Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Metode SQ3R - Konsep Teknologi

Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Metode SQ3R - Konsep Teknologi - Hai sobat Khoerul WEB, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Metode SQ3R - Konsep Teknologi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Konsep Teknologi, Artikel Materi Kuliah TI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Metode SQ3R - Konsep Teknologi
link : Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Metode SQ3R - Konsep Teknologi

Baca juga


Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Metode SQ3R - Konsep Teknologi

Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Metode SQ3RAda beberapa manfaat yang bisa dipetik dari penggunaan metode SQ3R. Dengan metode ini siswa akan menjadi pembaca aktif dan terarah langsung pada pokok bacaan.


Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Metode SQ3R


Manfaat Metode SQ3R

Mintowati (2003: 23) menjelaskan manfaat metode SQ3R sebagai berikut:

a. Survey terhadap bacaan akan memberi kemungkinan pada pembaca untuk menentukan apakah bacaan tersebut sesuai dengan keperluannya atau tidak. Jika memang bacaan itu diperlukan, tentu pembaca akan meneruskan kegiatan bacanya. Jika tidak, pembaca akan mencari bahan lain yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginannya.

b. Metode SQ3R memberi kesempatan kepada para pembaca untuk berlaku fleksibel. Artinya pengaturan kecepatan membaca untuk setiap bagian bahan bacaan tidaklah harus sama. Pembaca akan memperlambat tempo bacaannya jika menemukan hal-hal yang reletif baru baginya, hal-hal yang memerlukan pemikiran untuk memahaminya, atau mungkin bagian-bagian bacaan yang berisi informasi yang diperlukan pembacan. Sebaliknya, pembaca akan menaikkan tempo kecepatan bacanya, jika bagian-bagian bacaan itu dipandang kurang relevan dengan kebutuhannya atau mungkin bagian tersebut sudah dikenalinya.

c. Metode SQ3R membekali pembaca untuk belajar secara sistematis. 

d. Penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran akan menghasilkan pemahaman yang komprehensif, bukan ingatan. Pemahaman yang komprehensif akan bertahan lebih lama tersimpan di dalam otak, daripada sekedar mengingat fakta. 

e. Metode SQ3R dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar dengan efektif dan efisien apabila dibandingkan dengan belajar tanpa metode.

Baca Juga : Pengertian Metode SQ3R

Dari uraian di atas menunjukkan bahwa metode SQ3R cocok digunakan untuk menjembatani siswa meningkatkan keterampilan dalam membaca. Metode ini memungkinkan para siswa untuk belajar membaca pemahaman secara sistematis dari awal sampai akhir kegiatan membaca.

Setiap metode pembelajaran pasti memiliki kelebihan dan kelemahan, begitu juga dengan metode SQ3R. Sehingga ketepatan guru dalam memilih strategi pembelajaran sangat diperlukan agar tidak menjadi kendala yang dapat menghambat pelaksanaan pembelajaran guna mencapai tujuan yang ingin dicapai. Adapun kelebihan dan kelemahan metode SQ3R adalah sebagai berikut.

Kelebihan Metode SQ3R


Metode SQ3R merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca. Metode ini juga memiliki kelebihan dalam meningkatkan daya ingat dari pemahaman suatu bacaan. Kelebihan metode pembelajaran SQ3R menurut Fitria (2011) antara lain:
1) Siswa diarahkan untuk terbiasa berpikir terhadap bahan bacaan sehingga siswa menjadi lebih aktif dan terlatih untuk bisa membuat pertanyaan.
2) Siswa berusaha untuk memikirkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang mendalami isi bacaan atau teks tersebut.
3) Siswa dapat bekerjasama dalam kelompoknya untuk saling bertukar pendapat dalam memahami konsep materi yang disajikan dalam uraian teks.


Kelemahan metode SQ3R



Dalam penerapan suatu metode pembelajaran pasti tidak akan lepas dari kelemahan. Kelemahan metode pembelajaran SQ3R menurut Fitria (2011) antara lain:
1) Alokasi waktu yang digunakan untuk memahami sebuah teks dengan model pembelajaran SQ3R mungkin tidak banyak berbeda dengan mempelajari teks biasa.
2) Siswa sulit dikondisikan (ramai) saat berdiskusi dengan teman sebangkunya dalam mempelajari teks materi pelajaran.
3) Tidak efektif dilaksanakan pada kelas dengan jumlah siswa yang terlalu besar karena bimbingan guru tidak maksimal terutama dalam merumuskan pertanyaan.

Sekian Postingan saya mengenai Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Metode SQ3R, semoga bermanfaat dan terima kasih.


Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Metode SQ3R - Konsep Teknologi

Sekian postingan kali ini mengenai Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Metode SQ3R - Konsep Teknologi, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Metode SQ3R - Konsep Teknologi dengan alamat link http://www.khoerulweb.com/2017/03/manfaat-kelebihan-kekurangan-metode-sq3r.html

0 Response to "Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Metode SQ3R - Konsep Teknologi"

Posting Komentar