Loading...

Yesus Tiba Membawa Tenang Sejahtera Part 2

Yesus tiba membawa tenang sejahtera Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Alkitab Lukas 2:8-20. Kelahiran Yesus sebagai raja Damai, untuk mem-bangun kerajaan Damai dengan keadilan dan kebenaran telah dinubuatkan 700 tahun sebelum kelahiran Kristus oleh nabi Yesaya. Baca part 1: DI SINI.

Kedua, siapa yang bertelinga. Ini berbicara mengenai semua orang
Dalam mendengar informasi mengenai Yesus kita menemukan tiga kebenaran:

Pembawa berita
Pembawa informasi mengenai kelahiran Yesus yaitu malaikat Tuhan, tidak disebutkan siapa ia (apa-kah Gabriel, Mikhael atau malaikat yang lain). Pembawa informasi ini memberi pengaruh kemuliaan Tuhan bersinar mencakup mereka. Menunjukkan bahwa malai-kat yang membawa informasi yaitu malaikat yang kudus, penuh dengan kemuliaan Allah, tanpa dosa. Dan keberadaan mereka memberi pengaruh ketakutan bagi para gembala.

Isi berita:
Memberikan ketenangan (ay. 10)
Jangan takut, lantaran bekerjsama saya memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa”.  Ketenangan dialami, bahwa informasi ini yaitu informasi bagi mereka yang memberi kesukaan untuk seluruh bangsa”. 

Para gembala terang merasa terhormat, orang-orang kecil, yang disampaikan informasi kesukaan untuk seluruh bang-sa. Orang kecil, yang diberitahukan informasi yang besar. Bukankah memberi pengaruh sukacita.


Memberi impian (ay. 11)
Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.  Berita pengharapan itu yaitu telah lahir bagimu juruselamat yakni Kristus, Tuhan di kota Daud.  Berita mengenai kelahiran Yesus sebagai juruselamat dunia yaitu pengharapan bangsa-bangsa “kesukaaan besar untuk seluruh bangsa”.

Ini telah diungkapkan oleh Tuhan dalam perjanjian kepada Abraham, olehmu semua bangsa memperoleh berkat.[1] Israel dipilih secara khusus untuk mewujudkan kesepakatan itu. Berita mengenai kelahiran Yesus telah diungkap jauh sebelum Yesus lahir, bahkan da-lam nubuatan Yakub kepada Yehuda pun telah diungkapkan. Bahwa melalui keturuan Yehuda ada raja yang akan memerintah dunia ini.[2] Nabi Yesaya menyebutkan nama dan jabatannya.[3] Nabi Mikha menyebutkan daerah kelahiranNya.[4]   Pengharapan akan raja yang membebaskan Israel dari penjajahan bangsa Romawi, terang menjadi pengharapan orang-orang kecil.

Memberi kepastian (ay. 12)
Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.". Berita yang dibawa oleh Malaikat memberi kepastian akan kela-hiran Yesus,  ia lahir dan diterbaring di dalam palungan. Apakah itu ditempat domba-domba mereka tidak dije-laskan. Namun kepastian ada bahwa Ia yang lahir ada dikandang binatang.

Tanggapan terhadap informasi (ay. 13-14)
Dan tiba-tiba tampaklah tolong-menolong dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, ka-tanya: 2:14 "Kemuliaan bagi Tuhan di daerah yang maha tinggi dan tenang sejahtera di bumi di antara insan yang berkenan kepada-Nya."

Tanggapan terhadap informasi mengenai kelahiran Yesus, sang juruselamat dunia memperoleh jawaban pribadi dari  sejumlah besar bala tentara sorga (para malaikat) dengan kebanggaan yang menyatakan pengaruh dari kelahiran Yesus itu yakni :
Membawa  kemuliaan bagi Tuhan di daerah yang maha tinggi
Damai seyahtera di antara insan yang berkenan kepada-Nya.

Sumber: Pdt. Dr. Yunus Laukapitang





[1] Kejadian 12:1-3, “Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; 12:2 Aku akan menciptakan eng-kau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta menciptakan namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. 12:3 Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan menerima berkat."
[2] Kejadian 49:10, “ Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, hingga ia tiba yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa”.
[3] Yesaya 9:5-6, “9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Tuhan yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. 9:6 Besar kekuasaannya, dan tenang sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, lantaran ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari kini hingga selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melaksanakan hal ini. Yesaya 7:14,“Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan menunjukkan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang wanita muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
[4] Mikha 5:1, “ Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangun bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah semenjak purbakala, semenjak dahulu kala”.

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »