Loading...

Kelemahlembutan Yang Mendatangkan Kebangunan Rohani

Kelemahlembutan yang mendatangkan kebangunan rohani Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada orang Katolik yang ada di kota Kolose, yaitu Kolose 3:8-14. Dalam Kolose 3:12, rasul Paulus dalam pimpinan Roh Kudus, terkait dengan kelemah lembutan yang mendatangkan kebangunan rohani, menulis demikian: “Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Tuhan yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran”.

Kutipan firman Tuhan di atas, merupakan suatu hal yang memberi motivasi kepada kita untuk menumbuh-kembangkan kualitas huruf kita sebagai pengikut Kristus. Rasul Paulus menegaskan perihal status kita secara rohani, yaitu bahwa Tuhan telah menentukan kita – “orang-orang pilihan kita” – kemudian Tuhan menguduskan kita – “yang dikuduskan” – juga mengalami kasih Tuhan – “yang dikasihi-Nya”.

Secara teologis, pernyataan rasul Paulus tersebut merupakan jaminan yang niscaya bagi kita di dalam Kristus. Oleh alasannya yakni itu, kita dimotivasi supaya kehidupan kita menawarkan suatu kehidupan yang berkualitas sebagai warga kerajaan sorga selama hidup sebagai warga negara di dunia ini.

Saat membawa bangsa Israel keluar dari Mesir menuju Kanaan, Musa sering dipersalahkan oleh bangsa itu. Namun, Musa menghadapi mereka dengan lemah lembut. Musa tetap sabar menghadapi bangsa Israel yang terus bersungut-sungut itu.

Saat diperhadapkan dengan perilaku Miryam saudaranya yang hendak menjatuhkanya, Musa pun menawarkan kelemahlembutannya dengan memohon kepada Tuhan kesembuhan atas Miryam yang kena kusta tanggapan berdosa terhadap Musa. Meskipun Bibel menyebutkan bahwa Musa yakni orang yang lemah lembut (Bil. 12:3), tetapi Musa bukanlah orang yang lemah gemulai.


Saat bangsa Israel menciptakan patung anak lembu emas dan menyembahnya, Musa yang lemah lembut pun marah, sampai-sampai Ia melemparkan dua loh kerikil yang berisi sepuluh perintah Allah.

Lemah lembut tidak sama dengan lemah gemulai. Ada banyak orang yang mempunyai perilaku lemah gemulai, tetapi hatinya keras. Sebagai seorang wanita, Miryam niscaya lemah gemulai. Namun, Miryam tidak mempunyai perilaku lemah lembut. Buktinya, ia mau menjatuhkan Musa, saudaranya sendiri.

Apabila dikala menuntun bangsa Israel Musa tidak mempunyai roh kelemahlembutan, niscaya ia sudah membiarkan bangsa Israel kembali ke Mesir dan bangsa Israel tidak akan pernah mengalami revival, yakni menikmati Tanah Perjanjian yang berlimpah dengan susu dan madunya.

Bagaimana dengan perilaku hati kita, sudahkah kita mempunyai Roh kelemahlembutan dalam hidup kita? Saat kita menghadapi situasi atau orang-orang di sekeliling kita yang menjengkelkan, apakah kita menjadi murka atau tetap sabar? Saat kita menghadapi jemaat lain atau anggota komsel yang mempunyai perilaku kurang menyenangkan, apakah kita tetap sanggup melayaninya dengan penuh kelemahlembutan, penuh kesabaran, dan penuh kerendahan hati?

Musa sudah menunjukan bahwa kelemahlembutan sanggup membawa revival bagi bangsa Israel. Saatnya kita berjuang untuk menghasilkan Roh kelemahlembutan, semoga revival terjadi dalam dan melalui kehidupan kita.

RENUNGAN

Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, LEMAH LEMBUT bukanlah SIKAP TUBUH yang lemah gemulai, tetapi berbicara perihal SIKAP HATI

APLIKASI
1. Bagaimana perilaku hati Anda dikala menghadapi situasi atau orang-orang yang tidak menyenangkan?

2. Sudahkah Anda mempunyai buah roh kelemahlembutan? Mengapa?
3. Apa yang sanggup Anda lakukan sehingga menghasilkan roh kelemahlembutan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, penuhilah hati kami dengan Roh Kudus-Mu, sehingga kami menghasilkan buah Roh kelemahlembutan dan biarlah dengan kelemahlembutan itu kami sanggup membawa kebangunan rohani di dalam kehidupan kami dan di mana pun kami berada. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »