Loading...

Mengenal Lebih Erat Zakharia Dan Elisabet Part 4

Mengenal lebih akrab Zakharia dan Elisabet Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Alkitab yang ditulis oleh dokter Lukas, yaitu Lukas 1:5-25. Kita berada pada minggu-minggu adven, minggu-minggu dimana kita diingatkan bahwa Tuhan telah melawat umat-Nya melalui kedatangan Putra-Nya yang Tunggal Tuhan Yesus Kristus ke dalam dunia untuk pertama kalinya. Pada sisi yang lain, kita juga dingatkan bahwa Tuhan Yesus yang sudah tiba pada kali pertama, Dia juga akan tiba pada kali yang kedua sebagai Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan.

Pada kesempatan ini, saya ingin mengajak umat Tuhan dan pembaca untuk melihat figur-figur atau tokoh-tokoh yang terlibat pribadi dalam insiden kedatangan Kristus yang pertama. Tokoh-tokoh dimaksud ialah Zakharia dan Elisabeth.

Dan sebaliknya juga ada banyak orang (orang kristen sekalipun) yang justru murung jika memiliki anak yang menjadi seorang pelayan Tuhan / hamba Tuhan yang baik, tetapi tidak menjadi besar di hadapan dunia!

Renungkan: Apakah saudara berharap, berdoa dan berusaha biar diri saudara sendiri / anak saudara menjadi besar di hadapan Tuhan atau menjadi besar di hadapan dunia?

3) Penggambaran perihal Yohanes Pembaptis (ay 15-17): Ia akan besar di hadapan Tuhan (ay 15a). Ia tidak akan minum anggur / minuman keras (ay 15b). Ini menunjukkan ia ialah seorang nazir Tuhan (Bil 6:3). Ia akan penuh Roh Kudus semenjak dari rahim ibunya (ay 15c).  Ini yang menjadikan ia sanggup jadi besar dan berkhasiat di hadapan Tuhan.

Baca juga:


‘Penuh Roh’ sering dikontraskan dengan ‘anggur / minuman keras’ (bdk. Kis 2:15-17 Ef 5:18). Ia akan berjalan mendahului Tuhan ‘dalam roh dan kuasa Elia’ (ay 17a).
Ini tak berarti bahwa ia ialah reinkarnasi Elia (bdk. Yoh 1:21), tetapi berarti bahwa ia menyerupai dengan Elia dalam keberanian dan semangatnya (bdk. 1Raja-raja 18:18 dengan Mat 14:4). Ia menciptakan banyak orang bertobat (ay 16,17b) dan dengan itu ia menjadi orang yang menyiapkan jalan bagi Tuhan Yesus (ay 17a bdk. Luk 3:4).
Ada 2 hal yang penting perihal pertobatan orang banyak sebagai tanggapan pelayanan Yohanes Pembaptis:
‘hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya’ (ay 17). Ini menunjukkan bahwa pertobatan harus disertai pembaharuan / perbaikan hubungan dalam rumah tangga / keluarga! Tentu saja ini hanya sanggup terjadi jika kedua belah pihak yang geger itu sama-sama bertobat. Damainya insan dengan insan bekerjasama erat dengan damainya manusia-manusia itu dengan Allah. Kalau yang bertobat hanya satu, maka justru sanggup terjadi perpecahan (bdk. Mat 10:34-36). 

Calvin berkata bahwa kalimat ‘hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya’ kemudian diikuti dengan ‘hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang benar’ dan ‘umat yang layak bagiNya’, dan ini menunjukkan bahwa itu bukanlah tenang di antara orang-orang yang diluar Tuhan.

Calvin kemudian menambahkan: "Accursed then be the peace and unity by which men agree among themselves apart from God" (= terkutuklah tenang dan kesatuan dengan mana orang-orang menjadi akur di antara mereka sendiri terpisah dari Allah).

‘hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang benar’ (ay 17). NASB: attitude (= sikap). NIV/RSV/KJV: wisdom (= hikmat). Kata Yunani yang digunakan ialah PHRONESEI. Hendriksen menterjemahkan understanding (= pengertian), sedangkan A.T. Robertson menterjemahkan practical intelligence (= pengertian praktis) dan sebuah Kamus Yunani menterjemahkan way of thinking (= cara berpikir). Ini menunjukkan bahwa dalam pertobatan harus ada perubahan pengertian/pikiran! Karena itu mencar ilmu Firman Tuhan ialah sesuatu yang mutlak penting! 

6. Ketidakpercayaan dan hukuman:
a. Ketidakpercayaan Zakharia (ay 18).
Ay 18 menunjukkan bahwa Zakharia tidak percaya bahwa mereka yang sudah begitu bau tanah sanggup memiliki anak, dan ia meminta tanda untuk itu.
b. Hukuman Tuhan terhadap Zakharia (ay 19-20).
1) Mengapa Zakharia dihukum, sedangkan orang-orang lain yang melaksanakan hal yang sama tidak dihukum? Contoh: Maria (ay 34). Abraham (Kej 15:8). Gideon (Hakim-hakim 6:36-39). Hizkia (2Raja-raja 20:8-11).
Jawabnya: Jelas bahwa Tuhan melihat adanya perbedaan perilaku hati antara Zakharia dan Maria, Abraham, Gideon, dan Hizkia. Calvin berkata bahwa ini menyerupai tertawanya Abraham (Kej 17:17) yang berbeda dengan tertawanya Sara (Kej 18:12), dan sebab itu sekalipun kedua-duanya tertawa, Sara ditegur tetapi Abraham tidak.

2) Zakharia dieksekusi sehingga menjadi bisu hingga anaknya lahir (± 9 bulan).
Dipersoalkan apakah Zakharia ini hanya bisu atau bisu tuli. Perlu diketahui bahwa kata KOPHOS yang diterjemahkan bisu di sini, dalam literatur Yunani sanggup berarti bisu, tuli, atau bisu tuli (Catatan: tetapi dalam Mark 9:25 digunakan 2 kata Yunani yang berbeda untuk bisu dan tuli). 

Dari ay 20,22,64 kelihatannya Zakharia hanya bisu, sebab ditekankan bahwa ia tidak sanggup berkata-kata. Tetapi ay 62 menunjukkan bahwa orang-orang berbicara kepadanya dengan isyarat, dan ini menunjukkan bahwa ia bukan hanya bisu tetapi bisu tuli.

Menjadi bisu tuli selama 9 bulan tentu merupakan sesuatu yang berat, dan inilah sanksi Tuhan terhadap ketidak-percayaan terhadap firmanNya! Ini menunjukkan bahwa Tuhan sama sekali tidak memandang ringan dosa ketidak-percayaan terhadap FirmanNya ini.

Penerapan: Apakah ketika ini saudara sedng tidak percaya pada cuilan tertentu dari Firman Tuhan? Mungkin yang menyatakan Yesus sebagai satu-satunya jalan ke nirwana (Yoh 14:6 Kis 4:12 1Yoh 5:11-12)? Atau Firman yang menyatakan bahwa Tuhan mengatur segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi orang yang mengasihiNya (Ro 8:28)? Kalau ya, bertobatlah dan percayalah pada Firman Tuhan. 

7. Penggenapan Firman Tuhan:
Dalam ay 24-25 terlihat bahwa Tuhan menepati Firman/janjiNya. Tuhan memang menghukum/menghajar Zakharia sebab ketidak-percayaannya, tetapi Tuhan tidak membatalkan janji/Firman/RencanaNya perihal kelahiran Yohanes Pembaptis. Ini menjadikan kita makin harus percaya pada Firman/janji Tuhan! Maukah saudara?

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »