Loading...

Keteguhan Hati Yang Mendatangkan Berkat

Keteguhan hati yang mendatangkan berkat Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Alkitab Lukas 1:5-25, 57-80. Dalam Lukas 1:13, dokter Lukas dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan keteguhan hati yang mendatangkan berkat, menulis demikian: “Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: "Jangan takut, hai Zakharia, alasannya doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak pria bagimu dan haruslah engkau menamai beliau Yohanes”.

Kata “hati” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai: “sesuatu yang ada di dalam badan insan yang dianggap sebagai daerah segala perasaan batin dan daerah menyimpan pengertian (prasaan dsb)”. Sedangkan kata “berkat” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai: “karunia Tuhan yang membawa kebaikan dalam hidup manusia”.

Jadi, keteguhan hati yang mendatangkan berkat artinya segala sesuatu yang ada dalam diri insan (pikiran, perasaan dan kehendak) yang sesuai dengan kehendak Tuhan yang olehnya insan mendapatkan karunia dari Tuhan yang membawa kebaikan, laba dan keselamatan dalam hidup manusia.

Halangan terbesar bagi anak Tuhan bukanlah beratnya tantangan hidup, tetapi ketakutan. Ketakutan sanggup menutup mata dan indera pendengaran rohani kita untuk memahami rencana-Nya. Itulah yang terjadi ketika malaikat Tuhan menampakkan diri di hadapan Zakharia dikala ia melaksanakan kiprah keimaman.



Baca juga:

Melihat ketakutannya, malaikat Tuhan pun berkata, "Jangan takut!" Kalau Zakharia takut, mungkin saja ia melarikan diri dan tidak mendengarkan pesan Tuhan. Namun, bahkan sesudah diberitahu bahwa ia dan istrinya akan mendapatkan anak yang telah mereka nanti-nantikan sekian lama, Zakharia bukannya bersukacita. Ia justru menyatakan keraguan lantaran kondisinya yang sudah lanjut usia.

Seberapa banyak dari kita yang kerap bereaksi menyerupai Zakharia? Ketika pimpinan rohani kita berkata, "Anda akan jadi berkat hingga ke bangsa-bangsa. Anda akan digunakan Tuhan dengan kuasa dan mujizat," kita malah cenderung skeptis. Kita merasa belum layak atau kurang mampu. Kita juga menjadi takut dengan semua risiko dan harga yang harus kita bayar.

Namun, puji syukur kepada Tuhan Bapa kita. Dia ialah Tuhan yang menunjukkan kesempatan bagi kita untuk berguru percaya. Ketika Zakharia dibentuk menjadi bisu, ia seolah mendapatkan eksekusi dari Allah. Namun, dalam kebisuannyalah, kepercayaan Zakharia bertumbuh. Sehingga Roh Kudus memenuhinya dan ia pun menubuatkan planning keselamatan Tuhan melalui anaknya yang akan mempersiapkan jalan bagi kedatangan Sang Mesias. 

Ketahuilah, tidak ada promosi tanpa tantangan. Semakin tinggi Tuhan ingin mengangkat kita, semakin besar pula rintangan yang menghadang jalan kita. Hanya dengan kepercayaan yang teguh di dalam Tuhan, kita sanggup mengalahkan ketakutan. Ya, jangan hingga kita gagal mengalami promosi yang Tuhan sediakan lantaran hidup dalam ketakutan. Kuatkan dan teguhkanlah hati kita, maka Tuhan akan membawa kita maju dan melaksanakan perkara-perkara asing bersama-Nya.


Bukan tidak mungkin, kita juga akan digunakan Tuhan untuk menolong banyak orang-orang yang terbelenggu oleh ketakutan. Sehingga semakin banyak jiwa mengenal kasih Kristus dan nama Tuhan semakin dipermuliakan.

RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, KUATKAN dan TEGUHKAN hati kita, jangan biarkan KETAKUTAN MERAMPAS PROMOSI yang sudah Tuhan sediakan

APLIKASI
1. Apa yang menciptakan Anda mencicipi ketakutan hari-hari ini? 
2. Apa yang akan diberikan Tuhan kepada orang-orang yang hidupnya penuh dengan keberanian di dalam Tuhan? 
3. Bagaimana supaya Anda sanggup hidup bebas dari ketakutan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa Yang Baik, Engkaulah satu-satunya sumber keberanian dan kepercayaan bagi kami. Ajar kami dan terus bentuk hati kami, sehingga dipenuhi dengan kepercayaan yang mengalahkan ketakutan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »