Loading...

Pengertian Metode SQ3R - Konsep Teknologi

Pengertian Metode SQ3R - Metode SQ3R merupakan suatu prosedur belajar yang sistematik dan bersifat praktik. Metode SQ3R adalah suatu metode membaca yang sangat baik untuk kepentingan membaca secara intensif dan rasional. Dikembangan oleh Prof. Francis P. Robinson dari Ohio State University sejak tahun 1941

Pengertian Metode SQ3R - Konsep Teknologi


Ada 5 Tahap dalam Metode SQ3R, yaitu 
  • Survey, yaitu menyelidiki terlebih dahulu untuk mendapat gambaran selintas mengenai isi/pokok yang akan dipelajari.
  • Question, yaitu mengajukan pertanyaan dari ide pokok atau isi buku yang dibaca secara selintas.
  • Read, yaitu membaca secara aktif untuk memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang dibuat.
  • Recite, yaitu mengucapkan kembali atas jawaban yang diberikan terhadap pertanyaan dengan tidak melihat buku/menengok terhadap catatan kecil yang menjadi garis besar.
  • Review, yaitu mengulang apa yang dibacanya dengan memeriksa kertas catatannya.

Langkah-langkah Metode SQ3R 


Kegiatan membaca melalui metode SQ3R terdiri atas lima langkah yakni survey, question, read, recite dan review. Menurut Soedarso (2010: 59-64) langkah kegiatan membaca dengan penerapan metode SQ3R secara lengkap dijelaskan sebagai berikut ini :

a. Langkah 1 : S-Survey 
Survey atau prabaca adalah teknik untuk mengenal bahan sebelum membaca secara lengkap untuk mengenal organisasi dan ikhtisar umum. Kegiatannya bisa melihat-lihat judul, subjudul dan sebagainya. 

b. Langkah 2 : Q-Question 
Kegiatan yang dilakukan adalah mengajukan pertanyaan tentang isi bacaan, misalnya dengan mengubah judul atau subjudul menjadi kalimat tanya, bisa menggunakan kata siapa, apa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana. 

c. Langkah 3 : R-Read 
Kegiatan yang dilakukan adalah membaca keseluruhan bahan bacaan. Baca bagian demi bagian sambil mencari jawaban atas pertanyaan yang telah tersusun. 

d. Langkah 4 : R-Recite 
Setiap selesai membaca suatu subjudul, berhentilah sejenak untuk menjawab pertanyaan atau menyebutkan hal-hal penting dari bacaan tersebut. Bila perlu, buatlah catatan seperlunya. Bila belum paham, ulangi membaca bagian tersebut sekali lagi. 

e. Langkah 5 : R-Review 
Setelah membaca seluruh bacaan, ulangi untuk menelusuri kembali judul, subjudul dan bagian-bagian penting lainnya. Langkah ini berguna untuk membantu daya ingat, memperjelas pemahaman dan juga untuk mendapatkan hal penting yang terlewatkan.

Sekian Postingan saya kali mengenai Pengertian Metode SQ3R, semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »