Loading...

Membangun Hidup Bersama Tuhan

Membangun hidup bersama Tuhan Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Mazmur 127:1-5. Dalam Mazmur 127:1, penulis kitab Mazmur dalam pimpinan Roh Kudus, menulis: “Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah perjuangan orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga”.

Kutipan firman Tuhan di atas, menegaskan hal yang sangat penting di dalam kehidupan kita. Pemazmur menegaskan bahwa bila kita melaksanakan segala sesuatu “membangun rumah” kehidupan kita kalau terlepas dari Tuhan, maka semuanya itu akan menjadi perjuangan yang sia-sia.

Pada sisi yang lain, ketika suatu bangsa berusaha membangun sistem keamanan bagi warganya tanpa melibatkan hikmat Tuhan di dalamnya, maka itu pun menjadi sia-sia. Oleh alasannya itu, sangat penting bagi kita, untuk melibatkan Tuhan dalam totalitas kehidupan dan karya kita.

Jangan mengandalkan kekuatan, kemampuan dan hikmat manusiawi kita. Jangan berkarya sendiri lepas dari Tuhan. Sebab semua perjuangan yang dilakukan terpisah dari Tuhan, kelihatannya baik, tetapi tidak menguntungkan bagi kita. Mengapa? Karena baik itu sifatnya sementara saja.

Wales, 1904-1905, dalam kebangunan rohani yang melanda negara tersebut, seorang anak muda menjadi sentra perhatian. Anak muda ini berjulukan Evan Roberts. Ia gres saja memasuki bulan ketiganya di sekolah training kependetaan ketika Tuhan memanggilnya kembali ke kampung halaman untuk mengkhotbahi bawah umur muda di gerejanya.


Saat itu, Evan bukanlah siapa-siapa dan ia tidak mempunyai kesempatan untuk berkhotbah. Namun, di selesai suatu pertemuan doa, ia mulai membagikan pesan Tuhan kepada orang-orang yang mau mendengarkannya. Jam demi jam berlalu, bawah umur muda mulai bersaksi, beberapa menyanyikan himne, dan beberapa tersungkur dalam doa. 

Keesokan harinya, Evan mulai membuka pertemuan-pertemuan ibadahnya sendiri. Banyak yang hadir alasannya penasaran, tetapi pergi dengan kepercayaan usang yang dibangkitkan kembali. Dalam waktu dua minggu, Welsh Revival menjadi gosip nasional. Evan dan kawan-kawannya pun berkeliling untuk mengadakan KKR.

Pada masa itu, sekitar 100.000 s/d 150.000 jiwa bertobat, dan tak bisa dipungkiri, kebangunan rohani di Welsh telah memicu kebangunan di aneka macam negara lainnya. Meskipun sejarah mencatat Evan Roberts sebagai sentra Welsh Revival, tetapi ia sendiri mengaku, "Saya bukanlah sumber dari revival ini. Saya tidak menggerakkan hati insan dan mengubahkan hidup mereka. Bukan saya, tetapi Tuhan yang bekerja di dalam saya."

Betapa benarnya apa yang Evan Roberts katakan. Penuaian besar yang terjadi dikala itu terang bukan alasannya kemampuannya atau perjuangan kerasnya. Semua terjadi alasannya Tuhan sendiri yang bergerak. Begitu pula dengan keselamatan kita, atau keberhasian serta kemenangan dalam hidup kita.


Semua itu terjadi dan akan terjadi hanya alasannya kasih karunia Tuhan. Tidakkah hal ini ialah kabar baik bagi kita semua? Percayalah, dan bersandarlah hanya kepada-Nya, maka anugerah besar-Nya akan menaungi hidup kita dan mengerjakan tuaian demi tuaian besar dalam hidup kita.

RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Semua TUAIAN BESAR dikerjakan oleh ANUGERAH BESAR semata-mata

APLIKASI
1. Adakah hal yang sedang harapkan kini ini? Apakah perjuangan Anda membuahkan hasil yang memadai? 
2. Menurut Anda, mengapa tuaian besar hanya bisa dikerjakan oleh anugerah besar? 
3. Bagaimana anugerah besar itu bisa terjadi dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami menyadari semua yang terjadi dalam hidup kami terjadi hanya alasannya anugerah-Mu. Sekarang ini, kami pun hanya ingin berharap pada-Mu untuk sanggup mengalami tuaian besar dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »