Loading...

Meraih Pertumbuhan Melalui Penguasaan Diri

Meraih pertumbuhan melalui penguasaan diri Landasan firman Allah untuk tema tersebut diambil dari kitab Amsal 25:1-28. Dalam Amsal 25:28, penulis kitab Amsal dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan penguasaan diri, menulis demikian: “Orang yang tak sanggup mengendalikan diri ialah menyerupai kota yang roboh temboknya”.

Penguasaan diri atau self control merupakan salah satu buah Roh yang harus ada di dalam kehidupan setiap orang percaya. Rasul Paulus menulis: “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, hening sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada aturan yang menentang hal-hal itu” – Galatia 5:22-23.

Mengapa kita harus bertumbuh dalam penguasaan diri? Karena saman now ada banyak factor yang menciptakan kita tidak sanggup mengontrol diri kita. Misalnya, soal makanan yang menjamur di mana-mana. Semua makanan itu tidaklah salah, namun kitalah yang tidak menguasai selera makan kita sehingga berdampak kepada kesehatan kita.

Selanjutnya, di zaman now gaya hidup hedonis menjadi tren yang menggerogoti kehidupan banyak orang termasuk pengikut Kristus. Hidup para pengikut Kristus semakin diarahkan untuk berpusat kepada dirinya sendiri. Tidak lagi peduli dengan keadaan hidup orang lain.

Ketidakmampuan Kain menguasai dirinya, membuatnya tega membunuh adiknya sendiri, Habel. Padahal, Allah sudah menegurnya semoga tidak panas hati. Akibatnya, Allah mengutuk Kain sehingga ia terbuang jauh dari tanah kelahirannya. Ia menjadi seorang pelarian dan pengembara. Tanah yang diusahakannya pun tidak lagi menunjukkan hasil terbaik untuknya. Ketidakmampuan Saul menguasai dirinya, juga membuatnya berniat membunuh Daud.

Akibatnya, Roh Allah undur dari Saul dan hidupnya berakhir dengan tragis. Ketidakmampuan Haman menguasai dirinya, membuatnya berikhtiar memusnahkan bangsa Yahudi yang berada di seluruh kerajaan Ahasyweros dengan cara menghasut raja. Namun, Allah menggagalkan niat jahat Haman dan hidupnya berakhir di tiang gantungan buatannya sendiri. 

Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga sering bertemu dengan orang-orang yang tidak bisa menguasai dirinya, atau mungkin kita salah satunya. Ketidakmampuan menguasai diri dalam keluarga bisa mengakibatkan pertengkaran, perceraian, dan kehancuran. Ketidakmampuan menguasai diri dalam perjuangan atau pekerjaan bisa mengakibatkan kita kehilangan berkat yang sudah Allah sediakan bagi kita.


Baca juga:

Ketidakmampuan menguasai diri mengakibatkan bawah umur muda terjerumus dalam pergaulan bebas dan narkoba. Ketidakmampuan menguasai diri dalam pelayanan bisa mengakibatkan kita kehilangan keluarga rohani bahkan kehilangan jemaat. 

Menjadi orang yang mempunyai kemampuan menguasai diri memang sulit, tetapi bukan berarti tidak bisa diusahakan. Bukankah Allah menginginkan semoga kita berbuah? Salah satu buah yang Allah mau dari hidup kita ialah penguasaan diri. Bila kita rindu mempunyai kemampuan menguasai diri, mintalah semoga Roh Kudus memampukan kita.


Sebab, tanpa campur tangan Roh Kudus, kita tidak akan sanggup. Setialah bersekutu dengan Allah melalui dikala teduh, semoga kita terus dituntun melalui firman-Nya. Bersyukurlah dalam segala keadaan, maka kita tidak akan dikuasai oleh kedagingan. Saat kita sudah mulai menguasai diri, maka kita akan mengalami pemulihan demi pemulihan, serta revival demi revival. 

RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Allah Yesus Kristus, Allah mau kita BELAJAR dan BERTUMBUH dalam PENGUASAAN DIRI, alasannya KETIDAKMAMPUAN MENGUASAI DIRI sanggup MERUSAK DIRI SENDIRI.

APLIKASI
1. Apa yang akan terjadi apabila kita tidak mempunyai penguasaan diri?
2. Hal apa saja yang membutuhkan penguasaan diri dalam hidup Anda?
3. Bagaimana caranya semoga Anda bisa menguasai diri dalam keadaan-keadaan tersebut?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, penuhilah kami dengan Roh Kudus-Mu, sehingga kami mempunyai roh penguasaan diri yang akan membawa kami kepada revival demi revival dalam hidup kami. Di dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.”

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »