Loading...

Tentang Blogging dan Kopas

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari rabu tanggal 9 Maret 2011 pada dikala pelajaran multimedia di ruang software, saya iseng browsing sambil membuka ega blog.

Waktu saya sedang asik, tiba-tiba salah seorang sobat saya yang duduk di belakang saya nyeletuk,
"Artikelmu kuwi akeh ki mbok woco po mung waton kopas kuwi?". Yang kira-kira artinya begini,
"Artikel blog kau itu kau baca atau hanya asal kopas saja?".

Saya bengong sejenak sambil berpikir. Apa mungkin yang ada di benak kebanyakan orang blogging (nge-blog) itu identik dengan kopas (kopi-paste). Ada kemungkinan yang dia katakan tidak lepas dari apa yang dia lihat di blog saya dimana isinya memang bukan menyerupai goresan pena bocah anabawang yang masih kelas 2 SMK.
 Saya ingin menyerupai jurnalis.
Ya. Blog saya memang tidak menyerupai blog personal yang kebanyakan isinya yaitu kisah si pemilik blog yang tentu saja kita dapat dengan mudah mengetahui bahwa goresan pena di blog tersebut merupakan goresan pena asli mereka. Contohnya menyerupai beberapa blog yang saya kenal yaitu blog Raditya Dika, Tika Banget, Bena Blog, dan lainnya.
Menulis artikel di blog mampu menambah kepercayaan klien terhadap kita.
Saya juga pernah berkunjung ke salah satu artikel blog milik blogger Indonesia. Di sana ia mengajak kita semua, apapun profesi kita untuk ikut blogging. Beliau juga bercerita bahwa kepercayaan yang ia dapatkan dari klien-kliennya yaitu berkat blognya juga.

Nah, yang ingin saya tekankan disini yaitu blog tidak selalu artikelnya yaitu hasil kopas saja. Dan untuk para blogger, blogging tidak melulu isinya harus wacana apa yang sedang menjadi tren di internet. Kita mampu menuliskan wacana hal-hal yang kita ketahui, sukai, ataupun yang kita lakukan. Dengan begitu kebutuhan/keinginan untuk mengkopi artikel yang sudah ada juga akan hilang.
 Google tidak begitu suka dengan konten duplikat
Tujuan artikel ini juga tidak jauh dari permintaan saya untuk mengisi blog kita dengan artikel-artikel yang bermanfaat dan tentunya orisinil. Bukankah artikel yang orisinil itu lebih baik untuk mesin pencari, pengunjung blog, dan blog kita sendiri? Kalau tidak percaya silahkan cari tahu kenapa.
Sumber http://www.egablog.web.id/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »