Loading...

Rahasia Meraih Hidup Berkemenangan

Rahasia meraih hidup berkemenangan Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada orang Katolik yang ada di kota Korintus. Secara khusus dalam 2 Korintus 4:1-18.

Orang-orang percaya, atau gereja Tuhan sering diibaratkan sebagai ember tanah liat ( Ingg: vessel ). Sementaara Tuhan yaitu Sang Penjunan. Sebutan ember ini memperlihatkan pemahaman kepada kita betapa rapuhnya kita. Mungkin ketika ini Anda yaitu orang-orang muda yang sedang gagah-gagahnya, tenaga masih prima.

Tetapi jangan lupa, akan tiba masanya dimana kita akan alami masa-masa bau tanah dan kekuatan kita semakin berkurang, kondisi kita akan semakin merosot.
Ayat bacaaan kita hari ini memperlihatkan citra bahwa memang dalam diri setiap insan ada dua unsur kehidupan yaitu insan jasmaniah atau lahiriah, dan insan rohaniah atau batiniah.

Manusia lahiriah, semakin bau tanah semakin berkurang dan semakin merosot. Berkurang : tenaganya, nafsu makannya. Merosot : pendengarannya, penglihatannya, daya ingat. Berkurang dan merosotnya kondisi fisik kita itu niscaya dialami dengan berjalan waktu hidup kita di dunia.

Pada sisi lain, sekalipun kita yaitu makhlu jasmani, kita juga yaitu makhluk rohani. Inilah yang menciptakan kita bisa bersekutu dengan Yang Mahakuasa secara rohani. Sebagai insan batiniah, kita semakin diperbaharui dari waktu ke waktu. Artinya semakin bertambah usia kita dalam mengikut Kristus, maka kehidupan beriman kita juga semakin meningkat.



Dengan kata lain, kita menjalani hidup ini hari demi hari, ahad berganti minggu, bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun senantiasa kita jalani bersama dengan Tuhan. Kita terus merawat kehidupan rohani melalui doa, persekutuan/ibadah, pembacaan dan perenungan akan firman Tuhan, membuatkan hidup dengan keluarga dan sesama.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Bagaimana supaya kita sanggup meraih kemenangan dalam hidup bahkan hingga masa bau tanah kita?” Berdasarkan firman Tuhan yang ditulis oleh rasul Paulus kepada jemaat Tuhan yang ada di kota Korintus, maka ada beberapa hal yang bisa kita lakukan demi meraih kemenangan dalam hidup kita, yaitu:

1. Tidak gampang putus asa (ayat 1, 8)
“Oleh kemurahan Yang Mahakuasa kami telah mendapatkan pelayanan ini. Karena itu kami tidak tawar hati. Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa”.

Dalam dunia, kita sering diperhadapkan dengan banyak sekali penderitaan,tapi biarlah kia berkeyakinan mirip Paulus bahwa penderitaan yang dialaminya ringan, tidak sebanding dengan kemuliaan yang disediakan oleh Tuhan (Roma 8:18). Persoalannya kenapa banyak orang gampang patah semangat, alasannya menganggap seperti penderitaannya begitu berat.

2. Tetap mengucap syukur ( ayat 15).
“Sebab semuanya itu terjadi oleh alasannya kamu, supaya kasih karunia, yang semakin besar berhubung dengan semakin banyaknya orang yang menjadi percaya, mengakibatkan semakin melimpahnya ucapan syukur bagi kemuliaan Allah”.

Jadi seburuk apapun kondisi kita, Tuhan katakan kita harus tetap mengucap syukur.
Tuhan tidak katakan mengucap syukurlah pada waktu kau senang. Tetapi Tuhan perintahkan mengucap syukurlah dalam segala hal (  1 Tes 5:18 ). Itu artinya kita mengucap syukur dalam keadaan apapaun dan kondisi bagaimanapun.

3. Arahkan perhatian hanya kepada Tuhan ( ayat 18 )
“Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, alasannya yang kelihatan yaitu sementara, sedangkan yang tak kelihatan yaitu kekal”.

Kondisi hari-hari ini yang sarat dengan kesibukan dan persaingan, sanggup menjadi godaan untuk kita tidak lagi mengakibatkan Tuhan sebagai sentra perhatian kita. Tetapi Tuhan berkata dalam Kolose 3:2 ” Pikirkanlah perkara-perkara yang diatas bukan yang dibumi.
Dengan demikian kita akan dimampukan untuk tetap tegar dan tampil sebagai pemenang, ditengah segala problema yang melanda hidup kita

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »