Umbul Ponggok Klaten - Tempat Terindah Untuk Snorkeling Dan Diving Air Tawar Di Jawa Tengah

Umbul Ponggok Klaten - Tempat Terindah Untuk Snorkeling Dan Diving Air Tawar Di Jawa Tengah - Hai sobat Khoerul WEB, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Umbul Ponggok Klaten - Tempat Terindah Untuk Snorkeling Dan Diving Air Tawar Di Jawa Tengah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tempat Wisata Di Indonesia, Artikel Tempat Wisata Di Jawa Tengah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Umbul Ponggok Klaten - Tempat Terindah Untuk Snorkeling Dan Diving Air Tawar Di Jawa Tengah
link : Umbul Ponggok Klaten - Tempat Terindah Untuk Snorkeling Dan Diving Air Tawar Di Jawa Tengah

Baca juga


Umbul Ponggok Klaten - Tempat Terindah Untuk Snorkeling Dan Diving Air Tawar Di Jawa Tengah

Umbul Ponggok - Inilah pesona keindahan Umbul Ponggok Klaten, tempat terindah di Jawa Tengah yang pas banget untuk snorkeling dan diving air tawar. Siapa seh yang tak kenal dengan wisata air tawar yang satu ini? Hampir semua wisatawan yang gemar selfie alias narsis tentu mengenalnya.

Umbul Ponggok memang belakangan ini menjadi salah satu tempat wisata di Klaten yang lagi hits di media sosial seperti instagram dan facebook. Foto-foto indah bawah air Umbul Ponggok menjadi viral di kalangan netizen. Tak ayal, objek wisata ini pun menjadi semakin populer dan ramai dikunjungi.

Nah, sebenarnya apa seh keistimewaan dan keunikan yang dimiliki oleh Umbul Ponggok Klaten? Kok bisa ngehits banget ya? Untuk mengetahuinya, simak uraian / review singkat dari Tempat Plesir berikut ini.

Apa Seh Umbul Ponggok Itu?

Umbul Ponggok Klaten
Umbul Ponggok Klaten (Foto : @tegarsatyaa)
Umbul Ponggok sebenarnya adalah sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta (wisata air tawar) di Klaten, Jawa Tengah. Air kolam ini berasal dari sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih. Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter.

Jika dasar kolam renang biasanya berupa lantai keramik, maka tidak demikian dengan dasar Umbul Ponggok. Dasar kolam Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti di bawah laut.

Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis sebab airnya mengalir terus. Aneka ikan warna-warni yang hidup di Umbul Ponggok dan dasar kolam yang indah tersebut menjadikannya sebagai lokasi favorit snorkeling dan latihan diving.

Apa Saja Aktivitas Dan Keindahan Yang Ditawarkan Oleh Umbul Ponggok Klaten?

Beredarnya foto-foto keindahan Umbul Ponggok di medsos tentu saja semakin bikin penasaran para wisatawan untuk mengunjunginya. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui pesona apa saja yang ditawarkan di tempat wisata air tawar ini, simak listnya berikut.

a. Umbul Ponggok Mempunyai Panorama Bawah Air Yang Indah Dan Cantik

panorama bawah air umbul ponggok yang indah
Panorama Bawah Air Umbul Ponggok (Foto : instagram.com/umbul_ponggok/)
Tak dapat dipungkiri, Umbul ponggok memang memiliki pemandangan bawah air yang sangat mempesona. Dengan berbagai jenis ikan air tawar di dalamnya, akan membuat Anda terasa seperti di aquarium alami raksasa.

Dasar kolam yang berpasir membuat kesan alami semakin nyata di umbul ponggok. Didukung dengan bebatuan besar dan kecil yang ada di setiap jengkal dasar umbul ponggok.

b. Umbuk Ponggok Memiliki Kolam Yang Luas Dan Dalam

kolam umbul ponggok yang luas dan dalam
Kolam Umbul Ponggok yang luas dan dalam (Foto : catatanhariankeong.com)
Wisata air tawar yang identik dengan berenang dan snorkling tentu saja membutuhkan kolam yang luas dan dalam. Hal inilah yang dimiliki oleh Umbul Ponggok. Dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 - 2,6 meter, akan membuat wisatawan bebas berenang dan snorkeling kesana kemari.

Apalagi bagi Anda yang hoby Underwater Selfie, tentu akan puas menemukan berbagai spot yang keren disini. Bahkan Anda dapat menurunkan sepeda motor kesayangan ke dalam Umbul Ponggok untuk mendapatkan kesan unik.

c. Umbul Ponggok Memiliki Kualitas Air Yang Bagus, Bersih, Dan Jernih

kualitas air umbul ponggok yang baik, bersih, dan jernih
Ilustrasi kualitas air Umbul Ponggok yang baik, bersih, dan jernih (Foto : instagram.com/umbul_ponggok/)
Kualitas air menjadi indikator utama keamanan dan kenyamanan sebuah destinasi wisata air. Air yang berkualitas baik tentu akan membuat wisatawan betah berlama-lama bermain air. Bagaimana dengan Umbul Ponggok?

Air di Umbul Ponggok berasal dari sumber mata air yang ada di tengah kolam. Air yang mengalir begitu deras dan tidak pernah berhenti ini memiliki kualitas air yang bagus. Airnya yang jernih dan bersih, tentu tidak berbahaya bagi kesehatan kulit para pengunjung yang berenang di kolam.

d. Umbul Ponggok Memiliki Fasilitas Yang Lengkap

fasilitas umbul ponggok
Ilustrasi fasilitas di Umbul Ponggok (Foto : instagram.com/umbul_ponggok/)
Fasilitas wisata Umbul Ponggok termasuk lengkap. Hal ini terlihat dengan tersedianya kamar ganti, warung makan, persewaan berbagai alat untuk berenang, snorkeling, diving, pelampung, dan kamera anti air. Ada juga jasa foto prewedding di bawah air.

e. Selfie Bawah Air Bersama Ikan Dan Motor

selfie bersama ikan dan motor di umbul ponggok
Ilustrasi selfie bersama ikan dan motor di Umbul Ponggok (Foto : instagram.com/umbul_ponggok/)
Aktivitas seru dan asyik yang tak boleh dilewatkan di Umbul Ponggok adalah berfoto ria di bawah air. Anda dapat mengambil gambar bersama ikan air tawar yang indah disini. Dan satu lagi yang lagi hits adalah berfoto bersama motor kepunyaan Anda dibawah air.

f. Berenang, Snorkeling, Dan Diving


diving umbul ponggok klaten
Ilustrasi diving di Umbul Ponggok Klaten (Foto : instagram.com/umbul_ponggok/)
Selain bernarsis ria, aktivitas lain yang tak kalah menarik di Umbul Ponggok adalah berenang, snorkeling dan diving. Biasanya untuk melakukan aktivitas ini wisatawan harus pergi ke laut dengan perairan yang tenang dan memiliki terumbu karang dan hewan laut yang indah.

Nah, bagi Anda yang tidak memiliki kesempatan untuk snorkelling di taman-taman laut yang indah, kini bisa melakukannya di Umbul Ponggok. Anda tak perlu takut terbawa gelombang, sebab tempat snorkelling ini bukanlah laut melainkan sebuah sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih.



Selain sebagai tempat snorkelling, Umbul Ponggok juga kerap dijadikan tempat untuk latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar-benar menyelam di laut. Bagi sobat traveler yang tidak bisa berenang maupun tidak ingin snorkelling bisa naik perahu kayuh dan mengelilingi Umbul Ponggok.

Lalu bagaimana dengan anak-anak? Bagi anak-anak tersedia kolam berukuran pendek yang bisa dijadikan lokasi berenang maupun sebatas bermain air. Jadi, Umbul Ponggok juga bisa dijadikan sebagai salah satu tempat wisata anak dan keluarga yang bagus.

Dimana Lokasi Dan Alamat Umbul Ponggok Klaten?

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Dari kota Yogyakarta bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Bagaimana Rute Perjalanan Dan Cara Menuju Ke Lokasi Umbul Pongok Klaten?

Ada 2 rute jalan yang dapat Anda tempuh untuk menuju ke Umbul Ponggok Klaten, yaitu :

Dari arah Jogja : carilah GOR Klaten dan ikuti jalan utama arah menuju Karanganom. Lihat-lihat juga kalau ada penunjuk arah ke desa wisata Ponggok dan jangan malu bertanya dengan warga sekitar. Dari rute ini nantinya akan ada 3 pertigaan yang membuat agak bingung.

Pertigaan pertama berada ditengah sawah yang sepi rumah, dari sini ambil arah kanan lalu ikuti jalan utama kembali. Pertigaan kedua cukup ramai, ambil kiri dipertigaan kedua ini. Sekitar 50 meter dari pertigaan kedua ada pertigaan ketiga dan disini harusnya ada penunjuk arahnya juga, ambil kanan dan ikuti jalan utama.

Jika sudah banyak tambak ikan disisi jalan berarti sudah dekat, dari arah ini umbul ponggok berada disisi kiri jalan. Anda bisa menggunakan GPS atau google map untuk membantu perjalanan Anda.

Dari arah Solo/ Surakarta : carilah pasar Delanggu. Dari perempatan lampu merah pasar delanggu maju sekitar 200 meter sampai ada Toko olahraga JEMPOL dikanan jalan, belok kanan dan ikuti jalan disamping toko tersebut. Jangan malu bertanya lho ya kalau bingung.

Lurus terus ikuti jalan utama menuju Polanharjo. Banyak pertigaan disepanjang perjalanan, tetapi ikuti saja jalan utamanya. Cari rambu pentunjuk jalan ke arah Klaten kota atau Karanganom sampai Anda menemukan gapura besar bertuliskan SELAMAT DATANG DI DESA WISATA AIR PONGGOK.

Jika sudah bertemu gapura tersebut, berarti Anda sudah dekat. Tetap ikuti jalan utama sampai masuk perkampungan dan menemukan tugu ikan kemudian belok kiri. Letak umbul ponggok kira-kira 50 meter dari tugu ikan tadi.

Berapa Biaya Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok Klaten?

Harga tiket masuk wisata air Umbul Ponggok sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk lebih lengkapnya berikut daftar sewa peralatan snorkeling dan lainnya.
  • Sewa Fin/Kaki Katak Rp 7.000
  • Sewa Snorkel Rp 12.000
  • Sewa Pelampung Rp. 7.000
  • Sewa Ban Rp 5.000
  • Sewa Kamera Underwater Rp. 60.000/30 menit, Rp. 100.000/60 menit
  • Parkir Motor Rp. 2.000
  • Parkir Mobil Rp. 4.000
  • Ruang Bilas Rp 1.000
  • Foto grup Underwater paket untuk 7 orang Rp. 100.000/60 menit.
  • Paket foto untuk prewedding harganya sekitar Rp.1.699.000,- s/d Rp.2.290.000,-.

Tips Memotret Di Umbul Ponggok Klaten

Tips Memotret Di Umbul Ponggok
Ilustrasi sesi foto underwater di Umbul Ponggok Klaten (Foto : instagram.com/umbul_ponggok/)
Tak dapat dipungkiri, aktivitas favorit wisatawan di Umbul Ponggok adalah melakukan sesi pemotretan di dalam air. Anda bisa membawa kamera sendiri atau pun menyewa disini.

Saran bagi Anda yang akan melakukan pemotretan di Umbul Ponggok, sebaiknya datang pada hari Senin – Jumat pukul 07.00 – 09.00 WIB atau pukul 14.00 – 16.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan Sabtu – Minggu untuk hasil yang memuaskan disarankan datang pukul 07.00 – 09.00 WIB.

Pemotretan di pagi atau sore hari akan menghasilkan gambar yang lebih bagus karena air umbul lebih jernih dan sinar matahari masih dari samping bukan tepat di atas kepala. Selain itu pada siang hari jumlah pengunjung biasanya jauh lebih banyak sehingga tidak bisa leluasa mencari spot foto yang bagus.

Bagaimana Cara Menurunkan Motor Di Umbul Ponggok Klaten Agar Bisa Digunakan Untuk Selfie Di Bawah Air?

cara menurunkan motor di umbul ponggok klaten
Ilustrasi cara menurunkan sepeda motor di Umbul Ponggok Klaten (Foto : instagram.com/umbul_ponggok/)
Salah satu sesi foto bawah air yang saat ini sedang hits adalah selfie menggunakan motor di dalam air. Banyak wisatawan yang menanyakan dan penasaran tentang bagaimana caranya menurunkan motor ke dalam Umbul Ponggok? Apakah motornya tidak rusak? Apakah tidak mencemari air?

Nah, bagi Anda yang penasaran, berikut langkah-langkah cara menurunkan motor ke dalam dasar kolam Umbul Ponggok Klaten.
  • Kosongkan tangki bensin dan kuras sampai bersih
  • Kosongkan oli mesin dan kuras sampai bersih
  • Jika diperlukan, copot knalpot dan sumpal lubang menuju mesin dan karburator
  • Cuci motor sampai bersih untuk memastikan semua bahan kimiawi tidak mencemari Umbul Ponggok Klaten
  • Cari posisi yang tepat untuk menurunkan motor ke dasar kolam
  • Turunkan pelan-pelan hingga motor berada di dasar kolam
  • Berikan pemberat agar motor tidak oleng oleh ombak dari wisatawan lain yang sedang berenang
  • Setelah semua sudah siap, giliran Anda bergaya dengan motor di dasar kolam Umbul Ponggok

Tips Snorkeling Yang Aman Di Umbul Ponggok Klaten

snorkeling umbul ponggok
Ilustrasi snorkeling di Umbul Ponggok Klaten (Foto : umbulponggok.com)
Selain foto underwater, aktivitas asyik dan seru di Umbul ponggok adalah snorkeling. Nah, sebelum Anda melakukannya, ada baiknya simak terlebih dahulu tips yang disajikan berikut.
  • Cari tahu apa saja peralatan yang diperlukan untuk snorkeling agar aman dan nyaman.
  • Pastikan semua peralatan yang Anda punya dalam keadaan lengkap dan bersih. Apabila Anda menyewa, maka alangkah baiknya jika peralatan tersebut dibersihkan dahulu.
  • Pelajari teknik clearing untuk jaga-jaga apa bila tabung snorkelmu tiba-tiba kemasukan air.
  • Pasang dengan benar semua peralatan snorkeling.
  • Jangan terlalu jauh dari pemandu atau teman agar gampang mencari bantuan.
Bagaimana sobat traveler? Asyik dan seru bukan liburan di Umbul Ponggok? Nah, bagi Anda yang kebetulan sedang menikmati aneka tempat wisata di Jogja, tak ada salahnya mampir kesini. Lokasinya tak begitu jauh kok dari pusat kota gudeg. Sekian dulu info wisata tentang keindahan Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah, semoga bermanfaat.


Umbul Ponggok Klaten - Tempat Terindah Untuk Snorkeling Dan Diving Air Tawar Di Jawa Tengah

Sekian postingan kali ini mengenai Umbul Ponggok Klaten - Tempat Terindah Untuk Snorkeling Dan Diving Air Tawar Di Jawa Tengah, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Umbul Ponggok Klaten - Tempat Terindah Untuk Snorkeling Dan Diving Air Tawar Di Jawa Tengah dengan alamat link http://www.khoerulweb.com/2016/08/umbul-ponggok-klaten-tempat-terindah.html

0 Response to "Umbul Ponggok Klaten - Tempat Terindah Untuk Snorkeling Dan Diving Air Tawar Di Jawa Tengah"

Posting Komentar