Loading...

Ketika Yang Kuasa Menyertai Kita

Ketika Tuhan menyertai kita Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Yesaya 41:8-20. Kitab Yesaya terdiri dari 66 pasal dan terbagi dalam dua pecahan penting, yaitu: Satu, wacana eksekusi Tuhan atas bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain lantaran ketidaksetiaan. Dua, info pengharapan yang isinya: 1) Pemberitaan wacana kemuliaan Tuhan dalam menunjukkan evakuasi dan penghiburan kepada bangsa Israel dan bangsa lain yang percaya kepada Sang Penyelamat. 2) Pemberitaan wacana kedatangan seorang penyelamat bangsa Israel dan penyelamat bangsa lain. Dan juga pemberitaan wacana penderitaan yang akan dialami oleh penyelamat. 3) Pemberitaan keselamatan dan keadaan masa depan dalam pemerintahan raja (Penyelamat) yang kekal.

Kalimat tanya: “Apa yang diperoleh dikala Tuhan menyertai kita?”
Kalimat peralihan: Berdasarkan firman Tuhan dalam Yesaya 41:8-20, ketika Tuhan menyertai kita, maka ada beberapa hal yang kita dapatkan, yaitu:

1. Mendapatkan PERTOLONGAN yang kita butuhkan – Yesaya 41:11-13.
Walaupun banyak musuh yang murka kepada Israel, menghambat gereja-Nya, Tuhan akan membuat aib musuh-musuh kita (Yesaya 41:11-12 – Sesungguhnya, semua orang yang bangun amarahnya terhadap engkau akan menerima aib dan kena noda; orang-orang yang membantah engkau akan ibarat tidak ada dan akan binasa; engkau akan mencari orang-orang yang sabung dengan engkau, tetapi tidak akan menemui mereka; orang-orang yang berperang melawan engkau akan ibarat tidak ada dan hampa”); lantaran Tuhan sendiri yang memegang tangan kita dan memberi derma yang kita butuhkan (Yesaya 41:13 – Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: “Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau”).

Kadang Tuhan menyembunyikan matahari dari kita, kemudian menggantinya dengan awan gelap, petir menggelegar, hujan deras, angin kencang mengamuk dalam jalan hidup kita. Namun, dalam proses pembiaran ternyata Tuhan ingin menerbitkan pelangi bagi kita.

2. Mendapatkan KEKUATAN yang kita butuhkan – Yesaya 41:14-15.
Walaupun umat Tuhan lemah (digambarkan dengan “cacing Yakub” dan “ulat Israel”) hal itu bukanlah problem yang terlalu besar bagi kita. Karena Tuhan “memegang ajun kita dan menolong kita (Yesaya 41:13: Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: “Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau”). Yesaya 41:10 – “janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau,  janganlah bimbang, alasannya ialah Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan,  bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan”).


Allah akan menguatkan sehingga “si cacing Yakub” atau “si ulat Israel” akan menjadi “papan pengirik yang tajam dan baru, dengan gigi dua jajar”, sehingga akan “mengirik gunung dan menghancurkannya” (Yesaya 41:14-15 – “Janganlah takut, hai si cacing Yakub, hai si ulat Israel! Akulah yang menolong engkau, demikianlah firman TUHAN, dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel. Sesungguhnya, Aku membuat engkau menjadi papan pengirik yang tajam dan baru, dengan gigi dua jajar; engkau akan mengirik gunung-gunung dan menghancurkannya, dan bukit-bukitpun akan kaubuat ibarat sekam”).

Makna tangan Kanan Tuhan
1) Kuasa Tuhan. ​Keluaran 15:6
2) Perlindungan Tuhan. Mazmur 46:2.
3) Kehadiran Tuhan. Mazmur 16:11  
4) Kesanggupan Tuhan yang meluputkan. Yesaya 43:1-2
5) Tuhan pemberi kemenangan. Zefanya 3:17a.
6) Tuhan mengalahkan musuh-musuh-Nya. Mazmur 21:9
7) Perbuatan Tuhan yang dahsyat. Mazmur 40:6

Banyak yang mau sekuat baja tapi tak mau ditempa. Banyak yang mau seharum dupa tapi tak mau terbakar. Banyak yang mau secermelang emas tapi tidak mau dilebur.

3. Mendapatkan MUJIZAT yang kita butuhkan – Yesaya 41:16-20.
Walaupun keadaan begitu sulit sehingga orang-orang sengsara tidak sanggup menemukan air hingga jadi kehausan, tetapi Tuhan akan menjawab dan tidak meninggalkan umat-Nya (Yesaya 41:17 – “Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air, tetapi tidak ada, pengecap mereka kering kehausan; tetapi Aku, TUHAN, akan menjawab mereka, dan sebagai Tuhan orang Israel Aku tidak akan meninggalkan mereka”).

Bahkan Tuhan akan membuat “mata-mata air membual di tengah dataran, dan membuat padang gurun menjadi telaga, dan memancarkan air dari tanah kering (Yesaya 41:18 – “Aku akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit yang gundul, dan membuat jasus air membual di tengah dataran; Aku akan membuat padang gurun menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering”).

Lebih jauh, tanaman-tanaman akan ditumbuhkan dan semua orang kemudian mengetahui bahwa Yang Mahakudus, Tuhan Israel, yang mengakibatkan semua itu (Yesaya 41:19-20 – “Aku akan menanam pohon aras di padang gurun, pohon penaga, pohon murad dan pohon minyak; Aku akan menumbuhkan pohon sanobar di padang belantara dan pohon berangan serta pohon cemara di sampingnya, supaya semua orang melihat dan mengetahui, memperhatikan dan memahami, bahwa tangan TUHAN yang membuat semuanya ini dan Yang Mahakudus, Allah Israel, yang menciptakannya”).

Tuhan Yesus bersabda: “... Dan ketahuilah, Aku menyertai kau senantiasa hingga kepada final zaman” – Matius 28:20b. Tuhan Yesus tidak menjanjikan perjalanan yang kita tempuh di tahun ini menjadi mudah, tetapi penyertaan yang tepat Dia berikan bagi kita. Hidup ini sanggup memberi kita SERIBU alasan untuk menangis, tetapi Tuhan Yesus sanggup memberi kita SEJUTA alasan untuk bersyukur. Mengapa demikian? Karena dari pada-Nya akan tiba pertolongan, kekuatan dan mujizat yang kita butuhkan untuk menjalani tahun yang gres ini. Selamat tahun gres 2018. Tuhan Yesus memberkati. Amin

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »