Hari ke 7 Bersama FlexiNet Unlimited

Hari ke 7 Bersama FlexiNet Unlimited - Hai sobat Khoerul WEB, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Hari ke 7 Bersama FlexiNet Unlimited, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Flexi, Artikel ISP, Artikel Jurnal, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Hari ke 7 Bersama FlexiNet Unlimited
link : Hari ke 7 Bersama FlexiNet Unlimited

Baca juga


Hari ke 7 Bersama FlexiNet Unlimited

Kartu FlexiNet Unlimited - dokumentasi pribadi
Dimulainya era gres kebijakan Smartfren Unlimited yang menunjukkan kecepatan lebih tinggi di paket internet kelas bawahnya ternyata justru mencekik pengguna Smartfren Unlimited. Keadaan ibarat ini memaksa kita (khususnya saya) untuk beralih ke alternatif yang lain.

Alternatif yang sekarang saya gunakan yaitu FlexiNet Unlimited. FlexiNet Unlimited menunjukkan paket langganan dengan kecepatan setara koneksi CDMA 20000 1X yaitu 153 kbps. Atau sekitar 20 KBps.

Bukan kecepatan yang istimewa, namun sangat cukup untuk kebutuhan ibarat sekedar untuk browsing. Tetapi sayangnya migrasi tidak semulus yang saya perkirakan. Ada beberapa kendala yang saya hadapi dalam menggunakan FlexiNet Unlimited.

Tidak kompatibel dengan router TL-MR3220 (-)
Diantaranya yaitu inkompabilitas dengan router nirkabel TP-Link TL-MR3220 yang saya gunakan. Untuk lebih mudahnya gambaran yang terjadi yaitu sebagai berikut,
  1. Komputer + EC1261 + Smartfren = tidak ada masalah
  2. TL-MR3220 + EC1261 + Smartfren = tidak ada masalah
  3. Komputer + EC1261 + FlexiNet = tidak ada masalah
  4. TL-MR3220 + EC1261 + FlexiNet = bermasalah

Masalah apa yang terjadi? Koneksi FlexiNet Unlimited sangat rentan terputus apabila digunakan bersama dengan TL-MR3220. Koneksi selalu terputus dalam jangka waktu 5 - 60 menit. Bahkan pernah juga koneksi terputus seketika setelah terhubung. Padahal, jikalau FlexiNet digunakan pribadi di komputer koneksi dapat bertahan hingga berhari-hari. Uji coba terlama saya aktifkan selama 3 hari tanpa terputus.

Apakah alasannya yaitu koneksi FlexiNet tidak dapat dibagikan? Sepertinya bukan. Baik melalui TL-MR3220 ataupun komputer, uji coba tetap saya lakukan dengan menyebarkan koneksi. Digunakan di 1 komputer desktop, 1 netbook, 1 tablet, 1 smartphone android, dan 1 ponsel samsung corby. Kendala terjadi jikalau modem diaktifkan melalui TL-MR3220.

Artinya, jikalau saya ingin membuat koneksi tetap tersedia 24 jam sehari, saya juga harus menyalakan komputer 24 jam sehari.

Bagaimana dengan router TP-LInk TL-MR3420? Tidak ada bedanya. Tetap tidak bisa.
Bagaimana jikalau router diinstal OpenWRT? Tetap tidak ada bedanya.

Bagaimana dengan penggunaan dengan modem lain atau router lain? Karena terbatasnya peralatan uji, maka saya belum mampu menyampaikan jawaban.

Nilai PING sering kurang stabil (-)
Standarnya, nilai ping 64 byte pada FlexiNet berikisar pada angka 320 milidetik. Berbeda dengan Smartfren yang berkisar pada angka 120 milidetik. Bukan perbedaan yang menimbulkan FlexiNet menjadi kalah telak dari Smartfren.

Tetapi, terkadang sering nilai ping FlexiNet unlimited dapat melonjak ke angka belasan ribu milidetik pada jam sibuk internet ibarat sore dan malam hari, dimana hal tersebut sangat jarang terjadi pada Smartfren. Namun jangan khawatir. Keadaan ibarat ini biasanya tidak berlangsung lama. Hanya berkisar kurang dari 5 menit.

nilai ping FlexiNet Unlimited pada waktu tertentu

Kecepatan mendekati dengan yang dijanjikan (+)
Kecepatan yang didapat lebih mendekati 153 kbps ibarat yang dijanjikan oleh FlexiNet Unlimited. Seperti yang dapat kita lihat pada grafik konsumsi bandwith pada System Monitor di Ubuntu berikut.

grafik konsumsi bandwith FlexiNet Unlimited

Terlihat kecepatan download sempat melebihi 150 kbps. Sedangkan pada Smartfren Unlimited hanya didapat 60-80 kbps. Meskipun begitu, Smartfren memiliki keunggulan 512 kbps di 2 GB pertama :D

Perpanjang otomatis (+)
FlexiNet Unlimited menyampaikan kemudahan dengan menyediakan akomodasi perpanjang otomatis. Selama pulsa pelanggan mencukupi, maka paket yang aktif akan otomatis diperpanjang dikala masa paket telah selesai.

Fasilitas perpanjang otomatis ini tidak ada di Smartfren. Sehingga dikala paket habis, pelanggan harus mendaftar kembali paket yang dipilih. Kalau hingga lupa mendaftar ulang sedangkan pulsa masih tersisa? Maka sisa pulsa akan tersedot alasannya yaitu diluar masa paket berlaku tarif per kilobyte atau per menit pemakaian. Merepotkan jikalau digunakan untuk dibagikan koneksinya melalui router. Dan juga sedikit 'menjebak' jikalau pengguna tidak menyadarinya.

Pilihan masa paket lengkap (+)
Pilihan paket yang akan kita gunakan untuk berlangganan juga tergolong sangat lengkap. Masa paket yang tersedia diantaranya harian, mingguan, bulanan, triwulan, semesteran, hingga tahunan! Sungguh FlexiNet menyampaikan banyak pilihan bagi penggunanya yang ingin setia menggunakan FlexiNet Unlimited.

---

Kesimpulan
FlexiNet Unlimited yaitu alternatif memadai bagi anda yang menggunakan internet untuk keperluan standar ibarat browsing. Tetapi sedikit catatan bahwa tampaknya FlexiNet tidak sesuai jikalau digunakan bersama router TL-MR3220 atau TL-MR3420 baik dengan firmware asli TP-Link maupun firmware pihak ketiga ibarat OpenWRT.

Alternatif dari Flexi
Jika dirasa kecepatan yang ditawarkan 'kurang mirip' dengan Smarfren Unlimited reguler bulanan, mungkin anda dapat mencoba Flexi Mobile Broadband dengan paket Get Harian. Tarif paket yaitu Rp 2.500,- per hari. Atau dalam satu bulan anda perlu membayar Rp 75.000,- yang artinya anda Rp 25.000,- lebih mahal dari Smartfren Unlimited reguler bulanan.

Kecepatan yang didapat dengan Flexi Mobile Broadband paket Get yaitu 300 kbps dengan kuota 500MB per hari jikalau anda memilih paket harian. Menarik! Tetapi saya belum dapat menyampaikan ulasan lebih lanjut alasannya yaitu kartu yang saya gunakan hanya dapat mendukung jaringan CDMA 2000 1X.

Namun perlu dicatat bahwa sepertinya Flexi Mobile Broadband sepertinya bukanlah layanan unlimited. Terbukti dengan disediakannya aksesori kuota. Tetapi 500MB per hari sepertinya cukup jikalau digunakan sendiri. Tetapi entah apakah paket ini juga menunjukkan akomodasi perpanjang otomatis.

Selain itu juga ada FMB Promo. Dengan tarif bulanan sekitar Rp 45.000,- kita disuguhi koneksi dengan kecepatan hingga 1200 kbps tanpa batasan kuota. Dan yang perlu diingat yaitu penawaran ini mungkin memang sekedar promo sementara waktu.

Referensi:
"FlexiNet Unlimited", Flexi. Diakses 20 Maret 2013.
"Panduan berlangganan paket Flexi Mobile Broadband", Flexi. Diakses 20 Maret 2013.

Sumber http://www.egablog.web.id/


Hari ke 7 Bersama FlexiNet Unlimited

Sekian postingan kali ini mengenai Hari ke 7 Bersama FlexiNet Unlimited, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Hari ke 7 Bersama FlexiNet Unlimited dengan alamat link http://www.khoerulweb.com/2017/09/hari-ke-7-bersama-flexinet-unlimited.html Jika berminat, Jangan Lupa Baca juga Postingan dibawah ini ya...

0 Response to "Hari ke 7 Bersama FlexiNet Unlimited"

Posting Komentar