Loading...

Mata-Mata Sampah Tidak Berdaya

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Sampah hingga kini masih menjadi kasus di Kecamatan Telukjambe Barat. Padahal pemerintah kecamatan itu sudah menerjunkan mata-matanya untuk memata-matai dan meringkus pelaku agresi pembuang sampah liar. Sayangnya, hingga kini belum satupun pelaku yang tertangkap. Malah sebaliknya intel ini acap kali terkecoh agresi pelaku yang tetap leluasa membuang sampahnya secara liar di Kampung Ciketing, Desa Wanakerta, tanpa diketahui.
Kendati lahan daerah membuang sampah dadakan milik pengairan akan tetapi bukan berarti boleh dijadikan daerah membuang sampah. Ini yang mestinya dipatuhi biar tidak ada yang mengakibatkan lahan kosong sebagai daerah buang sampah. Bahkan kini bukan cuma sampah rumahtangga saja tetapi sampah obat-obatan dengan gunakan botol beling dan yang lain juga dapat dijumpai.
Saat disambangi Radar Karawang Kamis (14/12) di kantornya Camat Telukjambe Barat H. Maman suryaman, mengakui tugas masyarakat juga sangat dibutuhkan. Meski pemerintah Kecamatan Telukjambe Barat dan aparatur desa setempat sudah mengerahkan linmasnya menjadi mata-mata. "Kita membutuhkan kerjasama yang baik, biar warga yang masih pembangkang buang sampah tidak membuang di daerah tersebut. Sehingga tidak menebarkan aroma tidak sedap yang berpotensi menjadi sumber penyakit," terangnya.
Oza (37) warga Kampung Ciketing yang tinggal tidak jauh dari lokasi pembuangan sampah liar mengungkapkan, yang membuang sampah bukan warga sekitar tetapi para pengendara motor yang berhenti di lokasi pembuangan sampah dengan kantong-kantong plastik berwarna hitam. "Sulit untuk menangkap tangan alasannya yakni yang membuang bukan warga sekitar dan membuang sampahnya juga dalam waktu-waktu tertentu saja. Kadang malam dan pagi hari dan memakai motor," ucapnya.
Senada itu Ketua RT 013 Enum (45) memberikan sebelumnya memang ada pengarahan dari Kasi Trantib Kecamatan Telukjambe Barat bila setiap Linmas wajib memantau daerahnya sekaligus menjadi intel untuk menangkap pelaku agresi buang sampah liar. "Kami jalankan itu semua, tapi yang membuang sampahnya masih tetap saja ada, dan masih tetap tidak jera, hingga kini belum kami tangkap tangan. Ini kasus waktu saja, saat kami tangkap kami akan buat laporan dan usulkan sanksinya supaya ada efek jeranya," ucapnya. (yfn)
Sumber http://www.radar-karawang.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »