Loading...

Sosok AFFANDI yang diperingati Google Hari Ini

Mengenal Sosok AFFANDI yang diperingati Google Hari Ini
Saat anda membuka halaman google hari ini, tepatnya 01 mei 2017 anda akan disugukan dengan sebuah lukisan abnormal bersosok lelaki tua? Siapakah tokoh dalam Lukisan tersebut, dan dikala kita klik, kita akan dialihkan pada alaman pencarian dengan kata kunci "Affandi". Lalu siapakah Affandi tersebut, apa keistimewaan seoran Affandi sampai diperingati Google hari ini?
Images By : Google Doodle
Nama lengkapnya ialah Affandi Koesoema
AFFANDi ialah seorang seniman lukis yang sangat populer dari negri tercinta kita Indonesia ini. Affandi bisa dibilang pelukis yang paling populer yang berasal dari tanah air kita. banyak karya dari lukisannya dipamerkan di banyak sekali negara di dunia. untuk mengenal lebih jauh mari kita simak profil lengkap Affandi Koesoema yang berhasil penulis rangkum :
  • Nama Lengkap : Affandi Koesoema
  • Alias : Affandi
  • Profesi : Seniman (pelukis)
  • Tempat Lahir : Cirebon, Jawa Barat
  • Tanggal Lahir : Jumat, 01 -05- 1907
  • Wafat : Mei 1990
  • Warga Negara : Indonesia
  • Karya Yang Tercatat : 2.000 lukisan
  • Pameran Pertama : Tahun 1943
  • Ayah : R. Koesoma
  • Anak : Kartika Affandi 
  • Istri : Maryati
PERJALANAN KARIR AFFANDI
Nama lengkapnya ialah Affandi Koesoema seorang maestro seni lukis dengan gaya abnormal dan romantisme. Banyak karya-karya Affandi yang menembus panggung pekan raya dunia ibarat Inggris, Amsterdam, dan india.
Affandi Sendiri hidup dan tumbuh besar pada masa penjajahan belanda sehingga pendidikan yang beliau tempuh pada dikala masa kolonial belanda dimulai dari  Hollandsch Inlandsche School (HIS), Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO), dan Algemeene Middelbare School (AMS). Yang mana tak banyak orang bisa sekolah disana.

Sebelum menjadi seorang seniman lukis yang fenomenal, Affandi merupakan seorang guru, bekerja sebagai tukang sobek karcis dan pembuat iklan, sampai affandi mempunyai ketertarikan pada Bidang seni lukis.
Setelah menikah dengan adis asal kota hujan bogor "Maryati". Afaandi bergabung dalam kelompok Lima Pelukis Bandung. Mereka itu ialah Hendra Gunawan, Barli, Sudarso, dan Wahdi serta Affandi sendiri yang dipercaya menjabat sebagai pimpinan kelompok. Kelompok ini mempunyai andil yang cukup besar dalam perkembangan seni rupa di Indonesia.


Pada tahun 1943, Affandi mengadakan pekan raya tunggal pertamanya di Gedung Poetera Djakarta.
Karena bakatnya menciptakan karya lukis yang mengagumkan, Affandi dihadiahi beasiswa kuliah pada jurusan melukis di india. Namun, alasannya ialah kemampuannya sudah mapan. Affandi ditolak dan dana beasiswa dipakai affandi untuk mengadakan pekan raya kelililng di seluruh india
Di Eropa, ia telah mengadakan pekan raya antara lain di London, Amsterdam, Brussels, Paris dan Roma. Begitu juga di negara-negara benua Amerika ibarat di Brazilia, Venezia, San Paulo, dan Amerika Serikat. Hal demikian jugalah yang menciptakan namanya dikenal di banyak sekali kepingan dunia. Salah satu karya lukis dari Affandi sanggup Anda lihat di bawah ini, lukisan ini diberi judul Para Pejuang 1972.
PAMERAN PAMERAN YANG PERNAH DISELENGGARAKAN

  1. Museum of Modern Art (Rio de Janeiro, Brazil, 1966)
  2. East-West Center (Honolulu, 1988)
  3. Festival of Indonesia (AS, 1990-1992)
  4. Gate Foundation (Amsterdam, Belanda, 1993)
  5. Singapore Art Museum (1994)
  6. Centre for Strategic and International Studies (Jakarta, 1996)
  7. Indonesia-Japan Friendship Festival (Morioka, Tokyo, 1997)
  8. ASEAN Masterworks (Selangor, Kuala Lumpur, Malaysia, 1997-1998)

PENGHARAAN
  1. Piagam Anugerah Seni, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1969
  2. Doktor Honoris Causa dari University of Singapore, 1974
  3. Dag Hammarskjöld, International Peace Prize (Florence, Italia, 1997)
  4. Bintang Jasa Utama, tahun 1978
  5. Pelukis Ekspresionis Baru Indonesia oleh Koran International Herald Tribune
  6. Gelar Grand Maestro di Florence, Italia
MUSEUM AFFANDI
Untuk mengabadikan hasil karya dari sorang Affandi, "Fuad Hassan" meresmikan sebuah museum yang menjadi rumah untuk karya-karya affandi didalamnya. Museum ini didirikan tahun 1973, yang beralamatkan di Jalan Laksda Adisucipto, Yogyakarta. Tercatat sekitar 1.000-an lebih lukisan di Museum Affandi, dan 300-an di antaranya ialah karya Affandi.

Catatan:
Admin tidak bertanggungjawab atas Akurasi dan kebenaran dari data diatas, Penulis hanya menghimpun dari banyak sekali sumber untuk baan pengetahuan dan pembendaharaan dalam blog ini. Untuk kelengkapan informasi, silahkan kunjungi situs sumber yang tertera.

Sumber:
1.  http://www.biografipedia.com
2.  https://profil.merdeka.com/
3.  https://id.wikipedia.org/

Sumber https://seenday.blogspot.co.id/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »