Loading...

Rambut Rontok: Tenyata 5 Kondisi Tubuh Ini Menjadi Pemicu Kerontokan Rambut

5 Kondisi Tubuh Ini Menjadi Pemicu Kerontokan Rambut - Rambut ibarat mahkota. Rambut bisa pula menjadi salah satu tolok ukur penampilan seseorang. Apalagi wanita, rambut bisa menjadi komponen pokok kecantikannya. Rambut indah sama dengan cantik. Namun, tidak seperti halnya jika suatu saat tiba-tiba rambut berjatuhan dan lama kelamaan hilang dari kepala, alias mengalami rontok. Mulai merasakan kecantikan yang memudar. Dan keseluruhan penampilan tubuh seakan tertutup hanya karena bagian rambut yang rontok.


rambut, rontok, mengobati, cara, alami, singkat, mudah, gejala, penyebab

Dalam kondisi tertentu, rontoknyta rambut bisa dikarenakan oleh gejala penyakit kanker kronis. Bisa pula karena alergi obat-obatan kimia akibat penyakit yang diderita. Dan dapat pula karena kondisi rambut yang tidak sehat dan layak untuk rontok dari kulit kepala.

Namun demikian, ternyata terdapat suatu kondisi dimana seseorang bisa kehilangan rambutnya. Apa saja kondisi tersebut? Mari kita simak beberapa kondisinya sebagai berikut.


Kondisi tubuh pemicu rambut rontok

  • Kista
Kista adalah kondisi saat hormon endrogen pria mengalami sekresi yang tidak semestinya atau berlebihan dalam ovarium dan membentuk kantung kecil yang berisi cairan. Kista sangat dipengaruhi oleh kondisi hormon tubuh yang tidak seimbang. Efek yang dihadirkannya adalah pertumbuhan rambut yang tidak normal dan memicu kerontokan rambut dan kulit kepala.
  • Kurang darah merah
Kurang darah merah atau disebut pula anemia dipengaruhi oleh konsumsi zat besi yang kurang di dalam tubuh. Selain itu juga disebabkan karena kadar asam folat yang rendah dan menstruasi berlebihan bagi wanita. Dampak yang ditimbulkan adalah produksi hemoglobin makin rendah dan kurangnya aliran oksigen dalam darah. Folikel rambut pun terana dampaknya, sehingga rambut mudah rontoh.

Baca juga : 3 Cara Alami ini mampu Mempercepat Rambut Panjang dengan Mudah dan Singkat

  • Menopause
Menopause adalah kondisi menurunnya produksi homon dan kesuburan bagi wanita. Karena kandungan hormon estrogen yang mulai turun, maka akan mudah memicu rambut rontok.
  • Melahirkan
Perubahan wanita saat hamil dan melahirkan dapat memicu kerontokan rambut. Sebab pada fase ini, kandungan estrogen sangat cepat berubah. Dari tinggi, kemudian dalam beberapa minggu drop dengan cepat.
  • Protein
Tekstur rambut terbuat dari keratin dari protein. Sehingga membutuhkan zat protein yang banyak untuk menyehatkannya. Sehingga asupan protein harus tetap berjalan.
  • Pil kontrasepsi
Wanita yang memakai program KB berupa pil kontrasepsi juga rawan terjadi kerontokan rambut. Sebab penggunaannya bisa memberikan dampak perubahan yang cepat secara hormonal di dalam tubuh.

Demikianlah beberapa kondisi dimana seseorang bisa mengalami kerontokan rambut. Semoga informasi ini bisa menambah referensi agar tidak mudah mengalami kejadian serupa, yakni rambut rontok.

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »