Loading...

'Bermain' Bitcoin Penuh Dengan Resiko, Pemula Wajib Tahu Sebelum Memulai

Hi bro, Harga bitcoin yang melunjak benar benar menciptakan semua orang semakin tertarik untuk berburu mata uang sakti ini, tidak hanya bitcoin, cryptocurrency lainnya menyerupai doge, ethereum, litecoin atau ripple juga menjadi sasaran untuk diburu. Akan tetapi ada yang kesannya mengeluh ke admin kalau mereka justru mendapat kerugian dari aktifitas yang bekerjasama dengan cryptocurrency menyerupai trading, cloud mining, faucet dan ICO.


Image : Historynet

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas beberapa kerugian yang sanggup muncul dari aktifitas yang bekerjasama dengan mata uang digital. Kerugian sanggup berupa bahan ataupun waktu. Makara buat anda yang gres terjun di dunia cryptocurrency wajib mengetahui dari awal kerugian apa saja yang mungkin terjadi dari aktifitas ini.

1. TRADING

Trading mata uang digital yakni aktifitas perdagangan atau jual-beli mata uang digital yang dikala ini semakin diminati alasannya hasilnya yang menggiurkan, semakin besar modal yang dikeluarkan, semakin besar pula pendapatan yang didapatkan apabila profit. Namun ada resiko yang harus di ketahui oleh orang-orang yang gres akan mencoba trading bitcoin, beberapa diantaranya :

1. Nilai aset turun

Harga mata uang digital (cryptocurrency) benar-benar fluktuatif, susah ditebak, sanggup naik dengan drastis atau turun dengan drastis, sanggup jadi bro hari ini membeli bitcoin dengan harga 250 juta rupiah, keesokan harinya nilai aset menjadi 150 juta rupiah saja, kalau kita pribadi menjual aset tersebut maka akan mengalami kerugian, maka yang sanggup kita lakukan yakni melaksanakan "hold" / menahan aset hingga harga naik kembali.

Namun, bagaimana kalau nilai aset yang 'anjlok' susah untuk naik kembali ke harga yang diinginkan?. Sebagai trader kita harus memilih berapa jangka waktu kita untuk menahan coin yang sudah anjlok tadi, kalau dalam waktu yang kita tentukan coin tidak kunjung naik, maka terpaksa Cut Loss (CL) menjadi pilihan dan kita mendapat kerugian bahan :(

Baca : Kenali apa itu profit, nyangkut dan Cut Loss dalam trading bitcoin

2. Aset Naik dalam waktu yang lama

Tidak semua mata uang digital se "sakti" bitcoin, ada beberapa mata uang digital yang sangat lambat dalam bergerak, kalau bro terlanjur membeli coin yang susah naik, harus bersabar atau tukar saja ke coin yang lebih cepat pergerakannya untuk naik. Jangan hingga menunggu bertahun - tahun hanya untuk satu cinta, eh satu coin :D

3. Market Bangkrut / Tutup /berhenti beroperasi

Market sanggup tutup atau bangkrut? tentu saja bisa, alasannya semua perusahaan termasuk perusahaan market jual-beli mata uang digital sanggup tutup. sebagai contoh, dilansir dari Finance detik, dua pasar jual beli bitcoin di China tutup, yaitu ViaBTC dan BTCC. BTCC yang merupakan pasar Bitcoin terbesar kedua di Negeri Tirai Bambu dan ketiga di dunia, menyatakan tidak akan lagi melayani transaksi cryptocurrency melalui pengumuman resmi akun twitternya.

Jika ada pertanyaan mengapa pasar bitcoin sanggup tutup, tentu saja jawabannya ada pada REGULASI PEMERINTAH, pemerintah banyak sekali negara termasuk Indonesia juga gencar dalam berusaha 'mengharamkan' penggunaan bitcoin dan cryptocurrency untuk transaksi, alasan pemerintah banyak sekali negara juga sama, demi keamanan alasannya bitcoin sanggup dipakai sebagai alat pembayaran hal-hal yang berbau kriminal menyerupai jual beli narkoba dan pembiayaan teroris.

2. CLOUD MINING

Cloud mining yakni jasa menambangkan mata uang digital yang ditawarkan oleh suatu perusahaan / website tertentu, jadi yang kita lakukan hanyalah mendaftar, membeli hashrate / hashpower, dan melaksanakan pengecekan hasil menambang setiap hari, Cloud mining semakin diminati alasannya harga alat miner yang semakin mahal.

Resiko yang biasa terjadi dalam dunia cloud mining yakni penipuan / Scam, banyak website cloud mining abal-abal yang memakai skema ponzi untuk memperoleh keuntungan, mereka pada awalnya membayar kita, namun beberapa waktu kemudian mereka sudah tidak membayar dan biasanya situs ditutup sesudah mendapat laba yang besar dari member membernya.

Cloud mining yang admin rekomendasikan yakni hashflare.io, minergate, Genesis-Mining dan Eobot yang sudah berumur lebih dari 2 tahun dan selalu membayar member - membernya hingga sekarang.

Baca : Cara Menambang bitcoin dengan Cloud mining hashflare, genesis dan Minergate

3. ICO (Initial Coin Offering)

ICO (Initial Coin Offering) dalam dunia cryptocurrency yakni Penawaran koin awal yang dilakukan oleh sang pengembang sebelum crypto yang dikembangkan benar benar masuk ke pasaran / market. Penawaran koin ini bertujuan untuk penggalangan dana yang dipakai membuatkan proyek crypto tersebut. 

Para investor yang berminat pada salah satu proyek ICO sanggup membeli coin / token untuk mendukung proyek tersebut dengan keinginan harga coin ICO yang dibeli akan terus naik dan mempunyai harga manis sesudah masuk ke pasaran.

Resiko terbesar bermain di ICO yakni kalau proyek tersebut ternyata tidak masuk di market manapun sesudah masa ICO selesai, sehingga keinginan para investorpun 'pupus' untuk memperoleh laba dari agenda ini, bahkan ada ICO yang scam pada dikala berlangsungnya masa ICO

4. FAUCET

Faucet yakni website atau aplikasi yang memperlihatkan bitcoin / crypto secara gratis dengan jangka waktu tertentu untuk claim. coin yang didapatkan dari faucet memang berupa recehan, akan tetapi kalau dikumpulkan tentu saja suatu hari sanggup ditukar ke rupiah, namun dengan waktu yang tidak singkat tentunya. Pendapatan dari pemilik faucet biasanya dari iklan dan juga dari biaya transfer (cuma faucet tertentu).

Meskipun kita tidak perlu melaksanakan deposit untuk mendapat bitcoin dari faucet, akan tetapi sering terjadi faucet tersebut tidak membayar kita meskipun kita rajin melaksanakan claim dan memperlihatkan mereka laba dari iklan, faucet menyerupai ini memang dari awal tujuan mereka yakni mendapat uang dari iklan (baik CPC maupun CPM). Jika kita rajin melaksanakan claim dari faucet yang Scam, otomatis kita sudah rugi waktu dan rugi kuota internet. Untuk beberapa faucet yang rekomendasi, silakan baca artike admin sebelumnya.

Baca : Cara mendapat Bitcoin gratis dari faucet

5. ALAT MINING

Kalau acara ini admin sendiri belum mencoba alasannya keterbatasan modal, hehe. Dengan harganya yang mahal hinggal ratusan juta rupiah (baik Antminer ataupun membangun CPU dan GPU), melaksanakan penambangan coin ini juga mempunyai resiko, diantaranya yakni Kerusakan hardware dan tingkat kesulitan menambang yang selalu meningkat. Dengan pendapatan per bulan 5 juta rupiah, untuk bulan - bulan berikutnya sanggup jadi pendapatan kita semakin menurun alasannya tingkat kesulitan menambang, selain itu biaya listrik yang mahal juga menjadi kendala. Bagi bro yang sudah terjun di dunia Mining dengan Antminer atau GPU, silakan comment di bawah ya buat sharing apa saja resikonya. :)

Itulah beberapa resiko yang sanggup timbul dari acara 'bermain' bitcoin, kenali resiko dahulu sebelum memulai, jangan hingga protes ke sana ke mari alasannya mengalami kerugian, hehe. Sekian dulu bro coretan sederhana mengenai resiko bermain bitcoin, terima kasih sudah berkunjung, supaya bermanfaat dan supaya rezeki kita semua lancar. Amin.

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »