Loading...

Tentang HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)


Menurut wikipedia bahasa Indonesia HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan versi aman dari HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Koneksi dengan HTTPS ini sering kita temukan di situs-situs menyerupai PayPal ataupun situ web bank di Indonesia.

Kita mampu tahu sebuah website menggunakan koneksi yang terenkripsi dengan melihat pada adressbar. Disana terlihat bab favicon terlihat khusus dan pada alamat tertulis https:// dan bukan http://.

HTTPS mengenkripsi sesi data menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security) dan menggunakan port 443.

Namun perlu kita ketahui bahwa koneksi dengan HTTPS ini hanya mengenkripsi data yang terkirim dari browser PC anda hingga ke web server tujuan. Dan tidak menutup kemungkinan data isu yang sudah tersimpan di web server dapat diserang. Seperti yang aku kutip dari wikipedia ini.

Kesalahpahaman yang sering terjadi pada pengguna kartu kredit di web yaitu dengan menganggap HTTPS “sepenuhnya” melindungi transaksi mereka. Sedangkan pada kenyataannya, HTTPS hanya melaksanakan enkripsi isu dari kartu mereka antara browser mereka dengan web server yang mendapatkan informasi.

Pada web server, isu kartu mereke secara tipikal tersimpan di database server (kadang-kadang tidak pribadi dikirimkan ke pemroses kartu kredit), dan server database inilah yang paling sering menjadi sasaran penyerangan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan
Sumber http://www.egablog.web.id/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »