Loading...

Minim Pasokan Harga Ikan Tawar Naik

PURWAKARTA,RAKA - Paska matinya puluhan ton ikan milik petani KJA Jatiluhur dan Cirata akhir cuaca jelek beberapa waktu lalu, menyebabkan harga ikan di sejumlah pasar tradisional di Purwakarta merangkak naik. Kondisi ini terjadi sudah satu pekan terakhir.
Di Pasar Baru Citeko Kecamatan Plered misalnya, harga ikan mas naik hingga dua kali lipat. Harga sebelumnya dikisaran Rp 22.000 perkilogram, sekarang mencapai Rp 32.000 perkliogram. Sementara untuk ikan jenis nila naik secara signifikan dari awalnya hanya Rp 18 ribu, sekarang bisa mencapai 30 ribu perkilogram. Tingginya harga ini, dipicu dari banyaknya ajakan masyarakat akan kebutuhan ikan, namun pasokan dari petani KJA kurang hingga mengakibatnya harga ikan melonjak semenjak beberapa pekan terakhir. "Harganya memang sudah naik, alasannya petani KJA jarang mempunyai ikan siap panen paska matinya ikan akhir cuaca buruk," kata H. Ade (30), salah satu pedagang ikan di Kecamatan Plered, kepada Radar Karawang, Jumat (15/12).
Menurutnya, harga ikan akan kembali stabil kalau kondisi cuaca mulai membaik. "Saat ini bisa dihitung jari petani yang punya ikan siap panen," tuturnya.
Sementara Irfan (35), pedagang lainya mengatakan, untuk berjualan biasanya beliau menerima pasokan dari petani waduk Cirata. Biasanya dalam satu hari dagang beliau bisa menjual 30 hingga 50 kilogram ikan. "Sekarang aku menerima jatah 20 kilo kalaupun ada harganya sangat mahal," katanya.
Meski alami kenaikan, namun para pedagang tampak pasrah dengan kian tingginya harga kebutuhan masyarakat tersebut, apalagi jelang selesai tahun tentunya harga ikan bakal diprediksi lebih tinggi. "Soalnya merata hampir di setiap pasar harga ikan niscaya naik dan langka," ujarnya.(gan)
Sumber http://www.radar-karawang.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »