Loading...

Pemkot Bandung Resmikan Satgas Anti Rentenir, Korban Diminta Melapor

Pemkot Bandung Resmikan Satgas Anti Rentenir Pemkot Bandung Resmikan Satgas Anti Rentenir, Korban Diminta Melapor
Satgas Anti Rentenir Pemkot Bandung Siap Bantu Korban Maksimal Lima Juta.

pemkot (Pemkot) Bandung resmi membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Rentenir. Warga Kota Bandung yang mempunyai persoalan dengan lintah darat sekarang dapat melapor ke satgas ini.

Menurut Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) Kota Bandung, Priana Wirasaputra, selama ini masih banyak warga yang memanfaatkan jasa rentenir mulai dari warga di pemukiman, pedagang, hingga PKL.

"Bagi mereka ada sisi positif meminjam ke rentenir yaitu mudah, tidak berbelit dan uang ada seketika. Tapi negatifnya mereka ada yang terjerat hingga kehilangan rumah, ditagih terus hingga diancam dan hasilnya bunuh diri," ujar Priana dikutip detikcom, Jumat (15/12/2017).

Satgas Anti Rentenir Kota Bandung dikukuhkan Kamis 14 Desember 2017 dengan 25 anggota utama. Satgas ini bertugas membersihkan Kota Bandung dari rentenir.

Satgas Anti Rentenir akan menawarkan sosialisasi dan penyadaran terhadap warga akan ancaman rentenir. Selain itu, mereka juga akan melaksanakan advokasi dan mediasi dalam rangka memfasilitasi korban rentenir.

"Ada juga kiprah pokok mereka yaitu menyehatkan koperasi biar tidak berperilaku rentenir. Kemudian memfasilitasi korban rentenir," katanya.

Ketua Harian Satgas Anti Rentenir Kota Bandung, Saji Sonjaya, menjelaskan, untuk warga yang sedang bermasalah dengan rentenir dapat pribadi melapor ke kelurahan atau kecamatan terdekat.

"Nanti pihak kelurahan atau kecamatan akan berkoordinasi dengan kami," ujarnya.

Warga Bandung yang terpaksa berutang kepada rentenir sebab mendesak dan bukan konsumtif, maka akan dibantu maksimal Rp5 juta.

"Kita nanti dalami perkara dan bentuk bantuannya. Kita bahas dalam rapat komite. Nantinya dapat pertolongan aturan atau finansial," katanya.

"Untuk warga yang membutuhkan pertolongan dapat menghubungi call center 08112131020 atau tiba ke kantor sementara kita di Jalan Sukarno (d/h Jalan Cikapundung) No. 1," terang Saji.*


Sumber http://www.bandungaktual.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »