Loading...

Yesus Tiba Membawa Tenang Sejahtera Part 5

Yesus tiba membawa tenang sejahtera Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Bibel Lukas 2:8-20. Kelahiran Yesus sebagai raja Damai, untuk membangun kerajaan Damai dengan keadilan dan kebenaran telah dinubuatkan 700 tahun sebelum kelahiran Kristus oleh nabi Yesaya. Baca Part 4 DI SINI

Dalam Yesaya 9:5-6 “ Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Tuhan yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.  Besar kekuasaannya, dan tenang sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, alasannya ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari kini hingga selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melaksanakan hal ini”.

Kondisi dikala Yesus hadir secara sosial, ekonomi, dan politik kedamaian begitu jauh alasannya kondisi Israel pada waktu itu ada dalam jajahan bangsa Romawi. Praktek pajak, cukai menjadi kondisi umum masyarakat. dijelaskan: Donald B. Kraybill, juga menjelaskan mengenai keadaan kemiskinan yang ada di Palestina dengan menyebutkan:

Kelas atas yang kecil meliputi 10 persen atau kurang dari keseluruhan penduduk. Mereka yaitu para pemilik tanah, kaum aristokrat alasannya keturunan, para biokrat yang diangkat, para imam kepala, pedagang, pejabat pemerintahan, serta aneka macam karyawan  lainnya yang mela-yani kebutuhan kelas yang berkuasa. Selebihinya mungkin 90 persen atau lebih tergolong kelas bawah. Hidupnya sangat susah, cukup untuk makan saja. Mereka juga bergantung pada cuaca, ancaman kelaparan, wabah, se-rangan  perampok dan perang.[1]



4. Berita itu harus diberitakan – Lukas 2:17-19  
Seperti halnya, Para gembala sehabis bertemu dengan Yesus mereka menceritakan kembali isu yang telah di de-ngar mengenai Yesus. Bahwa Ia yaitu juruselamat dunia.

Berita juruselamat dunia ini, memperoleh jawaban yang andal dari ribuan malaikat, dengan berkata, "kemuliaan bagi Tuhan ditempat maha tinggi". Dan tenang seyahtera dibumi diantara insan yang berkenan kepadaNya". Siapa yang berkenan kepadaNya.

Tidaklain Ia yang mendapatkan dan mengakui bahwa Yesus yaitu Tuhan dan juruselamat dunia ini (Yoh. 14:6; Kisah 4:12). Berita ini harus diberitakan. Siapa yang harus memberitakan isu tenang itu, tidak lain yaitu orang yang telah bertemu dengan Yesus secara langsung itu.

Rasul Petrus menyebutkan I Petrus 1:9-10, "memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar yang memimpin kau keluar dari kegelapan ke dalam terangNya yang ajaib. Kita disebut utusan-utasan Kristus yang membawa isu perdamaian itu. . II Kor. 5:21-22, "beri dirimu didamaikan dengan Allah".

Apa tugas gereja di sini. Roma 10:14-15, Gereja sebagai sentra pemuridan, didalamnya ada para pemimpin yang memperlengkapi orang-orang kudus (Efesus 4:11-16; Kolose 1:28-29) merekalah yang diutus ke dalam dunia untuk memberikan isu Damai mengenai karya perdamaian Kristus yang telah dikerjakan secara tepat dalam pemulihan kekerabatan yang utuh antara insan dengan Allah, insan dengan dunia/manusia dan lingkungan serta dengan dirinya sendiri.

Kristus tiba untuk memberitakan damaisejahtera di tengah dunia yang ditandai oleh perseteruan, kemiskinan, kekerasan, penindasan, ketidakadilan dan ketidakdamaian.  Untuk mewujudkan hal itu Yesus tiba dalam kesederhanaan yang juga memberi keinginan bagi orang-orang kecil (para gembala).

Untuk memperoleh damaiseyahtera yang yaitu inti pemberitaan Yesus. Maka yang sanggup dilakukan dengan meneladani para gembala lakukan, yakni:
1. Mendengar isu tenang sejahtera itu
2. Bertemu dengan sumber damaisejahtera itu
3. Menceritakan/memberitakan Damai sejahtera itu kepada  
    orang lain
4. Menghidupi isu tenang sejahtera itu dalam kehidupan yang menyembah.
Amin.

Sumber: Pdt. Dr. Yunus Laukapitang

[1]Donald B. Kraybill, Kerajaan Yang Sungsang (Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 1993), 63. 

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »