Loading...

Keuntungan Dari Hidup Yang Bijaksana

Keuntungan dari hidup yang bijaksana Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Daniel 12:1-13. Dalam Daniel 12:3, penulis kitab Daniel dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan laba dari hidup yang bijaksana, menulis: “Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya menyerupai cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran menyerupai bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya”.

Kutipan firman Tuhan di atas, sangat menarik untuk kita perhatikan. Menariknya apa dari firman Tuhan itu? Menariknya ialah bahwa ada laba dari hidup yang bijaksana. Tentu bicara soal laba siapa sih yang tidak suka?.

Tetapi laba yang dibicarakan dalam kutipan firman Tuhan di atas, bukan bicara soal laba bahan atau finansial dan bukan juga bicara soal laba jabatan. Kendati pun dari hal-hal tersebut juga sanggup kita peroleh sebagai sebuah keuntungan.

Berdasarkan firman Tuhan diatas, maka ada beberapa laba dari hidup yang bijaksana, yaitu: satu, bercahaya menyerupai cahaya cakrawala; dua, menuntun banyak orang kepada kebenaran; tiga, tetap selamanya.

Kasih ialah perbuatan. Tindakan yang dilakukan untuk kebaikan pihak yang dikasihi. Saat Tuhan membuat manusia, Dia pun ingin kita hidup dalam suasana sorgawi. Bersama-Nya. Karena itulah, semenjak insan jatuh ke dalam dosa untuk pertama kalinya di taman Eden, Tuhan telah merencanakan jalan keselamatan bagi umat manusia.


Tujuan-Nya itu pun terealisasi melalui kelahiran Yesus Kristus ke dunia (Yoh. 3:16). Namun itu bukanlah selesai dari cerita kasih Allah. Keselamatan hanyalah awal dari misi Allah. Jika kita memperhatikan kehidupan Yesus selama di bumi, kita pun sanggup melihat teladan rancangan keselamatan-Nya dengan lebih terperinci lagi. 

Sebelum Yesus memulai pelayanan-Nya, Dia memberi untuk dibaptis. Ini ialah lambang pertobatan (Mat. 3:11). Segera sesudah itu, Yesus mulai memanggil murid-murid-Nya. Dalam komunitas yang bertambah erat dari hari ke hari tersebut, Dia mulai mendidik mereka.

Dia memperlihatkan teladan kasih dalam melayani orang banyak, menyingkapkan kehendak Tuhan dalam diri-Nya, dan mengajarkan wacana Kerajaan Sorga. Setelah murid-murid-Nya melihat cukup dan berguru banyak, Yesus pun memperlihatkan amanat supaya mereka memberitakan Alkitab hingga ke ujung bumi (Mat. 28:19-20, Kis. 1:8). Dengan demikian, bila diringkas, inilah teladan misi-Nya: menyelamatkan, menggabungkan, memuridkan, dan mengutus hingga Kerajaan Tuhan ditegakkan di bumi menyerupai di sorga.

Perhatikan bab selesai Amanat Agung, “ajarlah mereka melaksanakan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu” (Mat. 28:20). Hal ini berarti amanat tersebut tidak dikhususkan bagi para rasul dikala itu, tetapi diturunkan kembali kepada setiap orang yang diselamatkan, digabungkan, dimuridkan, dan yang suatu dikala akan datang saatnya untuk diutus.

Bukan berarti Tuhan tidak sanggup menyelamatkan dunia seorang diri, tetapi ini ialah kehormatan yang Dia karuniakan bagi kita. Agar setiap orang yang percaya boleh turut mengambil bab dalam pekerjaan kerajaan-Nya. Agar melalui kita, Dia sanggup mengubah bumi menjadi kawasan yang penuh kasih Allah.

RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Tuhan akan melaksanakan semua yang sanggup dilakukan supaya ada sorga di bumi, dan info baiknya ialah DIA MAU MELIBATKAN KITA DI DALAMNYA.

APLIKASI
1. Apa saja yang telah Tuhan lakukan untuk menghadirkan sorga di bumi? 
2. Mengapa Tuhan ingin melibatkan Anda di dalam-Nya?
3. Apa yang sanggup Anda lakukan untuk mulai terlibat dalam misi Allah?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ini kami. Libatkanlah kami dalam misi-Mu. Pakailah seluruh hidup kami sesuai dengan kiprah yang Engkau karuniakan bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »