Loading...

Dua Gempa Guncang Pantai Selatan Pulau Jawa, Guncangan Terasa Sampai Jakarta Dan Bandung

Warga di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa mencicipi dua guncangan gempa, Jumat (15/12/2017) tengah malam. Gempa kedua terasa kencang dan berpotensi menyebabkan tsunami.

Akun Twitter Humas BMKG menyebutkan, ada dua gempa yang terjadi malam ini. Gempa pertama terjadi pada pukul 23.04 WIB.

Gempa kedua terjadi pada pukul 23.47 WIB dan berpotensi menyebabkan tsunami. 

 Warga di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa mencicipi dua guncangan gempa Dua Gempa Guncang Pantai Selatan Pulau Jawa, Guncangan Terasa Hingga Jakarta dan Bandung

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa bermagnitudo 6,9 (sebelumnya ditulis 7,3, red) di lokasi 7,75 derajat Lintang Selatan dan 108,11 derajat Bujur Timur di kedalaman 107 km.

Gempa yang mengguncang daerah Sukabumi dan sekitarnya berkekuatan 4,5 Skala Richter (SR).

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto menjelaskan, gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Sukabumi. 

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi terjadi pada pukul 23:04:39 WIB dengan kekuatan 4,5 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 7.29 LS dan 106.69 BT, tepatnya pada jarak 48 Km Barat Daya Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 50 km.

"Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menyampaikan bahwa efek gempa bumi berupa guncangan dirasakan di Wilayah Sukabumi dan sekitarnya. Berdasarkan laporan masyarakat gempabumi dirasakan di daerah Jampang dan Surade I SIG-BMKG (I-II MMI). Namun demikian hingga ketika ini belum ada laporan adanya kerusakan," kata Siswanto dikutip merdeka.com.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akhir kegiatan subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang menjadikan deformasi batuan.

"Hasil monitoring BMKG hingga ini menyampaikan belum terjadi gempa bumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat di daerah wilayah Sukabumi Jawa Barat dan sekitarnya diimbau semoga tetap tenang," katanya. 

Gempa kedua sekitar pukul 23.50 WIB dirasakan warga Jakarta, terutama yang berada di bangunan tinggi. Sejumlah warga di mencicipi gempa sekitar 1 hingga 2 menit.

"Gempa kencang banget hingga goyang," ujar warga Jakarta Pusat, Paramita, kepada detikcom.

Paramita yang tinggal di apartemen di Jakarta Pusat, mengatakan, banyak warga apartemennya keluar dari pintu alasannya mencicipi guncangan yang cukup keras.

Getaran gempa juga dirasakan warga Bandung. Sejumlah warga di sebuah perumahan di Bandung Timur keluar rumah untuk berjaga-jaga.

Twitter Humas  BMKG menyebutkan ada peringatan dini tsunami di Jabar, Yogyakarta, dan jawa Tengah.







Sumber http://www.bandungaktual.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »