Loading...

Tanda Ciri Orang Kristen Yang Menyayangi Allah

Tanda orang Katolik yang mencintai Allah Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Yohanes, yaitu 1 Yohanes 4:7-12. Dalam 1 Yohanes 4:7, penulis surat Yohanes dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan tanda orang Katolik yang mencintai Tuhan, menulis: “Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, lantaran kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Tuhan dan mengenal Allah”.

Kutipan firman Tuhan di atas, sangat terang menegaskan perihal huruf Tuhan yaitu kasih. Pada sisi lain, dalam kutipan cuilan firman Tuhan itu juga menjelaskan perihal tanda atau ciri dari orang Katolik yang mempunyai kasih. Bersamaan dengan hal itu, kita juga diperintahkan untuk saling mengasihi.

Tanda atau ciri orang Katolik yang mencintai Allah, yaitu: satu, hidupnya digerakkan oleh kasih kepada Allah; dua, hidupnya telah dilahirkan kembali oleh Tuhan melalui dogma kepada Tuhan Yesus Kristus; tiga, hidupnya mempunyai pengenalan akan Allah.

Setiap insan mempunyai kemampuan untuk mengasihi. Hal ini merupakan suatu naluri, kemampuan untuk berempati dan rela berkorban bagi orang yang dikasihinya. Terlebih lagi kasih orangtua terhadap anak-anaknya. Seburuk apa pun anaknya dan separah apa pun anaknya menyakiti hati mereka, mereka tetap bisa mengampuni dan mendapatkan kembali.


Karena bagaimanapun anak yaitu darah dagingnya. Ya, sebesar-besarnya kasih manusia, semua itu mempunyai "syarat dan ketentuan berlaku". Bagaimanakah kekerabatan kita dengan orang tersebut, dan apakah suasana hati kita sedang baik atau tidak. Seperti inilah dunia mengenal kasih. Namun, apakah ini kasih yang sesungguhnya? Kasih yang sesuai dengan standar Allah?

Kita harus mengingat, kasih Tuhan tidak mempunyai syarat. Cara-Nya melihat pun berbeda dengan kita. Kita mungkin menganggap orang-orang yang menjengkelkan tidak layak mendapatkan kasih kita, tetapi tidak demikian bagi Allah. Jika dipikirkan, hidup kita pun bekerjsama tidak pantas untuk mendapatkan kasih Allah.

Tidakkah kita sering mengabaikan dan menyakiti hati-Nya, kemudian mengulang kesalahan yang sama meskipun kita sudah berjanji untuk bertobat? Namun, besarnya kasih Tuhan membuat-Nya melihat kita jauh melampaui banyaknya kesalahan kita. Dia melihat hati anak-anak-Nya yang membutuhkan curahan kasih-Nya.

Jika kita bisa melihat orang lain melampaui segala kekurangan mereka, kita pun sanggup mencintai mereka. Namun, untuk bisa mencintai menyerupai ini, kita harus mengenal siapa itu Tuhan dan mengalami kasih-Nya secara pribadi. Sebab kasih tak bersyarat, menyerupai kasih Tuhan, hanya berasal dari-Nya.

Tanpa mengalami kasih Tuhan terlebih dahulu, kita hanya akan bisa mencintai dengan kasih duniawi. Namun dengan kasih Allah, kita dimampukan untuk mengabaikan segala keburukan dan mencintai orang-orang yang tersulit sekalipun.

Kita akan tetap bisa berbuat baik kepada mereka, bisa mendoakan, dan melayani mereka dengan setulus hati. Dengan demikian “Love God Love People with Passion” tidak lagi sekedar visi yang digemakan, tetapi dijalani.

RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Ketika hati kita DIPENUHI KASIH ALLAH, kita pun bisa MELIHAT SEPERTI ALLAH MELIHAT."

APLIKASI
Apa arti mencintai bagi Anda selama ini?
Coba renungkan seberapa besar kasih Tuhan dalam hidup Anda, apa yang menciptakan Anda pantas menerima kasih-Nya? Tidakkah orang lain pun layak mendapatkan kasih yang sama?
Bagaimana Anda sanggup mulai melihat orang lain menyerupai Tuhan melihat?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, tak henti-hentinya kami bersyukur lantaran Engkau begitu mencintai kami. Begitu besar kasih-Mu sampai kami hanya bisa tersungkur di kaki-Mu. Ajari kami mencintai menyerupai Engkau Tuhan, biar kami bisa melihat menyerupai yang Engkau lihat. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”


Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »