Loading...

Rahasia Mempunyai Pengharapan Yang Tidak Mengecewakan

Rahasia mempunyai pengharapan yang lumayan Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Pauluskepada jemaat Tuhan atau orang Nasrani di kota Roma, yaitu dalam Roma 5:2-5. Dalam Roma 5:2, rasul Paulus dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan belakang layar mempunyai pengharapan yang tidak mengecewakan, menulis: "Oleh Dia kita juga beroleh susukan oleh iktikad kepada kasih kasrunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita bangun dan kita bermegah dalam pengharapan akan mendapatkan kemuliaan Allah".

Shalom, salam sejahtera bagi kita. Senang bisa menjumpai dan menyapa para pengunjung dan pembaca setia blog ini. Doa dan keinginan saya, semua berada dalam keadaan baik, sehat, tetap antusias, sukses, diberkati dan menjadi saluran berkat Tuhan bagi banyak orang.

Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, pada kesempatan ini saya mengajak untuk memikirkan ihwal pengharapan. Mengapa? Karena ada banyak orang di seluruh dunia yang hidup tanpa pengharapan. Ini ditandai dengan terjadinya angka bunuh diri yang terus meningkat dari tahun ke tahun di seluruh dunia.

Mereka yang melaksanakan bunuh diri bukanlah lantaran mereka tidak mempunyai apa-apa dalam hidup mereka. Kelompok yang melaksanakan tindakan bunuh diri tersebut berasal dari semua level dan strata sosial yang bervariasi. Dari fakta itu, maka persoalan utamanya ialah lantaran mereka tidak mempunyai pengharapan dalam kehidupan mereka.

Apa itu pengharapan?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata "pengharapan" diartikan sebagai: "Sesuatu yang (dapat) diharapkan; keinginan semoga menjadi kenyataan; orang yang diperlukan atau dipercaya.

Setiap kita pastilah selalu mengharapkan yang terbaik dalam hidup kita. Misalnya semoga hidup kita bahagia, diberkati, panjang umur, sukses, dan masih banyak keinginan lainnya yang kita inginkan atau dambakan dalam hidup.

Namun, faktanya tidaklah selalu demikian, lantaran acap kali yang terjadi tidak menyerupai yang kita kehendaki atau harapkan. Ada hal-hal yang diluar dari ekspektasi kita terjadi. Ada kejutan-kejutan yang tidak pernah kita bayangkan dalam kehidupan kita.

Itu sebabnya, banyak orang yang kecewa, marah, putus asa, stress, depresi dan lain sebagainya. Karena memang yang mereka harapkan tidaklah terjadi dan bahkan yang mereka tidak harapkan justru itu yang terjadi. 

Pertanya penting yang harus kita olok-olokan ialah apa rahasianya semoga kita mempunyai pengharapan yang tidak mengecewakan? Berdasarkan firman Tuhan dalam Roma 5:2-5, untuk mempunyai pengharapan yang tidak mengecewakan, maka ada beberapa hal yang harus kita pahami, yaitu:

1. Pengharapan yang lumayan itu butuh proses


Dalam Roma 5:3-4, ditegaskan bahwa pengharapan itu yaitu hasil selesai dari suatu proses. Urutannya yaitu kesengsaraan - ketekunan - tahan uji - pengharapan. Berdasarkan urutan tersebut, maka kita mengerti bahwa pengharapan itu tidak diletakan dalam urutan yang pertama. Bukan juga terjadi atau menjadi kenyataan dalam waktu seketika. Tetapi dibutuhkan suatu proses dan proses itu membutuhkan waktu untuk menunggu.

Untuk sanggup mempunyai pengharapan yang tidak mengecewakan, seseorang sebelumnya telah melalui kesengsaraan, mempunyai kemampuan untuk bertahan dari bermacam-macam pergumulan hidup, sehingga menjadikan ketekunan dan ketekunan itu masih harus diuji sehingga berbuah pengharapan.

Kenapa kenyataannya banyak orang yang nyatanya kecewa akan pengharapannya? Karena mereka meletakkan pengharapannya di depan proses yang lain. Ketika seseorang meletakkan pengharapannya terlebih dahulu, pengharapan tersebut sanggup mengecewakan, saat kesengsaraan tiba menimpa hidupnya dan mereka tidak tahan dalam ujian, maka pengharapan tersebut berbuahkan kekecewaan.

Pengharapam sejati yang tidak mengcewakan yaitu pengharapan yang tahan uji bahkan terhadap kesengsaraan. Sehingga apapun yang terjadi, pengharapan kita tidak akan pernah mengecewakan.

2. Pengharapan yang lumayan itu diletakkan kepada Tuhan
Dalam Mazmur 147:11: "Tuhan senang kepada orang-orang yang takut akan Dia, kepada orang-orang yang berharap akan kasih setia-Nya". Ketika kita berharap dan mengandalkan manusia, niscaya kita akan kecewa. Bahkan orang yang sangat kita percayai, hargai dan hormati serta bisa kita andalkan sekalipun, bisa juga mengecewakan kita.

Pada sisi lain, jika kita mengandalkan kekayaan, jabatan atau kedudukan dan lain sebagainya niscaya juga kita akan mengalami kekecewaan. Mengapa? Karena semua kekuatan yang kita andalkan itu yaitu kekuatan yang terbatas dan tidak bisa menjamin secara tepat kehidupan kita.

Satu-satunya pengharapan yang tidak pernah mengecewakan kita kita ialah pengharapan kepada Tuhan. Sebab apapun yang terjadi, rancangan Tuhan bagi kita yaitu rancangan tenang sejahtera dan masa depan yang penuh harapan. Oleh lantaran itu, berharaplah kepada Tuhan, tekun dan tahan uji, maka pengharapan kita tidak akan mengecewakan dan niscaya indah pada waktunya.

Jika pembaca dan pengunjung blog diberkati melalui setiap firman Tuhan yang diulas di blog ini dan rindu untuk memberkati dengan memberi persembahan kasih sesuai dengan yang digerakan oleh Roh Kudus, SILAHKAN KLIK LINK INI: A BLESSING TO THE WORLD. Terimakasih dan Tuhan Yesus memberkati. 

Sumber https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui contact menu.

Previous
Next Post »