Loading...

Sdn Pulojaya 1 Bagikan Rapor Selasa

LEMAHABANG WADAS,  RAKA - Berbeda dari jadwal kalender akademik dimana Jumat (15/12) nanti serentak dibagikan rapor hasil UAS, di SDN Pulojaya 1 justru berencana membagikannya pada Selasa (21/12) mendatang. Alasan input kompetensi dasar yang dimuat dalam rapor versi kurikulum 2013 yang menyita waktu para guru menciptakan jadwal pembagian rapor SD yang menerapkan kurtilas pertama di Karawang ini memundurkan waktu.
Guru SDN Pulojaya 1 Abdul Kodir menyampaikan sekolahnya berencana bagikan raport siswa bukan diakhir pekan ini. Melainkan hari selasanya dengan alasannya, sebut Kodir,  alasannya yaitu input kompetensi dasar dalam rapor versi kurtilas ini menyita waktu para guru cukup panjang. Meskipun, dari belasan halaman di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini raport versi kurtilas khusus SD percontohan dari kelas 1 - 6 hanya dua lembar saja.
Selain ada kompetensi sikap, pengetahuan dan ekstrakurikuler yang dideskripsikan, juga input data dibutuhkan online. Hal ini yang menciptakan input data cukup memakan waktu yang tidak sebentar, disisi lain BOS dan sertifikasi Desember juga belum turun. "Banyak kompetensi dasar yang harus diinput, dan tiap anak juga berbeda-beda, maka tidak akan selesai selesai pekan ini," katanya.
Lebih jauh Kodir menambahkan, selama masa pengisian rapor siswa tetap masuk sekolah ibarat biasa meskipun tidak ada acara jam belajar. Namun, pihak sekolah memfasilitasi acara olahraga bebas, baik lapangan, tenis meja dan kaulinan budak lembur tradisional. Itu dilakukan hingga nanti pembagian raport dan pribadi libur hingga Januari mendatang. Karenanya,  sebagai SD yang menjadi percontohan Kurtilas bersama 11 SD lainnya di Karawang, pengisian raport dibutuhkan tertib dan rapi sesuai format yang sudah diberikan. "Pembagian rapor nanti selasa, jikalau anak tetap bersekolah dan berkegiatan olahraga masing-masing," katanya.
Kepala MTs Ghoyatul Jihad Kecamatan Telagasari H. Oyok Abdurahman menyampaikan selama mengisi rapor versi Kurtilas ia akan tetap bagikan rapor manual pada Sabtu (15/12) ini. Namun untuk menginput berkas nilai dengan aplikasi khusus yang diberlakukan mulai tahun ini, ia pesimis dapat tuntas selesai pekan ini. Karenanya, pengisian aplikasi ini berulangkali ditatar kepada guru-guru di masing-masing mata pelajaran.
Oyok tidak menampik SDM yang dimiliki guru dalam menginput data nilai melalui aplikasi ini, mengalami kesulitan. Untuk itulah, ia terus memperlihatkan isyarat melalui operator dan guru hebat teknologi untjk memperlihatkan kesepahaman bersama. "Kita pesimis aplikasi input datanya tuntas cepat alasannya yaitu mengingat SDM. Tapi untuk rapor manualnya kita tetap akan distribusikan pada Sabtu ini," katanya. (rud)
Sumber http://www.radar-karawang.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »