Loading...

Waduh, Situs Coincheck Di 'Hack', Koin Nem (Xem) Senilai $ 530 Juta Hilang !

Hi bro, kabar jelek kembali menimpa dunia cryptocurrency, salah satu situs Market bitcoin dan crypto asal negeri Sakura, Jepang yaitu Coincheck.com, telah menunjukkan laporan bahwa wallet koin NEM (XEM) yang tersimpan di coincheck telah berhasil diretas oleh hacker. Kasus ini lebih besar kalau dibandingkan dengan MtGox yang sebelumnya juga diretas, NEM yang hilang senilai dengan 530 juta Dollar Amerika, kalau kita kalikan dengan kurs Rupiah Rp. 13.500, maka sekitar 7 Triliun Rupiah, eh bener gak sih? haha. 

Bersumber dari CCN - Menurut direktur Cryptocurrency Exchange CoinCheck Jepang, NEM lebih dari $ 530 juta telah dicuri dari platform perdagangan. 

MineCC, analis cryptocurrency berbasis Jepang, melaporkan bahwa dalam sebuah konferensi publik resmi, direktur CoinCheck mengakui bahwa semua dana yang tersimpan dalam dompet (wallet) telah dicuri oleh sekelompok hacker yang tidak diketahui.

Tidak menyerupai Cold Wallet, yang kondusif dan terus offline, Hot Wallet sanggup diakses kalau server dilanggar oleh hacker. Dengan demikian, lebih banyak didominasi pertukaran cryptocurrency berskala besar di industri ini hanya menyimpan sebagian kecil dana di Hot Wallet dan sisanya di Cold Wallet yang kondusif terus offline dan tidak terjangkau oleh hacker. 

Admin sendiri gres dengar ya istilah Hot and Cold dalam wallet, hehe. https://www.blockchain-council.org/cryptocurrency/hot-wallet-vs-cold-wallet/

"Sulit bagi kami untuk mengelola Cold Wallet," kata salah satu anggota Tim Coincheck dalam konferensi Pers.

Meskipun masih belum terang apakah crypto yang lain juga dicuri dari bursa, alasannya dari konfirmasi oleh CoinCheck bahwa hanya NEM senilai $ 530 juta telah dicuri. Pengembang NEM dan komunitas pengembang open-source telah menegaskan kembali bahwa hardfork tidak akan dihukum untuk memulihkan dana yang hilang.

Baca Juga :
Jepang ialah pasar pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia, dengan volume perdagangan harian secara signifikan lebih besar daripada pasar AS dan Korea Selatan. Negara ini juga mempunyai aktivitas perizinan ketat untuk pertukaran cryptocurrencyi, yang diciptakan untuk memastikan kualitas tindakan pengamanan dan infrastruktur yang dipakai oleh platform perdagangan.

CoinCheck direktur pada sebuah konferensi pers, mengungkapkan serangan hacking. Gambar oleh MineCC.


Konferensi Pers oleh pihak Coincheck terkait hilangnya saldo NEM member mereka alasannya peretasan.

Investor terkejut dengan serangan hacker tersebut, alasannya CoinCheck ialah salah satu bursa cryptocurrency terbesar di pasar Jepang di belakang BitFlyer.

Serangan hacker pada CoinCheck telah dilaporkan ke Badan Layanan Keuangan Jepang (FSA), dan banyak sekali instansi pemerintah dibutuhkan terlibat dalam penyelidikan pelanggaran keamanan CoinCheck.

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »