Loading...

Imbas Gagal Panen Harga Beras Naik

KARAWANG, RAKA - Harga beras di Pasar Beras Johar Karawang mengalami kenaikan. Hal itu diakibatkan minimnya pasokan beras petani akhir gagal panen.
Seperti disampaikan Ating (45) Minggu (17/12) pedagang beras toko beras Ade Zahra di Pasar Johar. Kenaikan harga beras terjadi disemua jenis beras, baik premium maupun kualitas rendah. Untuk kualitas rendah sebelumnya berkisar Rp 8.400/kg - Rp 9.000/kg naik menjadi Rp 9.400/kg - Rp 10.000/kg. Sementara untuk beras premium sebelumnya di kisaran Rp 10.000/kg naik menjadi Rp 10.400/kg.
Sedangkan kenaikan drastis terjadi pada harga beras ketan kualitas premium yang sebelumnya berkisar Rp 16.000/kg naik menjadi Rp 21.000/kg. Kenaikan harga beras terjadi alasannya ialah pasokan dari petani ke penggilingan mulai berkurang. "Produksi gabah menurun akhir maraknya serangan hama wereng, termasuk juga akhir panen yang terburu-buru sehingga kualitas beras menjadi tidak bagus," ungkapnya.
Disampaikan Ating juga jikalau bulog pernah memperlihatkan beras sebagai solusi akan tetapi banyak pedagang beras yang tidak mau ambil resiko. Karena berdasarkan Ating perhitungan dari segi biaya sama saja mahalnya.
 "Dari Bulog memang harganya murah hanya Rp 9400/kg dengan kualitas manis alasannya ialah beras kering tapi alasannya ialah harus diambil sendiri memakai kendaraan perhitungan biaya operasionalnya jadi sama saja," ungkapanya.
Pedagang lainnya Ahmad Yusuf (63) meyampaikan, bukan hal gres baginya jikalau menjelang selesai tahun produksi beras dikota pangkal usaha mengalami kenaikan harga, Hal itu diakibatkan dengan datangnya animo penghujan pada ahir ahir ini, sehingga para petani memanen gabah terlalu terburu-buru dan tidak sedikit beras yang berkalitas dibawah biasanya. "Dulu harganya dapat hingga Rp 10.000/kg kini Rp 12.000 hingga Rp 14.000/kg," ucapnya. (apk)
Sumber http://www.radar-karawang.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »