Loading...

Apa Itu Mekanisme Antikythera ? (Penjelasan & Sejarah)

Apa Itu Mekanisme Antikythera ? atau Antikythera mechanism  (Penjelasan & Sejarah)
Saat membuka halaman google pada hari ini, tepatnya hari selasa 17/05/2017. disambut dengan tampilan logo google doodles dengan gambar yang aneh, dan ketika kita klik pribadi diarahkan pada pencarian dengan kata kunci "what is the Antikythera mechanism?" yang artinya "Apa itu Mekanisme  Antikythera?".
Tampaknya Hari ini bertepatan dengan 115 Tahun hari ditemukannya sebuah mesin aneh yang dinamakan Antikythera mechanism,  jika anda ingin tahu lebih terperinci perihal apa sich Antikythera mechanism, atau Mekanisme Antikythera simak klarifikasi berikut :D

Pengertian Dan Penjelasan Mekanisme Antikythera:

Mekanisme Antikythera ialah nama yang diberikan untuk sebuah benda misterius yang ditemukan oleh para penyelam periode ke 20 yang mengekspedisi puing-puing kapal keram yang karam sekitar tahun 80 SM di perairan pulau Antikythera menuju Roma.
Benda tersebut memang terlihat aneh, bentuknya ibarat jam Waker dengan kombinasi gear-gear (roda gigi) dari besi. 

Namun sehabis di teliti lebih mendalam oleh ilmuwan yang berasal dari Universitas Cardiff, team tingkat dunia untuk meneliti benda misterius tersebut, jadinya mereka menyimpulkan bahwa benda tersebut ialah kalkulator astronomi pra sejarah atau komputer analog kuno berumur dua ribu tahun. yang kemudian disebut lah Antikythera mechanism alasannya ditemukan di pulau Antikythera.

Lalu Apa Fungsi Mekanisme Antikythera.?

Setelah penelitian lebih mendalam oleh Derek John De Solla Price, disimpulkan bahwa benda misterius Antikythera mechanism ialah benda atau alat ukur astronom yang dipakai untuk menghitung dan mengukur pergerakan bintang-bintang dan pelanet. dan dikenallah benda ini sebagai KALKULATOR ASTRONOMI.

Menurut penelitian  alat tersebut bisa melaksanakan penghitungan astronomi secara luar biasa tepat. Kalkulator ini bisa melacak jejak bulan dan matahari pada rasi bintang, penghitungan gerhana secara tepat, pergerakan orbit bulan yang tidak umum serta posisi planet. WOOOW..
Ternyata.. teknologi Yunani kuno telah maju jauh melampaui perkiraan. Tidak ada peradaban yang bisa membuat suatu benda yang begitu rumit semacam ini dalam ribuan tahun yang lalu.

Professor Edmund berkata,“Alat ini luar biasa, hanya satu-satunya. Disainnya indah, perhitungan astronominya juga luar biasa tepat. Siapapun bisa ternganga bila menyaksikannya, alat ini telah diciptakan dengan penuh ketelitian.”.

Dari kecanggihan alat tersebut membuat para ilmuan utuk menusunnya, menduplikat bahkan ingin membuatkan teklologi kuno Antikythera Mechanism.


Sejarah Antikythera Mechanism (Penelitian, Rekonstruksi dan Pengembangan)

Sejak ditemukan oleh para penyelam periode 20 di sekitar pulau Mechanism, dan diteliti oleh para ilmuan, Komputer kuno sebagai kalkulator astronomo tersebut menantang para ilmuan untuk meneliti lebih dalam, jadinya mereka mencoba untuk menyusun ulang pecahan mesin aneh tersebut sembari mempelajarinya lebih dalam
Adalah Dr.Tony Freeth dari Universitas Matematika dan Prof.Mike Edmunds dari Universitas Fisika Astronomi sebagai orang yang pertama kali mengetahui Antikythera Mechanism, Sekarang mereka percaya mereka telah menemukan belakang layar misteri mengenai bagaimana mesin misterius tersebut sanggup bekerja hal ini bekerja. dan berikut ialah gambaran / sketsa bagaimana mesin astronomi tersebut sanggup bekerja :




Profesor Michael Edmunds dari Cardiff University, yang memimpin sebuah studi tahun 2005-2006 meneliti prosedur itu dengan mesin CAT-scan yang canggih untuk menghasilkan gambar sinar-X tiga dimensi beresolusi tinggi.

Mereka menyusun ulang ulang kalkulator astronomi dengan penuh kehati-hatian demi bisa menunjukan dan mengetahui fungsi dan sistem kerja alat tersebut.
Komputer raksasa Hewlett-Packard juga ikut membantu menyediakan teknologi pencitraan untuk menampilkan permukaan mesin secara detail. Mekanisme alat ini tersusun kembali dari 70 bagian, dan secara sempurna dipasang ibarat kondisi awalnya.

Saat selesai direkonstruksi, mereka mengemukakan isu gres perihal cara kerja prosedur itu. Ketika si pengguna memutar kenopnya, setidaknya 30 roda gigi yang saling terhubung mengaktifkan tiga piringan di bab depan dan belakang kotak. Ini memungkinkan si pengguna memprediksi siklus astronomis, termasuk gerhana.
LUAR BIASA...
Dan jadinya para ilmuan memperkenalkan alat ini pada konferensi internasional 2 hari di Athena dan Jurnal Nature. Mereka berharap untuk membuat model komputer perihal bagaimana mesin ini bekerja, dan replikanya yang sanggup bekerja ibarat aslinya.

Antikythera Mechanism ini sekarang disimpan di Museum Arkeologi Nasional, Athena (Yunani).

Sekian Informasi Tentang Antikythera Mechanism, biar bisa menambah wawasan kita semua.


Referensi :

  • https://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/102009091#h=16
  • Dan Berbagai Sumber

Sumber https://seenday.blogspot.co.id/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »