Fragmentasi Internal dan Fragmentasi Eksternal Sistem Operasi | Tugas SO 4

Fragmentasi Internal dan Fragmentasi Eksternal Sistem Operasi | Tugas SO 4 - Hai sobat Khoerul WEB, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Fragmentasi Internal dan Fragmentasi Eksternal Sistem Operasi | Tugas SO 4, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Materi Kuliah TI, Artikel sistem operasi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Fragmentasi Internal dan Fragmentasi Eksternal Sistem Operasi | Tugas SO 4
link : Fragmentasi Internal dan Fragmentasi Eksternal Sistem Operasi | Tugas SO 4

Baca juga


Fragmentasi Internal dan Fragmentasi Eksternal Sistem Operasi | Tugas SO 4

MANAJEMEN MEMORI

Postingan kali ini saya buat untuk memenuhi tugas ke 4 untuk Mata Kuliah Sitem Operasi, Berikut Soal dan Jawabannya :

source image : halifiachinka.blogspot.com

1.  Terdapat partisi memori 100K, 500K, 200K, 300K dan 600K,

  • bagaimana algoritma First-fit, Best-fit, dan Worst-fit menempatkan proses 212K, 417K, 112K dan 426K (berurutan) ?
First-fit : alokasi lubang pertama yang cukup untuk proses.
Best-fit : alokasi lubang terkecil yang cukup untuk proses. Strategi ini memerlukan pencarian keseluruhan lubang, kecuali bila ukuran sudah terurut.
Worst-fit : alokasi lubang terbesar yang cukup untuk proses. Strategi ini memerlukan pencarian keseluruhan lubang, kecuali disimpan berdasarkan urutan ukuran. 
  • Algoritma mana yang menggunakan memori secara efisien ?
Diantara algoritma diatas, first-fit dan best-fit lebih baik dibanidngkan worst-fit dalam hal menurunkan waktu dan utilitas penyimpan. Tetapi first-fit dan best-fit lebih baik dalam hal utilitas penyimpanan tetapi first-fit lebih cepat.


2. Apa yang dimaksud dengan fragmentasi eksternal dan fragmentasi internal ?

  • Fragmentasi Eksternal adalah fragmentasi memori yang terjadi pada situasi dimana terdapat cukup ruang memori total untuk memenuhi permintaan, tetapi tidak dapat langsung dialokasikan karena tidak berurutan. Fragmentasi Eksternal ini dilakukan pada algoritma alokasi dinamis, terutama strategi first-fit dan best fit. 


  • Fragmentasi internal adalah fragmentasi memori yang terjadi pada situasi dimana memori yang dialokasikan lebih besar daripada memori yang diminta tetapi untuk satu partisi tertentu hanya berukuran kecil sehingga tidak digunakan. Pada multiple partition, fragmentasi internal mungkin terjadi pada situasi berikut. Misalnya terdapat lubang 18464 byte, dan proses meminta 18462 byte. Alokasi dilakukan sesuai permintaan maka sisa lubang 2 byte. Penyimpanan ini kan memerlukan memori lebih besar dari lubang itu sendiri. Pendekatannya adalah dengan megalokasikan lubang yang sangat kecil sebagai bagian dari permintaan yang besar. 


3. Diketahui ruang alamat logika dengan 8 page masing-masing 1024 word dipetakan ke memori fisik 32 frame.
Ruang alamat logika dari suatu proses dibagi kedalam 2 partisi :
Partisi 1 terdiri dari 8K segmen yang pribadi (private) untuk proses tersebut.
Partisi 2 terdiri dari 8K segmen yang digunakan bersama untuk semua proses.
Informasi mengenai partisi pertama disimpan dalam local descriptor table
(LDT) sedangkan informasi mengenai partisi kedua disimpan dalam global descriptor table (GDT). Setiap entry pada tabel LDT dan GDT terdiri dari 8 byte, dengan informasi detail tentang segmen tertentu termasuk lokasi basis dan panjang segmen.
Alamat logika adalah pasangan (selector, offset), dimana selector sebanyak 16 bit.
1 page = 64 byte. Jadi page 0 akan dipetakan ke frame 8, maka alamat logika 0 akan dipetakan ke alamat fisik (8 * 64) + 0 = 512. Keadaan memori logika dapat dilihat sebagai berikut :
alamat logika 50 berada di page 0, offset 50 sehingga alamat fisiknya (8 * 64) + 50 = 562.
alamat logika 121 berada di page 1,offset 57 sehingga alamat fisiknya (2 * 64) + 57 = 185.
alamat logika 380 berada di page 5,offset 60 sehingga alamat fisiknya (1 * 64) + 60 = 

124.

  • berapa bit alamat logika ?
Bit alamat logika dapat dipecah atas nomor segmen dan alamat offset. Misalnya, nomor segmen menggunakan 4 bit atas alamat logika, yang berarti terdapat maksimal 212=4 kbyte.
  • berapa bit alamat fisik ?
Bit alamat fisik pada memori fisik pada alamat awal 8224 sehingga pada saat dieksekusi alamat 4848 akan ditranslasi menjadi 8224 + 752 = 8976.

4. Diketahui Sistem paging dengan page table disimpan di memori, jika acuan ke memori membutuhkan 200 nanosecond, berapa lama waktu melakukan paging ?

Paging merupakan kemungkinan solusi untuk permasalahan fragmentasi eksternal dimana ruang alamat logika tidak berurutan,mengijinkan sebuah proses dialokasikan pada memori fisik yang terakhir tersedia . semua daftar frame yang bebas disimpan untuk menjalankan program dengan ukuran n page,perlu menemukan n frame bebas dan meletakkan program pada frame tersebut. Table page digunakan untuk menterjemahkan alamat logika ke almat fisik .
Lama waktu melakukan paging adalah 40ms.

5. Jika ditambahkan associative register, dan 75 persen dari semua acuan ke page-table ditemukan dalam associative register, berapa efective access time (EAT) acuan ke memory ? (diasumsikan bahwa menemukan entri pada page table di associative register membutuhkan waktu 0, jika entri ada?

Waktu akses afektif = 0,75_(200 nanodetik) + 0,25_(400 nanodetk) = 250 nanodetik.




Fragmentasi Internal dan Fragmentasi Eksternal Sistem Operasi | Tugas SO 4

Sekian postingan kali ini mengenai Fragmentasi Internal dan Fragmentasi Eksternal Sistem Operasi | Tugas SO 4, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Fragmentasi Internal dan Fragmentasi Eksternal Sistem Operasi | Tugas SO 4 dengan alamat link http://www.khoerulweb.com/2018/01/fragmentasi-internal-dan-eksternal.html Jika berminat, Jangan Lupa Baca juga Postingan dibawah ini ya...

0 Response to "Fragmentasi Internal dan Fragmentasi Eksternal Sistem Operasi | Tugas SO 4"

Posting Komentar