Loading...

Menjadikan Yesus Sebagai Juruselamat Dalam Keluarga

Menjadikan Yesus sebagai Juruselamat dalam keluarga Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Kisah Para Rasul 16:24-34. Dalam Kisah Para Rasul 16:31, dokter Lukas dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan mengakibatkan Yesus sebagai Juruselamat dalam keluarga, menulis demikian: “Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu”.

Kata “keluarga” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai: “ibu dan bapa beserta anak-anaknya; seisi rumah; orang seisi rumah yang menjadi tanggungan; sanak saudara; kaum kerabat; satuan kekerabatan yang sangat fundamental dl masyarakat”. Jadi, keluarga ialah kumpulan atau komunitas yang mempunyai ikatan atau korelasi sedarah yang hidup dalam suatu lingkungan masyarakat.

Secara teologis, kelompok atau komunitas terkecil yang terdiri dari bapak, ibu, belum dewasa dan kaum kerabat menjadi target evakuasi Allah. Keluarga membutuhkan Yesus sebagai Juruselamatnya dari marah Tuhan yang akan datang. Tanpa Kristus, mereka niscaya binasa.

Setiap orang percaya niscaya menginginkan seluruh anggota keluarganya diselamatkan dan hidup dalam pimpinan Tuhan. Bila seluruh anggota keluarga kita sudah menjadi Kristen, maka hal tersebut tidak menjadi masalah, kita tinggal berdoa bersama untuk mendapatkan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat atas keluarga kita. Namun, bagaimana bila ada yang belum percaya Yesus? Bahkan, bagaimana kalau hanya kita sendirian yang mendapatkan Yesus? Apa yang harus kita lakukan?

Tidak masalah, hal ini juga dialami kepala penjara di kota Filipi, Makedonia. Saat itu, Paulus dan Silas sedang memberitakan Injil di sana. Kemudian mereka ditangkap dan dimasukkan ke penjara. Dalam penawanan, sang kepala penjara melihat sendiri bagaimana Tuhan membebaskan Paulus dan Silas.


Perhatikan apa yang sewaktu itu dikatakan kepala penjara tersebut. Ia bertanya bagaimana supaya ia sanggup selamat (ay.30). Dengan kata lain, ia bertanya wacana dirinya seorang. Namun Paulus memberitahukan bahwa bila ia percaya kepada Tuhan Yesus, bukan hanya ia sendiri yang selamat, tetapi juga seluruh keluarganya. Bibel pun mencatat pertobatan luar biasa yang terjadi atas seisi rumahnya. Inilah kesepakatan Tuhan yang menjamin kita.

Oleh sebab itu, sudah menjadi kiprah kita untuk berdoa supaya melalui kita, Tuhan menjamah keluarga kita. Mulailah bersyafaat dan bersaksilah wacana Yesus, sehingga mereka pun sanggup mengenal dan mendapatkan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Meski sekarang tampak mustahil, tetap perjuangkan mereka di hadapan Tuhan.

Berapa pun lamanya waktu yang dibutuhkan, sesulit apa pun keadaannya, janganlah menyerah. Sebab Tuhan kita bukanlah Tuhan yang ingkar janji. Dia akan mengerjakan apa yang telah dijanjikan-Nya. Maka harinya pun akan tiba, ketika seluruh anggota keluarga kita mendapatkan Yesus, dan bersama mereka, kita sanggup membangun mezbah keluarga. Kita sanggup berdoa, menyembah dan menggali firman Tuhan bersama. Saat kita bersekutu bersama dalam nama Tuhan, maka hadirat-Nya konkret di tengah-tengah keluarga kita.

RENUNGAN

Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, kita sanggup mulai MENJADIKAN YESUS sebagai Tuhan dalam keluarga dengan MENERIMA-NYA SEBAGAI TUHAN DAN JURUSELAMAT BAGI KELUARGA kita

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah mendapatkan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat? Bagaimana dengan keluarga Anda?
2. Bila ada anggota keluarga Anda yang belum mendapatkan Yesus, apa yang sanggup Anda lakukan supaya mereka diselamatkan?
3. Sudahkan Anda mengakibatkan Yesus sebagai Tuhan dalam keluarga Anda? Bagaimana Anda sanggup melakukannya?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih atas keselamatan yang Engkau anugerahkan kepada kami melalui Tuhan Yesus. Mulai ketika ini kami nyatakan, kami mau mengakibatkan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dalam keluarga kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »