Loading...

Kecamatan Diminta Muluskan Aktivitas Dinas

Lengkapi Berkas Warga Sebelum ke Disdukcapil

KARAWANG, RAKA - Peran Bagian Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di tingkat kecamatan untuk memuluskan program-program dinas besar peranannya. Termasuk jadwal pembuatan kartu keluarga (KK), akte kelahiran (AK) serta Kartu Tanda Pendudukan (KTP).
Keberadaan bab kependudukan Disdukcapil di kecamatan itu juga dibutuhkan sanggup menjadi ujung tombak terealisasinya jadwal palayanan satu hari simpulan yang selama ini disebut-sebut jadi jadwal pujian dinas itu, mesti belum terlaksana alasannya yaitu masih terkendala keterbatasan pengetahun warga untuk sanggup melengkapi berkas pengajuannya dalam sekali urus.
Kendati demikian peranan kecamatan dikala ini paling tidak sanggup dirasakan pribadi oleh warga di kawasan bersangkutan. Seperti diungkapkan Adam Al-Hadid (20) warga Perumahan Cikampek Berbunga RT 001/007, Desa Pangulah Utara, Kecamatan Kotabaru, beliau diarahkan pihak kecamatan untuk pribadi ke Disdukcapil. Perintah itu diterima sesudah proses pemberkasan di kecamatan dinyalatan lengkap. "Saya lagi menciptakan KTP sementara kesini (Disdukcapil, red) alasannya yaitu disuruh petugas kecamatan tempat saya tinggal," ujar Adam kepada Radar Karawang, Kamis (14/12).
Adam menambahkan tidak ada duduk kasus mengenai proses pemberkasan alasannya yaitu sebelumnya memang sudah diarahkan pihak kecamatan. "Persyarakat yang saya bawa sudah lengkap dan saya tidak perlu balik lagi melengkapi persyarakat yang kurang," ucap Adam kendati diakuinya berkas yang diajukannya sempat tidak lengkap ketika gres hingga tingkat kecamatan sehingga pribadi dilengkapinya. "Persyatannya sudah saya lengkapi makanya saya sanggup pribadi mendapat Surat Keterangan Pengganti KTP hari ini juga," ujar Adam.
Adam juga menuturkan sempat kerepotan dikala melaksanakan proses kelengkapan data. Namun keadaan itu tidak berkepanjangan alasannya yaitu mendapat kode dari kecamatan. "Sebelum ke Disdukcapil saya melengkapi data dengan surat pengantar dari Rukun Tetangga dan Kantor Desa. Setelah lengkap dari Desa diarahkan ke kecamatan. Baru sesudah itu diarahkan ke Disdukcapil," ucapnya, dan tiga jam kemudian, terang Adam Suketnyapun kelar. 
Hal senada diungkapkan Rahmat Suhendra (37) warga Kampung Sukaseuri Timur, RT 018/008, Desa Sarimulya, Kecamatan kotabaru. Dia sedang melaksanakan perbaikan nomer Kartu Keluarga (KK) biar sanggup dipakai untuk kepentingan lainnya. "Saya sedang melaksanakan perbaikan KK alasannya yaitu nomer induk yang di KK tidak sesuai dengan Nomer Induk yang ada di KTP, kesudahannya tidak sanggup digunakan," ucapnya Rahmat.
Rahmat juga mengaku sebelum ke Disdukcapil sebelumnya beliau diarahkan pihak kecamatan sesudah berkas permohonan perbaikannya dinyatakan lengkap oleh pihak kecamaatan. "Sebelum kesini saya ke kecamatan dulu dan minta diarahkan tata cara pengurusannya. Setelah mendapat klarifikasi di kecamatan saya gres kesini untuk mengupgrade nomor di KK saya," terang Rahmat.
Rahmat mengaku, untuk perbaikan KK waktunya tidak sebentar tetasp harus menunggu hingga dua mingguan. "Kalau kata petugasnya harus nunggu sekitar dua mingguan. Pokok tanggal 29 Desember sudah sanggup saya ambil," tutur Rahmat.
Sebelumnya diungkapkan untuk pelayanan cepat dan gratis Disdukcapil, dibutuhkan dinas itu sanggup lebih aktif mensosialisasikan pelayanan cepat dan gratis itu kepada masyarakat dengan melibatkan aparatur desa dan kelurahan. Selama ini lamanya pengurusan dokumen kependudukan masih terkendala belum pahamnya pemohon mengenai dokumen-dokumen yang disiapkan sebangai pemanis dokumen yang diurus. Disamping itu para petugas di dinas itupun diminta lebih peka terhadap kebutuhan pemohon.
Sementara itu, terkait layanan sehari simpulan itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Yudi Yudiawan menyampaikan Disdukcatpil dikala ini mempunyai layanan satu hari selesai. Untuk itu, kata Yudi, masyarakat sanggup memanfaatkan layanan tersebut dengan melengkapi dokumen yang diurusnya terlebih dahulu dan harus diurus sendiri oleh yang bersangkutan. (acu)
Sumber http://www.radar-karawang.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »