Loading...

Ridwan Kamil Tegaskan Kebun Hewan Bandung Bukan Milik Pemkot

Ridwan Kamil Tegaskan Kebun Binatang Bandung Bukan Milik Pemkot Ridwan Kamil Tegaskan Kebun Binatang Bandung Bukan Milik Pemkot
BandungAktual.com -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menegaskan, Kebon Binatang Bandung yang sekarang tengah disorot bukan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, melainkan milik pribadi atau yayasan.

Izinnya pun menjadi kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), bukan Pemkot, sehingga teguran aturan atau pencabutan izin pun bukan kewenangan Pemkot Bandung.

Emil --sapaan Ridwan Kamil-- menjelaskan hal itu melalui akun instagramnya @ridwankamil.

”Buat kamu-kamu yang simpel emosian komen menghujat Pemkot Bandung tanpa meriset berita, Gini ya: Kebun Binatang Bandung itu milik pribadi/yayasan bukan milik Pemkot. Pemberian Izin, teguran aturan atau pencabutan izin semua kebun binatang se-Indonesia itu secara aturan itu yaitu kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup, bukan Pemkot,” tulisnya.

”Pemkot Bandung sudah berkirim surat komplain semenjak tahun kemudian ke kementrian lingkungan hidup @kementerianlhk untuk bertindak terhadap isu ini dan sdh mengirim surat teguran ke yayasan kebun binatang untuk memperbaiki situasi yg mempermalukan nama baik kota Bandung. Namun secara aturan upaya kami tidak dapat lebih dari itu. Andai secara aturan milik Pemerintah Kota mah, udah dari kapan2 saya beresin masalahnya,” kata Emil.

Di pihak lain, Humas Kebun Binatang Bandung, Sudaryo, menegaskan, pihak tetap akan membuka kebun binatang sebagai kawasan rekreasi sekaligus edukasi bersejarah di Kota Bandung.

”Saya tidak akan menanggapi itu (desakan penutupan, Red). Kebon Binatang Bandung tetap buka menyerupai biasa,” tegas Sudaryo dilansir Bandung Ekspres , Kamis (19/1/2017).

Ia menegaskan, hanya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang memiliki wewenang untuk menutup atau mengambil alih kebun binatang tersebut.

Kementerian LHK sendiri berjanji bakal mengambil keputusan terkait pengelolaan Kebun Binatang Bandung.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar bahkan menanggapi eksklusif petisi daring yang ditujukan padanya di laman change.org. Per Jumat, 20 Januari 2017, sudah lebih dari 33 ribu orang membubuhkan tanda tangan mereka. 

"Saya sudah mengirim tim ke lapangan untuk mengecek eksklusif kondisi beruang di Kebun Binatang Bandung, serta tim mengumpulkan bahan-bahan dan keterangan yang akan saya pergunakan untuk mengambil keputusan yang tepat,” kata Siti Nurbaya.

Tim bentukan Kementerian tersebut berisi dokter yang akan melaksanakan investigasi kesehatan dan kesejahteraan hewan, berikut kelayakan kondisi tempat. Hasil penyelidikan inilah yang akan dijadikan dasar Kementerian mengambil keputusan.

Petisi “Selamatkan Beruang Kelaparan di Kebun Binatang Bandung,” dibentuk Yayasan Scorpion Indonesia. Video beruang madu yang kurus-kelaparan, bahkan memakan kotoran mereka sendiri, turut ditautkan dalam halaman petisi tersebut.*


Sumber http://www.bandungaktual.com

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »