Pengertian, Manfaat, Pantangan, Efek Samping dan Cara Menjalani Diet GM

Pengertian, Manfaat, Pantangan, Efek Samping dan Cara Menjalani Diet GM - Hai sobat Khoerul WEB, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian, Manfaat, Pantangan, Efek Samping dan Cara Menjalani Diet GM , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian, Manfaat, Pantangan, Efek Samping dan Cara Menjalani Diet GM
link : Pengertian, Manfaat, Pantangan, Efek Samping dan Cara Menjalani Diet GM

Baca juga


Pengertian, Manfaat, Pantangan, Efek Samping dan Cara Menjalani Diet GM

Diet GM adalah Program diet selama 7 hari penuh dengan menu jenis makanan yang berbeda setiap harinya. Selama masa diet harus minum air putih minimal 10 gelas setiap hari dan tidak minum alkohol selama program diet berlangsung. Dan berikut ini adalah pola diet yang harus kamu jalankan selama satu minggu. Diet GM dirancang untuk menurunkan berat badan sekitar 5-8 Kg dalam satu minggu. Diet GM juga bersifat detoksifikasi serta memperbaiki pola makan serta emosi. 

Pengertian, Manfaat, Pantangan, Efek Samping dan Cara Menjalani Diet GM

Hanya butuh waktu satu minggu kamu bisa menurunkan berat badan sebanyak lima kilogram, hmmm, sebuah godaan yang menggiurkan buat kamu yang punya masalah berat badan, bukan? Tapi, semua itu bisa kamu dapatkan lhoyup, DR. Berlian Siagian memberikan resep Diet General Motor (DGM) secara cuma-cuma di akun Facebook pribadinya.

Sumbangan dari dokter senior Dr. dr. Supriantoro, SpP, MARS bagi teman2 yg kelebihan berat badan,” tulis Dr. Berlian. Dalam posting-an tersebut Dr. Berlian mencoba untuk memperkenalkan pola diet baru yang diberi nama Diet General Motor (DGM). “DGM bisa menjadi salah satu solusi untuk mereka yang butuh diet dengan penurunan berat badan secara cepat tanpa harus mengkhawatirkan rasa lapar ataupun bosan karena diet yang monoton,” terangnya.
DGM pertama kali digagas khusus untuk para pegawai di perusahaan General Motors, Amerika Serikat. Program diet 7 hari ini di uji oleh John Hopkins Research Center dan telah disetujui oleh jajaran manajemen puncak General Motors. Tujuan utama diet ini adalah sebagai salah satu fasilitas program kesehatan dan fitness di lingkungan General Motors.


Cara Melakukan Diet GM

Selama masa diet harus minum air putih minimal 10 gelas setiap hari dan tidak minum alkohol selama program diet berlangsung. Dan berikut ini adalah pola diet yang harus kamu jalankan selama satu minggu.

  • Hari Pertama: Buah-buahan, kecuali pisang. Di hari pertama ini hanya dibolehkan makan buah-buahan. Buah apa saja kecuali pisang. Boleh makan hingga kenyang. Sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak buah melon dan semangka.
  • Hari Kedua: Sayur-sayuran. Hari kedua hanya dibolehkan makan sayur-sayuran. Apa saja baik mentah maupun matang. Bisa dimasak tumis, sup ataupun rebus. Tidak ada batasan jumlah ataupun tipe sayuran dan boleh makan hingga kenyang.
  • Hari Ketiga: Sayur dan Buah. Di hari ketiga bisa mencampur menu sayuran dan buah-buahan. Tidak ada batasan jumlah dan boleh sebanyak yang diinginkan. Tetapi tetap tidak boleh mengonsumsi buah pisang.
  • Hari Keempat: Pisang dan Susu. Di hari keempat konsumsi pisang sejumlah 8 buah pisang serta 3 gelas susu. Tidak mengonsumsi jenis makanan lain.
  • Hari Kelima: Daging dan Tomat. 500 gr daging sapi dan 6 buah tomat menjadi menu utama di hari kelima. Hamburger dibolehkan. Tingkatkan konsumsi air putih untuk membersihkan sistem pencernaan. Daging sapi bisa diganti dengan daging ayam tanpa kulit atau tempe bagi yang vegetarian.
  • Hari Keenam: Daging dan Sayuran. Di hari keenam boleh memakan kombinasi sayuran dan daging dalam jumlah yang tidak dibatasi.
  • Hari Ketujuh: Beras Merah, Jus buah, dan Sayuran. Di hari terakhir diet mulai kembali ke pola makan yang biasa dengan menu beras merah, jus buah serta sayuran.

Pantangan Diet GM

Anda sedang menjalanakan program diet tetapi anda tidak mengetahui pantangan ketika diet, berarti program diet anda sama sekali tidak berkualitas, bukan cuma makanan pantangan ketika diet namun masih banyak sekali pantangan yang harus anda hindari ketika anda sedang menjalankan program diet.

Ketika anda sedang mencari referensi tentang pantangan ketika menjalankan program diet di internet mungkin anda sering kebingungan karena menemukan berbagai hasil pencarian misalnya saja :

Pantangan diet mayo, pantangan diet gm, pantangan diet herbalife, pantangan diet ocd, pantangan diet pisang, pantangan diet golongan darah A, pantangan diet golongan darah B, pantangan diet golongan darah AB, pantangan diet golongan darah O dan pantangan diet lainnya.

Namun itu semua adalah pantangan diet secara khusus bagi anda yang memiliki masalah-masalah kesehatan tertentu, anda jangan bingung untuk menyikapinya.

Sejatinya untuk pantangan diet secara umum dapat dikelompokkan dalam beberapa hal diantaranya adalah :

Kurangi ngemil

Coba anda lihat, kebanyakan orang-orang yang memiliki berat badan berlebihan mereka cenderung menyukai ngemil.

Sebelum mereka menjalankan program diet pasti mereka beranggapan bahwa ngemil itu adalah sesuatu panggilan alam, mungkin sudah seperti reflek otomatis bagi tubuh mereka.

Yang perlu anda ketahui bahwa makan camilan itu sama sekali tidak akan membuat kenyang, malah rasanya lidah dan mulut ingin makan terus dan terus, dan pada umumnya camilan-camilan pada saat ini banyak mengandung bahan yang tidak sehat untuk program diet anda, misalnya saja jika itu biskuit atau roti-rotian banyak mengandung pemanis buatan, banyak mengandung gula dan lain-lain.

Bahkan pada saat ini camilan yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia yaitu gorengan seperti tempe goreng, pisang goreng, tahu goreng dan lain-lain, walaupun gorengan tersebut rasanya enak namun gorengan tersebut termasuk dalam makanan junk food yang memiliki kadar lemak tinggi sekali.

Memang berat rasanya untuk menghilangkan kebiasaan ngemil tersebut, saya sendiri juga mengalaminya, apalagi ketika sedang nonton tv acara sepak bola, cadangan camilan di kulkas habis ludes semua.

Namun jika anda telah dan mulai menjalankan program diet, acara ngemil ini harus anda hilangkan dari agenda harian anda, atau paling tidak anda kurangi secara bertahap setiap harinya agar program diet anda bisa berjalan baik seperti yang anda inginkan.

Hindari makan buah terlalu berlebihan

Saran ini memang kontroversional, pada kenyataannya buah memang merupakan sumber nutrisi bergizi yang paling baik sekali, namun tahukah anda bahwa buah juga banyak mengandung gula, sekitar 10 % dari berat buah, coba anda makan apel, anggur atau jeruk rasanya manis bukan.

Sebagai perbandingan lima porsi buah perhari setara dengan jumlah gula dalam 16 ons minuman bersoda ( 500 ml ).

Gula dari buah juga dapat menghambat pembakaran lemak dalam tubuh dan dapat meningkatkan rasa lapar sehingga mampu memperlambat penurunan berat badan anda.

Mengkonsumsi buah memang bagus untuk kesehatan, namun usahakan untuk mengurangi porsi konsumsi buah harian anda ketika anda sedang menjalankan program diet.

Hindari minum bir

Bir adalah termasuk minuman keras dan minuman keras sangat dilarang sekali dalam agama Islam, sesuatu yang dilarang oleh agama memang ternyata tidak baik sekali efeknya untuk tubuh manusia termasuk juga minuman bir ini.

Minuman bir termasuk minuman yang banyak sekali mengandung karbohidrat dan lebih parahnya minuman bir ini cepat sekali diserap oleh tubuh tanpa melewati pembakaran kalori, sehingga kalori menjadi tersimpan didalam tubuh hingga menjadi lemak, inilah sebabnya bir kadang-kadang disebut juga sebagai roti cair.

Coba anda perhatikan orang-orang yang menyukai minuman bir, seperti apa bentuk tubuh mereka, bahkan rata-rata diantara peminum bir memiliki bentuk perut yang buruk sekali yaitu perut buncit.

Kurangi pemanis buatan

Banyak orang-orang yang sedang menjalankan program diet selalu menghindari gula namun mereka malah beralih ke pemanis buatan, mereka beranggapan bahwa dengan cara ini dapat mengurangi asupan kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.

Sebenarnya ini masuk akal, namun beberapa penelitian telah gagal menunjukkan efek positif hubungan antara pemanis buatan sebagai pengganti gula biasa dengan berat badan.

Namun sebaliknya menurut penelitian ilmiah, pemanis buatan malah dapat meningkatkan nafsu makan dan hasrat keinginan untuk selalu makan yang manis-manis.

Selanjutnya jika anda terlalu sering mengkonsumsi pemanis buatan bisa-bisa anda malah akan menjadi kecanduan, misalnya saja kecanduan permen, kecanduan coklat, kecanduan gulali dan kecanduan makanan ringan yang manis-manis lainnya, tentu ini malah menjadi indikasi naikknya berat badan anda selanjutnya bukan.

Jika anda mengalami kesulitan menurunkan berat badan, saya sarankan anda benar-benar menjauhi pemanis, sebagai hadiahnya anda akan mulai bisa merasakan manis alami dari suatu makanan, misalnya saja manis dari nasi yang anda kunyah di mulut anda.

Hindari makanan yang berlemak tinggi

Mungkin sudah kebiasaan orang-orang Indonesia yang sangat menyukai menyantap makanan yang banyak mengandung lemak misalnya gorangan, junk food, jeroan yang berlemak dan masih banyak lainnya.

Untuk melakukan program diet sangat dianjurkan sekali untuk menghindari berbagai macam makanan yang banyak mengandung lemak tinggi tersebut karena dapat memicu obesitas dan dapat merusak program diet anda.

Kurangi makanan yang banyak mengandung gula

Makanan yang banyak mengandung gula sangat buruk sekali untuk program diet menurunkan berat badan anda, bukan cuma makanan yang banyak mengandung gula namun juga makanan yang banyak mengandung pemanis buatan seperti yang telah dijelaskan diatas.

Karena gula memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi hampir sama halnya dengan nasi dan sumber karbohidrat lainnya.

Hindari makan makanan berkalori dimalam hari

Mengapa tidak boleh makan dimalam hari ketika sedang menjalankan program diet, ya karena dengan mengjonsumsi makanan dimalam hari makanan tersebut akan sangat sulit terurai menjadi energi oleh tubuh kita, apalagi jika anda makan sebelum tidur malam, tentu setelah makan anda tidak melakukan aktifitas sama sekali bukan yaitu tidur, sehingga kalori yang barusan anda konsumsi akan secara maksimal menjadi cadangan energi yaitu menjadi lemak pada tubuh anda.

Untuk contoh makanan berkalori tersebut adalah nasi, roti, gula, dan lain sebagainya.

Hindari stress dan tidur yang cukup

Apakah anda kurang tidur, mungkin susah tidur atau gara-gara sesuatu yang lain seperti stress karena beban pikiran yang berlebihan, sayang nya masalah kurang tidur dan stress ini dapat mempengaruhi berat badan anda.

Stress kronis dapat meningkatkan kadar hormon stress seperti kortisol dalam tubuh anda, dan itu sangat tidak baik sekali terhadap berat badan anda karena meningkatnya hormon kortisol ini dapat memicu meningkatnya nafsu makan sehingga akan berpengaruh juga terhadap berat badan.

Menurut penelitian The University of New Mexico setidaknya ada dua hubungan antara hormon kortisol dengan berat yaitu terhadap percepatan pembentukan lemak dalam tubuh dan terhadap meningkatnya nafsu makan.

Hubungan koristol terhadap percepatan pembentukan lemak dalam tubuh yaitu ketika individu mengalami stress hormon kortisol dapat memicu percepatatan pembangunan kadar lemak dalam tubuh melebihi batas normal dibandingkan ketika tubuh sedang dalam keadaan rileks tanpa beban stress.

Sedangkan hubungan koristol terhadap nafsu makan yaitu koristol telah mempengaruhi bagian reseptor otak pengatur nafsu makan, sehingga anda akan selalu mengalami nafsu makan yang besar walaupun anda telah mengkonsumsi banyak makanan.

Manfaat Diet GM

Tujuan utama dari diet GM adalah untuk membantu dalam mengatur dan menjaga berat badan ideal seseorang. Tak hanya itu, diet GM juga mampu memberikan manfaat lainnya, yaitu membuat tubuh jadi lebih fit, sehat, dan produktif dalam bekerja.

Manfaat lainnya dari Diet GM adalah:
1. Diet GM mampu membuang timbunan lemak keluar dari dalam tubuh dan membantu menjaga indeks massa tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI).
2. Diet GM juga mampu mendetoksifikasi racun-racun keluar dari dalam tubuh.
3. Diet GM sangat berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Hal ini dikarenakan selama masa 7 hari menjalani diet kita diharuskan untuk banyak mengonsumsi sayur, buah, dan air.
4. Diet GM juga dapat membantu mengontrol nafsu makan. Hal ini dikarenakan dalam diet GM terdapat banyak aturan makanan mana yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi setiap harinya. Mereka yang menjalani diet GM harus memiliki komitmen dan disiplin yang kuat dalam menjalakan aturan diet yang ada dan harus menahan diri dari godaan makanan-makanan lainnya yang tidak boleh dimakan.

Efek Samping Diet GM

Diet GM memang mampu menurunkan berat badan dalam waktu yang relatif singkat. Mereka yang selama ini merasa kesulitan dalam menurunkan berat badan tentunya akan merasa tertarik untuk mencobanya. Namun, sebelum Anda mencobanya, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu adakah efek samping dari diet yang mampu menjanjikan berat badan turun hanya dalam 1 minggu ini?.
Berdasarkan beberapa sumber yang telah kami kumpulkan, perlu diketahui bahwa tidak semua orang cocok dengan metode diet ini. Diet GM ternyata memiliki efek samping pada beberapa orang yang menjalankannya.
Apa saja efek sampingnya?
1. Beberapa orang yang menjalani diet GM mungkin akan mengalami perubahan mood (perubahan suasana hati).
2. Beberapa orang yang menjalankan diet GM juga ada yang mengalami kerontokan rambut dan masalah kulit kering di beberapa hari pertama menjalankan diet.
3. Masalah anemia, pusing, sakit kepala, dan lemas juga banyak dialami oleh beberapa orang yang menjalankan diet GM.
4. Terdapat banyak aturan pembatasan makanan dalam Diet GM, di mana hal tersebut dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh jika dilakukan terus-menerus. Tubuh dapat mengalami defisiensi zat-zat nutrisi tertentu bila terus-menerus menjalankan program diet ini. Oleh karena itu, Diet GM sebaiknya dilakukan hanya 1 kali dalam 1 bulan, bukan terus-menerus sepanjang waktu.
5. Diet GM tidak cocok dilakukan oleh wanita hamil (yang membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung pertumbuhan janin), dan juga tidak cocok bagi mereka yang menderita penyakit-penyakit kronis tertentu seperti diabetes dan hipertensi.
Diet GM juga sangat tidak dianjurkan bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan banyak nutrisi untuk menunjang tumbuh kembangnya.
6. Diet GM juga dapat memperlambat metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan dalam pola makan sehari-hari pada orang yang menjalankannya. Pada beberapa orang, perubahan laju metabolisme tersebut terjadi dalam waktu yang cukup cepat dan dapat menimbulkan masalah pada pencernaan.
Tidak semua orang mengalami efek samping ini, namun pada orang yang cukup sensitif terhadap masalah pencernaan, sebaiknya menghindari diet ini.
7. Diet GM dianggap hanya memberikan efek menurunkan berat badan yang sifatnya sementara. Beberapa orang menyebut bahwa berat badan akan langsung kembali naik seperti semula setelah tak lagi menjalankan diet.
Ditambah lagi, dalam Diet GM tidak ditekankan untuk melakukan olahraga fisik, melainkan hanya mengatur pola makan saja. Tanpa olahraga tentu saja berat badan yang sempat turun akan cepat kembali naik seperti semula.
8. Pada beberapa orang yang menjalaninya, Diet GM juga dapat menimbulkan efek samping berupa melemahnya otot-otot tubuh. Hal ini biasanya terjadi di dua hari pertama menjalani diet. Namun, ketika sudah mulai terbiasa, kondisinya akan kembali normal.
Diet GM memang mampu menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Namun, tak semua orang cocok dengan program Diet GM. Sejumlah efek samping seperti yang sudah disebutkan di atas dapat muncul pada sebagian orang yang menjalani Diet. Mengetahui apa saja manfaat dan efek sampingnya akan membantu Anda dalam memutuskan apakah memang Anda perlu mencoba program diet penurunan berat badan yang satu ini.


Pengertian, Manfaat, Pantangan, Efek Samping dan Cara Menjalani Diet GM

Sekian postingan kali ini mengenai Pengertian, Manfaat, Pantangan, Efek Samping dan Cara Menjalani Diet GM , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian, Manfaat, Pantangan, Efek Samping dan Cara Menjalani Diet GM dengan alamat link http://www.khoerulweb.com/2017/04/diet-gm.html

0 Response to "Pengertian, Manfaat, Pantangan, Efek Samping dan Cara Menjalani Diet GM "

Posting Komentar