pemandangan ganasnya ombak pantai selatan, spot hunting foto dengan latar belakang karang yang berlubang, dan bisa menjadi tempat bersantai dan bermain air di pantai.

Gua Karangbolong
Ilustrasi Gua Karangbolong (Foto : afifahyunitasari.blogspot.com)
Hal menarik lain yang dapat ditemukan di pantai ini tentu saja adanya sebuah goa yang menjadi tempat walet-walet membuat sarang. Sarang walet ini adalah salah satu penyumbang pendapatan terbesar Kabupaten Kebumen.

Medan yang sulit dan berbahaya, membuat kamu tidak bisa memasuki goa walet ini sembarangan. Penduduk setempat yang hendak memanen walet bahkan mengadakan tradisi ngunduh sarang walet agar diberi keselamatan.

Namun, tak usah kuatir, kamu akan tetap bisa melihat proses memanen walet. Hanya saja di goa walet tiruan yang tentu akan menambah pengetahuan kamu tentang itu.

15. Gua Langse

Ilustrasi Gua Langse
Ilustrasi Gua Langse (Foto : instagram)
Selain kaya akan wisata pantai, Kebumen juga punya banyak Goa yang bagus dan indah untuk dikunjungi. Salah satu gua yang lagi ngehits di instagram adalah Gua Langse.

Lokasi Goa Langse terletak di desa Totogan, kecamatan Karangsambung. Di sekitar desa ini terdapat sebuah bukit bernama Bukit Jatibungkus. Nah, di bukit inilah kamu dapat menjumpai banyak gua seperti Gua Langse di sisi barat, Gua Sikepul dan Gua Silodong di sebelah timur.

16. Goa Silodong

Gua Silodong
Gua Silodong (Foto : @alexandre.andreas22)
Lokasi Goa Siladong berada di Desa Kalisana, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Dari Desa Kalisana kamu masih harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi gua. Goa Silodong lumayan tersembunyi dan masih jarang dikunjungi.

Kamu harus hati-hati ketika menuju lokasi Goa, karena walaupun akses jalan menuju gua sudah ditata dengan baik tapi kamu akan menjumpai jalanan berbatu terjal. Yang wajib diperhatikan lagi adalah ketika kamu selfie jangan sampai lupa diri.

Gua unik di Kebumen ini memiliki 3 lantai dengan kedalaman gua sekitar 150 meter. Saran bagi kamu yang akan mengunjungi gua ini sebaiknya membawa peralatan dan perlengkapan sendiri, karena belum ada penyewaan alat-alat. Alangkah lebihbaiknya kamu meminta bantuan warga sekitar untuk menemanimu masuk ke dalam goa..

17. Gua Barat

Gua Barat Kebumen
Gua Barat Kebumen (Foto : diasporaiqbal.blogspot.com)
Satu lagi tempat wisata gua di Kebumen yang wajib dikunjungi yaitu Gua Barat. Gua yang terletak di Dusun Pulamarta, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen ini konon kabarnya punya 100 air terjun di dalamnya.

Lokasi Goa Barat ini berada di pegunungan karst Gombong Selatan dan menjadi salah satu gua paling terkenal dan banyak dieksplorasi para wisatawan, bahkan oleh peneliti gua dari dalam dan luar negeri.

Gua Barat cukup sulit untuk dijelajahi sehingga tidak semua orang bisa menikmati keindahan ruangan gua tersebut. Di dalam gua ini ada air terjun setinggi 8 meter yang diberi nama Jump Ullyses dan air terjun setinggi 32 meter bernama Superman’s Big Sister.

Oleh warga setempat, kamu akan dipandu menjamahi keelokan stalagtit dan stalagmit dalam goa, dengan gemuruh suara sejumlah air terjun sebagai latarnya. Kurang lebih tiga jam menyusuri goa, kamu akan menemukan keelokan air terjun yang dinamai Superman’s Big Sister.

Ada beberapa paket wisata yang bisa kamu pilih untuk menikmati caving di gua Barat. Kamu bisa memilih paket dengan harga Rp 240 ribu per 6 orang atau paket kedua sebesar Rp 400 ribu (maksimal 10 orang). Semua paket caving tersebut tentu sudah sudah termasuk alat-alat pengamannya.

Gua Barat sebenarnya berada tidak jauh dari gua Jatijajar. Dari Gua Jatijajar kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan naik ojek atau jalan kaki sekitar 1 km.

Di sekitar Gua Barat juga sudah ada penginapannya. Jadi kalau kamu terlalu lelah untuk langsung caving, mending nginap dulu di homestay yang berada di sekitar desa. Lebih asyik dan seru kalau kamu mengunjungi gua ini bareng-bareng dengan teman kamu.

18. Jembangan Wisata Alam

Jembangan Wisata Alam Kebumen
Jembangan Wisata Alam Kebumen (Foto : instagram)
Dari hasil penelusuran di mesin pencari Google, nampaknya cukup banyak netizen yang mencari wisata alam Jembangan Kebumen. Saya jadi penasaran sebenarnya seperti apa seh objek wisata yang satu ini? Bagaimana dengan kamu sobat traveler? Penasaran juga kan?

Jembangan Wisata Alam ternyata salah satu tempat wisata keren yang terletak di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno. Tempat rekreasi ini berupa sebuah restoran terapung di alam terbuka dengan panorama perbukitan yang asri mirip di luar negeri.

Sekilas mungkin hampir sama dengan objek wisata Klaten yang bernama Warung Apung Rowo Jombor. Namun, kelebihan restoran ini adalah telah mempunyai berbagai fasilitas yang memadai untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga, pasangan (baca : istri) atau pun teman-teman.

Beberapa fasilitas yang dimiliki Jembangan Wisata Alam antara lain kebun binatang mini, arena bermain air seperti sepeda air dan restoran terapung yang punya view fotogenik seperti di Eropa. Untuk kesini, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Kebumen dengan menggunakan kendaraan bermotor.

19. Pantai Bopong

Pantai Bopong
Pantai Bopong (Foto : instagram)
Rekomendasi tempat wisata bagus dan indah di Kebumen berikutnya adalah Pantai Bopong yang terletak di kecamatan Puring. Pantai ini memiliki laguna alami yang keren buat dijadikan objek foto maupun untuk berenang. Keberadaan laguna ini belum banyak diketahui oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Bopong.

Ketika kamu berkunjung ke pantai ini, coba deh berjalan ke arah sebelah timur Pantai Bopong sampai menemui kawasan yang dilalui aliran sungai. Nah aliran sungai meliuk-liuk inilah yang kemudian membentuk semacam kedung berisi air jernih yang disebut sebagai laguna.

20. Hutan Mangrove Logending

Hutan Mangrove Logending
Hutan Mangrove Logending (Foto : @ian_rivai7)
Tak kalah dengan pariwisata Cilacap dan Surabaya yang punya hutan mangrove, Kebumen pun juga memiliki hutan mangrove yang cantik alami. Namanya adalah Hutan Mangrove Logending yeng berada di sepanjang tepi muara Sungai Bodo, desa Logending.

Pemandangan hutan mangrove alami yang hijau tentunya akan menyegarkan mata kamu kembali. Hutan bakau ini dikelilingi oleh serangkaian perbukitan Karst Gombong Selatan yang terlihat begitu gagah.

Nah, untuk melihat panorama indah tersebut kamu bisa menaiki gardu pandang yang telah di sediakan. Hamparan tanaman bakau, pantai, dan kawanan burung akan menjadi suguhan yang eksotis.

21. Alian Butterfly Park

Alian Butter Fly Park Kebumen
Alian Butter Fly Park Kebumen (Foto : youtube.com)
Inilah tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kebumen bagi kamu pecinta kupu-kupu. Namanya Alian Butterfly Park yang mengoleksi aneka tanaman bunga beserta beragam jenis kupu-kupu yang konon kabarnya paling lengkap di Pulau Jawa.

Tak kalah dengan Butterfly Park yang ada di Bali, taman kupu-kupu Kebumen ini mengoleksi sekitar 60 jenis kupu-kupu hidup. Bagi kamu yang ingin berkunjung kesini sebaiknya datang pada pagi hari saat kupu-kupu beterbangan menyapa bunga-bunga di sekitar taman.

Untuk menuju ke lokasi taman ini, kamu cukup berkendara selama 30 menit dari pusat kota Kebumen menuju Desa Krakal, Kecamatan Alian. Alian Butterfly Park bisa menjadi tempat liburan akhir pekan kamu bersama anak-anak, teman, dan keluarga.

22. Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung
Pantai Karang Agung (Foto : diasporaiqbal.blogspot.com)
Sesuai dengan namanya, Pantai Karang Agung memang dipenuhi batu karang sepanjang pantai. Mengunjungi pantai ini seakan mengingatkanmu pada salah satu tempat wisata terkenal di Bali yang bernama Tanah Lot.

Bebatuan karang menjulang, menghamparkan pemandangan alam yang indah dan menarik. Apalagi ditambah deburan ombak pantai selatan yang memecah karang. Sungguh cantik mempesona.

Untuk menikmati pantai di Kebumen yang masih sepi dan jarang dikunjungi ini bisa kamu harus melewati jalan setapak selama sekitar setengah jam dari Desa Argopeni, Kecamatan Ayah. Harga tiket masuk pantai sekitar Rp.5.000,-.

23. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron
Pantai Pecaron (Foto : @aaniindiitaa)
Pantai Pecaron yang terletak di sebelah timur Pantai Menganti. Untuk mencapai pantai ini, kamu harus melalui bukit yang cukup terjal. Akses jalan ke pantai ini pun masih kurang bagus karena baru dibuka.

Namun kamu tak usah kuatir, karena perjuangan beratmu akan terbayar dengan keindahan Pantai Pecaron yang masih sunyi, hanya suara debur ombak yang bersahut-sahutan memecah keheningan. Serasa di private beach gitu deh.

24. Curug Silancur

Curug Silancur
Curug Silancur (Foto : iproudwithmyself.blogspot.com)
Curug Silancur terletak di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Karangsambung, Kebumen. Curug ini tingginya mencapai sekitar 20 meter ini airnya jatuh ke batuan purba di bawahnya, sehingga tidak membentuk kolam.

Untuk mencapai air terjun Curug Silancur, kamu bisa menempuh perjalanan sejauh 35 km dari Kebumen, lalu berjalan kurang lebih 20 menit dari tempat parkir kendaraan ke dasar jurang.

25. Puncak Gunung Duwur

Puncak Gunung Duwur (Foto : gembel-adventure.blogspot.co.id)
Bagi kamu yang suka hiking atau trekking ke puncak gunung dan perbukitan, nampaknya harus mencoba menaklukkan Puncak Gunung Duwur. Pemandangan Samudera Hindia yang terhampar luas dari atas puncak gunung ini sungguh sangat indah.

Untuk menuju ke puncak Gunung Duwur, kamu harus trekking selama satu jam melalui medan tanah berbatu. Kamu wajib berhati-hati dan tinggalkanlah tanda sebagai penunjuk saat kamu pulang nanti. Jangan sampai tersesat karena belum ada jalur pendakian resmi.

26. Bukit Pranji

Bukit Pranji Kebumen
Bukit Pranji Kebumen (Foto : @enggartonny)
Tak hanya Jogja dan Bandung yang punya bukit bintang untuk melihat pusat kota dari Ketinggian, Kebumen pun punya. Namanya Bukit Pranji yang terletak di Desa Watulawang dan Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan.

Bukit Pranji saat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit anak muda untuk menikmati pemandangan kota Kebumen dari ketinggian. Sebagian dari mereka bahkan sengaja bermalam disini untuk untuk sekedar menyaksikan bintang-bintang serta cahaya lampu kota (city light).

Bukit ini juga menjadi spot yang asyik buat menanti fajar menyingsing di ufuk timur. Tempat ini memang indah dan sempurna untuk menyambut sunrise. Apalagi jika langit bersih, kamu bisa melihat gunung Sindoro dan Sumbing berdiri gagah di kejauhan.

27. Waduk Sempor

Waduk Sempor Kebumen
Waduk Sempor Kebumen (Foto : indoplaces.com)

Waduk Sempor terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor. Kamu akan bisa merasakan birunya langit memantul dari permukaan waduk yang dikelilingi perbukitan hijau. Kalau juga bisa berkeliling waduk dengan perahu motor yang disewakan disini.

28. Arung Jeram Padegolan

Arung Jeram Padegolan Kebumen
Arung Jeram Padegolan Kebumen (Foto : @_yogaku)
Nah, bagi kamu suka dengan wisata ekstrim yang memacu adrenalin, wajib deh nyobain arung jeram di Padegolan. Sungai Padegolan merupakan sungai limpahan air di bawah Bendungan Waduk Wadaslintang, Kecamatan Prembun.

Titik start arung jeram dimulai dari Desa Sendang Dalem dan berakhir di Bendungan Pejengkolan. Karena berasal dari waduk, air sungai ini sangat jernih. Ditambah lagi dengan pemandangan pepohonan di kanan dan kiri sungai bakal bikin trek ini asyik dan menyenangkan.

29. Cagar Alam Geologi Karangsambung

Cagar Alam Geologi Nasional Karangsambung Kebumen
Cagar Alam Geologi Nasional Karangsambung Kebumen (Foto : mustikajikebumen.blogspot.com)
Cagar Alam Geologi Nasional Karangsambung terletak di Kecamatan Karangsambung, Kebumen. Objek wisata edukasi ini adalah lokasi yang memiliki jenis batuan terlengkap di muka bumi, sehingga dijadikan sebagai tempat untuk meneliti sejarah perkembangan bumi.

Selain mempelajari bebatuan, kamu juga bisa membeli batu-batu perhiasan atau akik yang bersumber dari Sungai Luk Ulo. Batu-batu ini telah diolah menjadi cindera mata oleh warga setempat yang berprofesi sebagai perajin batu akik.

30. Pantai Petanahan

Pantai Petanahan Kebumen
Pantai Petanahan Kebumen (Foto : @sidaariyanti)
Lokasi Pantai Petanahan berada di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan. Airnya yang jernih dan pantainya yang luas membuat kamu bisa menikmati deburan ombak dan menyaksikan hamparan laut selatan sampai puas.

Selain berjalan-jalan menelusuri pantai yang begitu luas, kamu juga bisa duduk-duduk santai di pantai yang penuh dengan tumbuhan cemara dan pohon pandan ini. Duduk bercanda dan bercengkrama bersama teman dan keluarga sambil menyaksikan birunya laut tentu sangat menyenangkan bukan?

Pantai Petanahan biasanya ramai dikunjungi ketika musim libur lebaran. Harga tiket masuknya cukup murah meriah yaitu Rp.3.000,- bagi pengunjung dewasa dan Rp.2.000,- untuk anak-anak.

31. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk Kebumen
Pantai Suwuk Kebumen (Foto : @seepitung)
Kamu dapat mencapai pantai ini setelah menempuh jarak sekitar 50 km dari pusat kota Kebumen. Pantai Suwuk ini termasuk tempat wisata di Kebumen yang ramai pengunjungnya. Mungkin karena lengkapnya fasilitas yang tersedia disini.

Di Pantai Suwuk kamu bisa menemukan sebuah pesawat Garuda Boeing 737 yang menjadi keunggulan dari pantai ini. Oya, lokasi Pantai Suwuk terletak di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kebemen. Harga tiket masuknya relatif murah cumu 3 ribu rupiah untuk dewasa, dan 2 ribu rupiah untuk anak-anak.

32. Pantai Lampon

Pantai Lampon Kebumen (Foto : @nadiadiii)
Pantai Lampon Kebumen (Foto : @nadiadiii)
Pantai Lampon termasuk salah satu pantai bagus di Kebumen yang masih terbilang sepi dan belum terjamah. Pantai yang tidak begitu luas ini kondisinya masih alami. Suasana yang sunyi akan membuat kamu merasa di tengah pantai pribadi milik sendiri (private beach).

Dengan pasir yang berwarna kecoklatan, pantai ini wajib dikunjungi bagi kamu yang ingin mendapatkan ketenangan dari hiruk-pikuk kota dan kesibukan. Selain menawarkan suasana hening dan pesona pasir pantai, pantai ini juga menyuguhkan keindahan tebing-tebing batu yang keren buat foto-foto.

Pantai Lampon berada di Desa Pasir Kecamatan Ayah. Harga tiket masuknya sekitar 5 ribu rupiah. Untuk parkir kendaraan sebesar 2 ribu rupiah. Bagi kamu yang akan kesini harap bawa bekal dari rumah ya, karena belum ada warung makan dan sejenisnya.

33. Pemandian Air Panas Krakal

Pemandian Air Panas Krakal Kebumen
Pemandian Air Panas Krakal Kebumen (Foto : pegipegi.com)
Tak hanya Tegal dan Garut yang punya pemandian air panas, Kebumen pun ada. Bagi kamu yang ingin memanjakan diri selama berada di Kebumen dengan berendam air panas, datang saja kePemandian Air Panas Krakal.

Obyek wisata keluarga ini memiliki area bermain untuk anak-anak serta taman di sekelilingnya. Di tempat ini tersedia kamar VIP yang masing-masing terpisahkan oleh beton dan jumlah kamar tersebut ada 6 buah. Bangku-bangku panjang yang juga disediakan untuk menunggu di bagian depan kamar tersebut.

Oya, kamu jangan lupa untuk menengok dan membaca satu per satu poster yang berisi peraturan disini. Selama berada di pemandian ini, kamu wajib mengikuti setiap aturan yang ada sebelum menggunakan kamar VIP untuk berendam.

Beberapa peraturan tersebut antara lain waktu berendam yang dibatasi hingga kurang lebih 15 menit. Pria dan wanita dilarang untuk memakai kamar rendam dalam waktu bersamaan di kamar rendam yang sama. Sabun juga tidak diperbolehkan untuk digunakan ketika mandi sebab dikhawatirkan dapat lengket.

Jam Pemandian Air Panas Krakal mulai dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Harga tiket masuknya sekitar 3 ribu rupiah untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak dikenakan 2 ribu rupiah. Namun bagi pengunjung yang ingin mandi sekalian, harus membayar uang sebesar 7.500 rupiah.

34. Pantai Lembupurwo

Pantai Lembupurwo
Pantai Lembupurwo (Foto : @dhidik84)
Masih ada satu pantai indah lagi di Kebumen yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Pantai Lembupurwo. Lokasi pantai ini berada di Desa Lembupurwo, bagian sebelah timur dari pusat kota Kebumen.

Akses jalan untuk menuju objek wisata ini sudah sangat bagus dan mudah unuk dilalui menggunakan kendaraan pribadi. Walaupun pantai ini berpasir hitam namun dengan air laut yang bersih akan membuat kamu betah untuk berlama-lama disini.

Kamu bisa bersantai sambil menikmati hembusan angin yang sepoi-sepoi. Akan bertambah nikmat lagi jika sambil makan tempe mendoan dengan rasa khas dari daerah sini. Kamu juga bisa nyobain rempeyek undur-undur yang konon kabarnya mirip seperti rasa udang.

35. Gua Petruk

Gua Petruk Kebumen (Foto : @rifkiantariksa)
Gua Petruk Kebumen (Foto : @rifkiantariksa)
Lokasi Gua Petruk berada di kawasan wisata eko-karst Gombong selatan, tepatnya di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, sekitar 4.5 km arah selatan dari Goa Jatijajar. Gua Petruk ini memiliki 3 bagian gua.

Pada bagian gua pertama kamu akan menemui kelelawar dengan bau kurang sedap dan beterbangan ke sana kemari. Di bagian kedua gua atau yang dinamai dengan Goa Semar kamu mulai bisa menikmati panorama bebatuan yang sangat indah. Denger-denger gua ini paling indah se Indonesia lho. Bener gak seh?

Bagian terakhir adalah bagian Goa Petruk. Disebut Goa Petruk karena konon kabarnya di bagian ini kamu akan menemui batu yang mirip banget sama bentuk hidung Petruk.

Kalau kamu ingin menelusuri hingga ujung harus dengan pemandu. Setelah sampai pada ujung gua kamu bisa mengunjungi pantai ataupun air terjun yang berada dekat di ujung gua.

Bagaimana sobat traveler? Kota Kebumen dan sekitarnya benar-benar kece abiz bukan? Bagi kamu yang asli Kebumen, yuk buruan mudik, hehe. Oya, barang kali kamu punya info baru tentang tempat wisata di Kebumen yang bagus dan indah lainnya jangan sungkan-sungkan untuk share melalui kolom komentar ya!


35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah

Sekian postingan kali ini mengenai 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah dengan alamat link http://www.khoerulweb.com/2016/08/35-tempat-wisata-yang-paling-bagus-dan.html

0 Response to "35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah"

Posting Komentar