Loading...

Mengalami Kebaikan Hati Tuhan

Mengalami kebaikan hati Tuhan Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat di kota Roma, yaitu dalam Roma 9:1-16. Dalam Roma 9:16, rasul Paulus dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan mengalami kebaikan hati Tuhan, menulis: “Jadi hal itu tidak tergantung pada kehendak orang atau perjuangan orang, tetapi kepada kemurahan hati Allah”.

Penulis kitab Mazmur menulis: “TUHAN itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya” – Mazmur 145:9. Pernyataan pemazmur tersebut memperlihatkan suatu perspektif bahwa secara universal Tuhan itu baik kepada semua orang.

Apa buktinya Tuhan itu baik bagi semua orang? Buktinya ialah Tuhan memperlihatkan matahari, bulan, bintang-bintang, oksigen untuk dihirup, hujan, panas dan lain sebagainya. Kebaikan hati Tuhan itu dinikmati oleh insan (orang Nasrani maupun non Kristen).

Pada sisi lain, Tuhan juga memperlihatkan rahmat kepada segala yang diciptakan-Nya. Alam semesta ada dalam rahmat Tuhan. Manusia yang diciptakan segambar dan serupa dengan Dia juga mengalami rahmat-Nya yang sempurna.

Pernahkah Anda berpikir, seandainya saja Anda lebih pandai, lebih berani, atau lebih pandai berbicara, mungkin Anda bisa melaksanakan perkara-perkara besar bersama Tuhan? Dengan demikian, Anda pun bisa lebih mempunyai kegunaan bagi-Nya. Mungkin, itulah yang Anda rasakan dikala melihat orang-orang hebat di sekeliling Anda.

Namun, kalau Anda benar-benar memperhatikan, Anda pun akan menemukan bahwa sebenarnya mereka tidaklah sehebat itu. Sebab, sesempurna apa pun seseorang terlihat, ia niscaya mempunyai kekurangan. Percayalah, bukan segala kemampuan mereka yang menciptakan Tuhan menggunakan mereka.

Tahukah Anda perihal Nick Vujicic? Atau setidaknya pernah mendengar perihal seseorang yang tidak mempunyai tangan dan kaki, tetapi menjadi penginjil dan motivator yang sekarang tengah mendunia? Tahukah Anda perihal Rahab? Ia yakni seorang pelacur yang berasal dari bangsa non-Yahudi, tetapi secara mengejutkan namanya terekam dalam silsilah kelahiran Yesus Kristus.



Perlu diketahui, mereka bukan hanya orang-orang yang tidak masuk dalam hitungan atau kualifikasi. Mereka bahkan termasuk orang-orang yang direndahkan, dikucilkan, dan dianggap cacat di mata masyarakat. Lalu, apa yang menciptakan orang-orang ibarat mereka digunakan Tuhan secara luar biasa? Hanya satu jawabannya. Anugerah. Hanya dengan anugerah Tuhan, semua kemustahilan di dunia ini sanggup dipatahkan. 

Ketahuilah, anugerah tidak bisa ditukar dengan jerih lelah atau kehebatan kita. Anugerah tidak bisa diusahakan ataupun dibeli dengan uang. Semua murni sebab kemurahan hati Tuhan. Ya, kemampuan, kerja keras, dan perjuangan Anda memang penting. Namun, tanpa anugerah, semua itu hanya akan membawa upah sementara dan berakhir sia-sia. Hari ini, bila Tuhan menggunakan dan menentukan Anda, bila Anda memperoleh kepercayaan-Nya untuk melayani, semua itu juga yakni anugerah. Berhentilah mengandalkan kekuatan Anda sendiri.


Mulailah mengarahkan segenap hati Anda kepada Tuhan, maka Dia akan mencurahkan anugerah besar atas hidup Anda dan Anda pun boleh menuai kemurahan hati-Nya.

RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Tidak peduli sebesar apa pun perjuangan manusia, ANUGERAH BESAR hanya TERGANTUNG pada KEMURAHAN HATI ALLAH

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud dengan anugerah besar? 
2. Mengapa Anda tidak mungkin bisa mengusahakan anugerah?
3. Bagaimana Anda sanggup mulai bergantung pada kemurahan hati Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih untuk anugerah yang Engkau beri. Kami mau terus berharap kepada-Mu, Tuhan, bukan berharap kepada perjuangan kami. Kami bersyukur mempunyai Tuhan yang murah hati, sehingga kami boleh dipercaya untuk mengerjakan perkara-perkara asing bersama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »