Loading...

Facebook : Perubahan Kecil Baris Navigasi Atas + Graph Search

Demi pengalaman terbaik bagi penggunanya dalam menggunakan layanan Facebook, pihak Facebook terus melaksanakan improvisasi situsnya. Bahkan semenjak sebelum Facebook sepopuler sekarang. Setelah kemarin banyak perubahan timeline dan dalam hal-hal keamanan dan privasi, kali ini giliran baris navigasi atas (top navigation bar). Yaitu baris berwarna biru yang ada di atas halaman Facebook. Seperti yang dapat kita lihat pada screenshot berikut.

Screenshot halaman Facebook Juli 2013


Baris navigasi tampak lebih besar dan berganti warna menjadi biru gradasi yang menyebabkan efek timbul. Notifikasi, usul pertemanan, dan inbox juga berpindah dari sisi kiri ke sisi kanan.

Awalnya saya pikir sekedar perubahan tampilan. Tapi ternyata juga ada improvisasi fungsi dari elemen halaman tersebut. Yaitu notifikasi posting baru. Notifikasi ini akan berfungsi dikala halaman sedang tidak di beranda. Ketika ada posting, update status, foto, atau hal gres lainnya dari sobat atau orang yang kita ikuti maka akan muncul angka layaknya notifikasi.

Notifikasi beranda

Secara tampilan saya lebih suka yang sebelumnya. Dengan gaya warna biru datar dan bilah pencarian terpasang presisi segaris dengan kolom tengah halaman.

Bagaimana menurut anda?

---------------

Disamping perubahan navigation kafetaria saja, ternyata fungsi pencarian juga tambah hebat! Ternyata inilah realisasi dari Graph Search yang diperkenalkan Facebook beberapa waktu lalu.

Auto suggestion kotak pencarian baru

Hasil pencarian

Kalau akun facebook milik anda belum menerima navigation kafetaria dan graph search yang baru, tenang, ditunggu saja. Facebook secara bertahap sudah mulai menerapkan sistem gres ini ke semua penggunanya semenjak senin kemarin.

Sumber http://www.egablog.web.id/

Terima Kasih Sudah Berkunjung, Jangan Lupa Share dan Baca Artikel Lainnya diatas atau dibawah ini!!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »