Loading...

Chicken Char Siu

Chinese Food yang Bikin Lidah Bergoyang
KARAWANG, RAKA - Tak terasa sudah tamat pekan lagi. Rasanya tak komplit jikalau tamat pekan diisi tanpa bareng keluarga. Sekadar jalan-jalan, pergi ke kawasan rekreasi makan bersama. Nah, bicara soal makanan, Tim Icip-icip Radar Karawang, kali ini mau bagi-bagi diam-diam soal kelezatan Chicken Char Siu yang hanya ada di Restoran Hotel Mercure Karawang.
Selepas Magrib, Tim Icip-icip bergegas menuju Hotel Mercure Karawang, Jalan Galuh Mas Raya, Kecamatan Telukjambe Timur. Kebetulan dikala berangkat, memang sudah waktunya jam makan malam, perut yang sudah keroncongan, serasa ingin cepat-cepat hingga di hotel. Tak sabar ingin merasakan Chicken Char Siu yang sudah diinformasikan sebelumnya oleh chef Hotel Mercure.
Sesampainya di Hotel Mercure, Tim Icip-icip disambut oleh Chef Arif Wicaksono, F&B Manager Ario Prabowo dan Manager Restoran, Febri. Setelah itu eksklusif dibawa ke Restoran Hotel Mercure. Dari pandangan Tim Icip-icip, ruangan restoran begitu nyaman, bersih, serasa di rumah sendiri. Dengan dua area, smoking area dan no smoking area. Dan deretan makan tertata dengan rapi untuk disajikan pada tamu hotel, baik yang menginap ataupun tamu yang hanya sekadar untuk makan.
Setelah ngobrol sebentar, Tim Icip-icip eksklusif dibawa ke dapur restoran untuk melihat eksklusif proses pembuatan Chicken Char Siu. Di pantry yang higienis dan rapi, para pegawai sedang sibuk-sibuknya. Satu persatu materi yang diharapkan dikeluarkan oleh Chef Arif, yang merupakan kreator dari Chicken Char Siu ini. Menurut klarifikasi Chef Arif, Chicken Char Siu merupakan kuliner khas warga Tiongkok. Namun ia kreasikan lagi biar rasanya cocok dengan pengecap orang Indonesia.
Char Siu sendiri mempunyai arti fork burn atau roasted atau memperabukan dengan garpu yang digantungkan di oven. Ayam Char Siu sendiri sudah direndam dalam bumbu semalam penuh, dengan bumbu khas Tiongkok menyerupai bumbu rempah 5 jenis.
Di China sendiri, biasanya Char Siu disajikan dengan nasi atau mie. Mercure Karawang menyajikan Chicken Char Siu dengan nasi goreng bawang putih, dilengkapi dengan telur mata sapi sehingga semakin menggugah selera.
Menyimak klarifikasi Chef Arif, rasanya air liur meleleh, apalagi aroma ayam Char Siu yang sedang dipanggang, semakin menciptakan perut lapar. Sambil menunggu Chicken Char Sui matang, Tim Icip-icip disuguhi appetizer atau kuliner pembuka yang hanya ada di Hotel Mercure, ialah Strawberry Apple Crumble. Appetizer ini berupa kuliner ringan anggun pie yang divariasikan secara Istimewa oleh Chef Iyep, memakai stroberi dan apel serta renyah kacang mete, dilengkapi dengan lembutnya es krim. Pokoknya ueeenak.
Tak lebih dari 15 menit, alhasil Chicken Char Siu matang dan sudah tertata rapi di atas piring. Tak perlu menunggu waktu lama, Tim Icip-icip eksklusif merasakan kuliner khas Tiongkok ini. Seperti yang sudah dijelaskan Chef Arif tadi, ternyata memang benar, kuliner ini enak sekali. Bumbunya terasa meresap hingga ke dalam daging. Belum lagi, daging ayam panggang yang empuk, menciptakan kita tak perlu kerja keras untuk mengunyahnya. Ditambah dengan nasi goreng bawang putih dan sayuran pakcoy dari Tiongkok, yang menciptakan masakan ini menjadi sempurna.
Setelah habis menyantap Chicken Char Siu, tak lengkap rasanya jikalau tak ditutup dengan dessert Strawberry Raise Juice. Minuman segar ini memanjakan pengecap serta sehat tanpa mengganggu kadar gula darah. Bahannya terdiri dari buah stroberi segar, fresh milk, yogurt dan ice cream.
Bagi anda yang mau mencoba, tinggal tiba saja ke Hotel Mercure Karawang. Makan di sini, harganya terjangkau, tak lebih dari Rp 150 ribu, semua kuliner ini dapat disantap. Selain murah, mewah, kuliner ini juga kaya akan gizi yang diharapkan tubuh. Mulai protein, vitamin, karbohidrat dan lainnya. Dan yang pasti, semua makanannya HALAL. (asy)
Sumber http://www.radar-karawang.com

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »