Loading...

Disiplin Dalam Penguasaan Diri

Disiplin dalam penguasaan diri Landasan firman Allah untuk tema tersebut diambil dari kitab Amsal 16:20-33. Dalam Amsal 16:32, penulis kitab Amsal dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan penguasaan diri, menulis demikian: “Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota”.

Kata “disiplin” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, diartikan sebagai: “ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dsb)”. Jadi, disiplin dalam penguasaan diri artinya perilaku dan tindakan seseorang untuk taat kepada hukum yang sudah ditetapkan. Misalnya, jangan melanggar lampu kemudian lintas. Ini acap kali dilanggar oleh para pengguna jalan dimana lampu merah seharusnya berhenti namun ada saja pengendara kendaraan brmotor melanggar.

Di usianya yang ke-25, Rayna yaitu seorang perempuan yang mandiri. Ia bekerja di sebuah perusahaan aneh dengan karier yang cukup cemerlang. Meski Rayna mendapatkan honor yang tidak sedikit, ia masih membutuhkan cukup banyak uang untuk biaya pernikahannya yang tinggal beberapa bulan lagi.

Sudah usang ia menanti-nanti untuk dipromosikan, tetapi promosi itu tak kunjung tiba. Suatu hari, Rayna didatangi seorang klien besar yang hendak menyuapnya biar Rayna sanggup membantu bisnis kotornya. Rayna tahu ia sangat membutuhkan uang tersebut, tetapi ia tidak ingin mendukakan Tuhan.


Ia pun menahan diri dan menolak anjuran itu. Siapa sangka, beberapa waktu sesudah menolak sogokan itu, ia dipromosikan dengan honor yang lebih dari yang ia sanggup pikirkan. Ternyata, klien yang hendak menyuapnya itu diutus atasannya untuk menguji kejujuran Rayna dan melihat apakah ia mempunyai abjad yang layak untuk menduduki posisi tinggi.

Hidup di kurun di mana segalanya serba instan, tentu juga menciptakan kita menginginkan segala sesuatu terjadi secara instan. Ditambah lagi, tidak sedikit anjuran yang menjanjikan kesuksesan secara instan. Buktinya, masalah KKN bertebaran di mana-mana, baik dalam skala kecil maupun besar. Namun, saat terkuak, alih-alih memperoleh kesuksesan, justru pada balasannya mereka mendapatkan ganjarannya. 

Percayalah, Allah sangat ingin melihat anak-anak-Nya sukses, baik dalam karier, keluarga, maupun pelayanan. Namun, terlebih dari semuanya itu, Dia ingin kita siap saat Dia menganugerahkan kesuksesan-kesuksesan itu. Allah tidak melihat rupa, maupun kecakapan, atau kepandaian kita. Yang Dia lihat yaitu perilaku hati dan abjad kita. Apakah kita sudah bisa dipercaya dalam kasus besar atau belum.


Apakah kita mempunyai pengendalian diri, sehingga kita sanggup menguasai ego kita dan digunakan menjadi susukan berkat bagi orang-orang di sekitar kita. Dengan demikian, nama Allah pun dimuliakan melalui perilaku dan perbuatan kita. Sehingga orang-orang yang terberkati sanggup melihat kuasa Allah yang dinyatakan melalui hidup kita, dan pada balasannya kebangkitan rohani pun sanggup terjadi.

RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Allah Yesus Kristus, BELAJARLAH MENGUASAI DIRI dalam segala hal, sehingga kita bisa menjadi MASTER yang DIANGKAT DAN DIPAKAI TUHAN dalam kasus besar

APLIKASI
1. Menurut Anda, mengapa penting bagi Anda untuk mempunyai penguasaan diri?
2. Sudahkah Anda mempunyai penguasaan diri? Jika belum, apa yang sanggup Anda lakukan biar sanggup melatih diri Anda untuk lebih sanggup menguasai diri Anda?
3. Bagaimana penguasaan diri sanggup berperan penting dalam mendatangkan revival?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, tolong mampukan kami biar kami bisa menguasai diri kami, sehingga kami tidak jatuh dalam aneka macam pencobaan. Ajarkanlah kami, ya, Bapa, biar kami sanggup senantiasa berpegang teguh pada firman-Mu saja, biar kami bisa Engkau pakai untuk menjadi alat-Mu sehingga boleh mendatangkan revival besar dan nama-Mu saja yang dipermuliakan. Di dalam nama Allah Yesus kami berdoa. Amin.”

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »