Loading...

22.496 Anak Sukatani Target Imunisasi

Antisipasi Penyakit Difteri

SUKATANI,RAKA- Meski status Kabupaten Purwakarta masuk dalam kategori insiden luar biasa (KLB) difiteri, namun UPTD Puskesmas, Kecamatan Sukatani memastikan kalau daerahnya masih kondusif terhadap penyakit menular tersebut.
"Alhamdulilah hingga ketika ini kita pastikan belum ada warga sukatani yang terserang difteri,'' kata dokter Annisa, petugas Pusksemas Sukatani.
Meski begitu, ia menyampaikan tetap akan melaksanakan pengamanan ekstra untuk mencegah virus tersebut masuk ke wilayah setempat. Hal ini dilakukan menyusul letak wilayah Sukatani merupakan tempat bersebelahan dengan Jatiluhur, di mana awal mula penyakit itu berasal dari Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur. Anissa pun merinci, ciri-ciri pasien terkena difteri diantaranya mengalami demam tinggi, batuk, pilek, sakit tenggorokan alasannya yakni ada lapisan pada amandel, maka dianjurkan untuk segera melaksanakan pemeriksaan. "Jika ada warga yang mengeluhkan ibarat itu, kita pemeriksaannya benar-benar intensif di poliumum, UGD alasannya yakni takut terindikasi virus difteri," tuturnya.
Puskesmas Sukatani sendiri, lanjutnya, terus melaksanakan peyuluhan ancaman penyakit tersebut kepada masyarakat. Tak hanya itu, dalam waktu bersahabat juga akan menggelar Outbreak Response Imunization (ORI) atau lebih dikenal imunisasi masal 18 Desember mendatang, dengan target utama seluruh anak yang ada  usia 1 hingga dengan 19 tahun dengan jumlah total 22496 anak. "Pertama ORI akan kita gelar pada hari Senin 12 hingga selesai Desember di setiap posyandu yang ada di Kecamatan Sukatani," kata Apep, Kepala Bagian Tata Usaha Puskesmas Sukatani.
Dalam prakteknya, Puskesmas Sukatani bakal menyiapkan tenda-tenda pelayanan bagi masyarakat terutama anak di usia pelajar yang ingin di imunisasi ketika libur sekolah.  "Nanti kita siapkan posko di puskesmas bagi siswa yang mau diimunisasi ketika masa libur sekolah mereka," jelasnya.
Apep menambahkan, guna kelacancaran ORI yang akan di gelar beberapa hari kedepan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa jenis vaksin. "Kami sudah menyiapkan vaksin DT HB HB 1936 , DT 966 dan Td 5548 untuk 3 bulan kedepan," pungkasnya. (gan)
Sumber http://www.radar-karawang.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »