Loading...

Rincian Tahapan Registrasi Cpns 2018 Dan Balasan Kapan Jadwal Seleksi Dimulai

CPNS 2018  Rincian Tahapan Pendaftaran CPNS 2018 dan Jawaban Kapan Jadwal Seleksi dimulai | Akhir-akhir ini cukup menghebohkan kabar rencana pemerintah yang akan membuka seleksi tahap III, yakni lanjutan dari 2 tahap sebelumnya yang telah berlangsung 2017 lalu.

Pada pembahasan kali ini rincian tahapan registrasi CPNS 2018 yang dibuka sebanyak 120 formassi termasuk kekurangan kuota dalam perekrutan 35 deretan sebelumnya dan tahapan yang dimaksud terdiri dari 3 tahap yakni Persiapan, pelaksanaan registrasi berupa pengumuman deretan dan juga pengumuman kelulusan seleksi CPNS ditambah kapan aktivitas seleksi dimulai yang berdasarkan Menpan akan mulai dilaksanakan dalam 2 bulan ke depan (untuk pengumuman formasi) artinya Februari atau bisa juga Maret, belum ada kepastian tanggalnya.

 dan Jawaban Kapan Jadwal Seleksi dimulai Rincian Tahapan Pendaftaran CPNS 2018 dan Jawaban Kapan Jadwal Seleksi dimulai
Tahapan registrasi cpns 2018

Adapun seleksi CPNS tahap III ini dikenal dengan istilah Pendaftaran CPNS 2018 yang sudah banyak dibicarakan dan ditunggu oleh banyak orang alasannya ialah bukaan penerimaan CPNS sebelumnya dengan total 35.449 orang belum bisa menampung semua lulusan yang ingin menjadi PNS.

Jumlah 35.449 deretan tersebut merupakan total dari 2 seleksi registrasi CPNS yang dilaksanakan secara berurutan yakni yang pertama 17.928 dan lebihnya dibuka dalam rekrutmen CPNS tahap II dengan mayoritas instansi bukaan ialah Kementerian.

Hal menarik dari seleksi CPNS yang telah berlangsung sebelumnya ialah jumlah pelamar yang membludak, dari jumlah 35 ribuan yang akan diterima itu ternyata diminati oleh lebih dari 1,2 juta pelamar.

Dan lebih menariknya lagi tidak semua deretan itu terpenuhi lantaran yang lulus dalam seleksi CPNS ialah yang bisa mencapai nilai passing grade kelulusan CPNS, dari 1,2 juta orang yang mendaftar itu tidak sepenuhnya memenuhi passing grade sesuai dengan kebutuhan 35.449 pegawai tadi.

Oleh lantaran itu sebagian penerimaaan registrasi CPNS 2018 diperuntukkan bagi kekurangan kuota dalam rekrutmen CPNS sebelumnya.

Di samping itu Menpan telah menciptakan pernyataan bahwa CPNS 2018 akan dibuka 120ribu orang lebih yang lebih banyak di kawasan untuk bidang guru dan kesehatan ditambah bidang lain yang banyak kekurangan akhir pensiun pegawai selama masa moratorium CPNS.

"Akan ada 120 ribu orang calon PNS termasuk deretan untuk pegawai daerah," kata Menteri PAN-RB RI, Asman Abnur di Jakarta, pekan lalu.

Karena ramainya kabar registrasi CPNS tersebut maka disini akan memberitakan tahapan pentinga dalam proses registrasi CPNS yang dimulai dari persiapan, pengumuman formasi, pelaksanaan seleksi hingga pengumuman kelulusan yang tentunya untuk tanggal aktivitas pelaksanaan itu menjadi tanda tanya bagi calon pelamar CPNS 2018.

Persiapan Pelaksanaan Pendaftaran CPNS 2018

Di poin pertama ini ialah persiapan proses registrasi CPNS 2018  yang memang wajib dilalui dalam setiap bukaan seleksi CPNS, adapun yang dimaksud dengan persiapan kali ini kami bedakan menjadi 2 bab yaitu :

Pertama dari sisi panitia (sudah berlangsung) yakni analisis jabatan kebutuhan kawasan dari deretan yang telah diusulkan oleh masing-masing pemerintah kawasan kepada panitia seleksi CPNS yang dalam hal ini Menpan, hasil analisa inilah yang akan dijadikan pengumuman formasi.

Kedua dari sisi peserta, di awal ulasan tadi sudah kami kabarkan mengenai banyak persaingan seleksi CPNS dengan jumlah 1,2 juta pelamar memperebutkan 35 ribu peluang, sungguh bukan perbandingan yang ideal.

Artinya ada kompetisi disana, ada persaingan yang sangat ketat untuk bisa mencapai kelulusan seleksi terlebih lagi seleksi yang kemudian masih menyisakan PR lantaran jumlah kebutuhan pegawai tak semuanya terpenuhi, artinya standar CPNS yang diharapkan ketika ini cukup tinggi sehingga bisa menggugurkan jutaan pelamar.

Pengumuman Formasi Pendaftaran CPNS 2018


Ini yang paling ditunggu yakni pengumuman deretan apa saja yang dibuka oleh satu daerah, lantaran dengan adanya pengumuman deretan registrasi CPNS sudah dipastikan bahwa registrasi peserta akan segera dimulai.

Namun yang menjadi pertanyaan ialah kapan pelaksanaan pengumuman deretan itu lantaran ada beberapa versi informasi yang beredar, ada yang berkata jikalau bulan Januari 2018 sudah dimulai, kemudian ada juga yang menyampaikan bahwa Februari selanjutnya ada yang juga Maret 2018.

Nah dari pernyataan-pernyataan itu mana bahwasanya balasan valid dari pertanyaan Kapan Jadwal Seleksi CPNS 2018 dimulai?

Keputusan simpulan ialah ditangan Menpan dan hingga ketika kabar ini ditulis belum ada kabar resmi meskipun memang ada pernyataan Menpan bahwa pengumuman itu akan dilaksanakan selama 2 bulan ke depan, artinya bila tidak bulan Februari maka bulan Maret 2018.

Meski kabarnya tak niscaya namun yang niscaya ialah pengumuman deretan registrasi CPNS 2018 itu akan dimuat di web resmi panitia, adapun web yang dimaksud ialah web SSCN BKN 2018.

Jadwal Pelaksanaan Pendaftaran CPNS 2018


Di registrasi CPNS 2018 maupun seleksi CPNS sebelumnya biasanya proses registrasi dibuka dalam rentang waktu yang tidak begitu panjang, waktu registrasi memang terbatas biasanya berlangsung 10 hari hingga 2 mingguan.

Ini yang menjadi alasan bahwa sebagai calon pelamar CPNS 2018 jangan hingga ketinggalan informasi bukaan, lantaran tidak hanya berkas-berkas menyerupai ijazah yang diharapkan melainkan ada SKCK dari kepolisian dan juga Kartu Kuning atau Kartu Tanda Lamaran Pekerjaan dari Kemnaker yang pada hari biasa memang prosesnya tidak usang namun pada ketika bukaan CPNS akan ada antrian panjang yang mengular baik di kantor polisi maupun kemnaker.

Pengumuman kelulusan seleksi CPNS 2018


Di poin terakhir kali ini ialah mengenai pengumuman kelulusan CPNS 2018, beda dengan rentang waktu registrasi maka untuk pengumuman prosesnya cukup panjang dan bisa diakses baik secara online maupun offline.

Online ialah pengumuman kelulusan dimuat di situs kemudian untuk offline di instansi resmi pegawai daerah, contohnya BKPP kawasan masing-masing, gres setelahnya proses pemberkasan untuk penerbitan NIP oleh BKN.

Nah hingga disini tentu sudah cukup terperinci mengenai Rincian Tahapan Pendaftaran CPNS 2018 dan Jawaban Kapan Jadwal Seleksi dimulai, supaya saja bisa bermnafaat, terima kasih.


Sumber http://www.cpnsnews.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »