Loading...

Resep Cara Buat Lemeah Khas Rejang Curup

Resep cara buat lemeah khas Rejang Curup Resep Lemeah Khas Rejang Sederhana Spesial Asli Enak. Lemag/lema/Lemah/Lemeah yakni kuliner anyir gurih khas Rejang, Curup, Bengkulu yang terbuat dari bambu muda, yakni bambu yang gres saja muncul dari tanah dan masih menguncup kurang dari semeter.

Rebung yang gres diambil di kebun dikupas untuk membuang bab yang keras. Harus hati-hati, alasannya banyak terdapat miang alias bulu-bulu halus dan gatal di permukaannya. Selanjutnya rebung ini dicuci bersih, kemudian dipotong beberapa bagian. Potongan ini diiris tipis-tipis (seperti rolade), kemudian dicincang.

Bentuknya nanti menjadi serpihan atau potongan kotak-kotak kecil. Katakanlah menyerupai daging cincang, namun lebih kasar. Tahap selanjutnya, rebung tadi dimasukkan di dalam bejana dan masukkan air. Terakhir, campurkan rebung cincang ini dengan potongan ikan mentah yang sudah dibersihkan.

Biasanya ikan air tawar yang tak abnormal di sana, contohnya ikan mujair, ikan putih, ikan mas, atau ikan gabus. Tidak perlu banyak, cukup beberapa potong. Sekarang tutuplah bejana dengan rapat. Selesai! Tunggulah dua hingga tiga hari hingga lemeah berubah anyir menjadi asam alasannya fermentasi. Lemeah pun sudah jadi dan siap diolah sebagai materi masakan khas masyarakat Rejang. Lemah ini ternyata menjadi kesukaan orang jepang lho.


Menurut situs Wikipedia Lema yakni sebuah nama kuliner khas Rejang. Komposisinya terdiri dari rebung yang dicincang-cincang dan dicampur ikan air tawar menyerupai ikan mujair, sepat, maupun ikan-ikan kecil yang hidup di air tawar. Setelah cincangan rebung yang dicampur dengan ikan tersebut diaduk-aduk, maka adonan tersebut disimpan ke dalam wadah yang dilapisi dengan daun pisang dan ditutup rapat-rapat. Proses fermentasi ini membutuhkan waktu minimal selama tiga hari. Setelah itu, gres adonan lema tadi dimasak dan dimakan dengan nasi.

Lemeah wajib dimasak menjadi bermacam-macam masakan dengan bumbu dasar sambal. Aneka kreasi dan variasinya sanggup bermacam-macam. Paling sederhana dibentuk sambal lemeah. Caranya, tumis bawang merah dan putih halus beserta sambal. Begitu harum masukkan lemeah dan sedikit air. Beri garam dan gula pasir secukupnya. Rasanya? Jangan tanya. Campuran asam, pedas, dan segar menggugah selera. Selain itu lemeah akan lebih gurih dicampur udang atau ikan. Kali ini aku akan menawarkan resep andalan keluarga Rejang, resep lemeah kan dawen tales artinya yakni resep lemeah ikan daun talas.

·  Lemag/Lemah/Lemeah yakni kuliner khas dari Rejang, Lebong Selatan, Provinsi Bengkulu.
· Lemea terbuat dari rebung. Proses pembuatan lemea sedikit unik dan juga menghasilkan rasa yang unik.
· Membuat lemea akan memakan waktu sekitar 6 hari. Lemea tidak dimakan eksklusif tetapi harus dimasak dengan rempah-rempah dan mendukung sangat spesifik disajikan dengan ikan goreng, sayuran mentah dan "sambal".
· Lemea bambu tumbuh yakni hasil dari proses fermentasi asam. Terbuat dari rebung yang dipotong kotak-kotak kecil. Setelah dicuci, bambu direndam di dalam air. Dan kemudian dicampur dengan ikan sungai yang tidak sebentar direbus hingga matang. Biasanya, ikan yang dipakai yakni ikan "Semah" di kita bahasa-Rejang Lebong.

Semah ikan air tawar ikan atau Sungai Setelah dicampur dengan ikan, adonan rendam minimal 2 malam. Lebih renta akan lebih cocok. Setelah fermentasi selesai lemah siap dimasak. Berikut kumpulan aneka resepi lema khas Rejang Lebong Curup menu sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan rumah makan ala Rejang.

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »