Loading...

Meraih Kemuliaan Di Balik Penderitaan

Meraih kemuliaan di balik penderitaan Landasan firman Allah untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat Allah yang ada di kota Korintus, yaitu 2 Korintus 4:7-18. Dalam 2 Korintus 4:17, rasul Paulus dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan meraih kemuliaan di balik penderitaan, menulis demikian: “Sebab penderitaan ringan yang kini ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan abadi yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami”.

Ketika kita mempelajari latar belakang kehidupan rasul Paulus, maka kita menemukan dua fase yang penting dalam sejarah hidupnya. Pertama, Paulus sebelumnya berjulukan Saulus. Seorang yang berkharisma dan menjadi kepingan penting di dalam kumpulan para imam dan andal Taurat. Kegiatannya yaitu mengejar, menyiksa, memenjarakan dan bahkan terlibat dalam membantai pengikut Kristus pada dikala itu.

Kedua, Saulus berubah nama menjadi Paulus. Ia mengalami perjumpaan langsung dengan Allah Yesus Kristus ketika berada di jalan ke Damsyik. Perjumpaan inilah yang telah mengubah kehidupannya secara radikal. Dialah rasul yang paling populer dan mempunyai kemampuan yang luar biasa sehingga separuh dari Perjanjian Baru merupakan buah karyanya.

Promosi tidak selalu berarti hidup akan menjadi lebih mudah. Promosi bukan hanya wacana jabatan yang lebih tinggi, penghargaan lebih besar, atau penghasilan yang lebih menjanjikan. Promosi juga berarti tuntutan, komitmen, dan pengorbanan yang lebih besar. Inilah yang sanggup kita pelajari dari dongeng Maria dan Yusuf.


Bukan hanya sebelum, bahkan sesudah mendapatkan promosi dari orang biasa-biasa saja menjadi orangtua Sang Mesias, mereka masih melewati begitu banyak tantangan. Mereka harus melindungi bayi Yesus dari kejaran Herodes, meninggalkan tanah kelahiran mereka, dan tinggal jauh di Mesir untuk beberapa waktu. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab memberi makan dan membesarkan Yesus hingga dewasa. Semua yang mereka lalui tentu tidaklah mudah, tetapi terbukti sepadan.

Sepatutnya kita menyadari, dalam setiap promosi, ada tantangan yang mendahului dan tanggung jawab yang mengikuti. Tanggung jawab ini pun sering kali sekaligus menjadi tantangan berikutnya untuk mendapatkan promosi yang lebih besar dari Tuhan. Seperti dua sisi mata koin, di balik berkat, ada tantangan yang harus kita hadapai. Dua sisi yang berbeda ini bukanlah hal yang bertolak belakang, tetapi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Dengan demikian, tantangan ataupun permasalahan yang menghadang kita, itu pun juga anugerah dari-Nya. 

Benar, setiap permasalahan yang Allah izinkan terjadi, justru akan memperkuat rentangan sayap kita. Agar kita sanggup mencar ilmu terbang mengatasi segala angin kencang persoalan. Semakin besar angin yang menerpa, semakin tinggi Allah ingin membawa kita. Itu sebabnya, mulailah melihat melampaui segala tantangan yang mengelilingi kita.


Sebab, seberat apa pun permasalahan yang kita lalui, semua itu hanyalah proses, sebuah persiapan dari rencana Allah yang besar. Penderitaan yang tidak ada apa-apanya dibandingkan kemuliaan yang telah Dia sediakan. Percayalah, ketika kita menyerahkan segalanya ke dalam tangan Tuhan, kita pun akan melihat campur tangan-Nya yang gila dalam segala sesuatunya.


RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Allah Yesus Kristus, Kita perlu MENYADARI dan MEMPERSIAPKAN DIRI mengalami dua sisi anugerah Tuhan: ada PROSES YANG BERAT untuk menuju PROMOSI BESAR

APLIKASI
1. Bagaimanakah Anda memandang segala tantangan dan permasalahan Anda dikala ini? 
2. Mengapa diharapkan proses yang berat dalam promosi yang besar?
3. Bagaimana Anda sanggup mempersiapkan diri mengalami dua sisi anugerah Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Ya, Bapa, kini kami menyadari, ada dua sisi dalam anugerah-Mu. Sebagaimana kami menantikan berkat-Mu, berikanlah kau keteguhan hati dalam menghadapi setiap tantangan yang Kau izinkan terjadi. Biarlah kami sanggup melihat campur tangan-Mu dalam segala sesuatunya. Di dalam nama Allah Yesus kami berdoa. Amin.”

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »