Siapakah Gabriel García Márquez yang Muncul Di Google Hari Ini? - Khoerulweb.com

Tuesday, March 6, 2018

Siapakah Gabriel García Márquez yang Muncul Di Google Hari Ini?

 Google menampilkan sebuah Lukisan warna warni kota Macondo di tengah hutan Amazon yang le Siapakah Gabriel García Márquez yang Muncul Di Google Hari Ini?
Ulang tahun Gabriel García Márquez ke-91

Hari ini Selasa. 5 Maret 2018, Google menampilkan sebuah Lukisan warna warni kota Macondo di tengah hutan Amazon yang lebat. Menembus celah kanopi hutan hujan yang lembab, tampaklah kota cermin. Kota yang merupakan rumah bagi keluarga Buendia, dan tempat lahirnya berbagai keajaiban.

Mulai dari ikan kecil yang terbuat dari emas, kupu-kupu kuning raksasa, hingga kereta yang mendesis merdu di bawa 'Blue Moon'. Satu-satunya tamu disana hanyalah sosok gipsi misteris yang meriwayatkan berbagai cerita aneh.

Tampak di sebelah kiri Doodle tersebut sebuah siluet wajah seseorang, dia adalah Gabriel García Márquez, siapakah dia? mari kita telusuri faktanya.

 Google menampilkan sebuah Lukisan warna warni kota Macondo di tengah hutan Amazon yang le Siapakah Gabriel García Márquez yang Muncul Di Google Hari Ini?Gabriel José de la Concordia García Márquez (pengucapan bahasa Spanyol: [ɡaˈβɾjel ɣarˈsi.a ˈmarkes] adalah seorang novelis, jurnalis, penerbit, dan aktivis politik Kolombia. Ia dilahirkan di kota Aracataca di departemen Magdalena, namun hidupnya kebanyakan dijalaninya di Meksiko dan Eropa. Saat ini ia banyak menghabiskan hidupnya di Mexico City.

Pria yang dikenal dengan panggilan sayang Gabo ini dianggap sebagai salah satu penulis paling penting di abad ke-20. Peraih nobel Kesusastraan itu telah menulis lebih dari 25 buku. Karya-karyanya secara luar biasa mampu membawa pembacanya ke dalam dunia realisme magis sehingga merasa berada di daerah tropis yang lembab.

Istilah realisme magis muncul karena gaya bertuturnya yang hidup dengan cerita mencampurkan kenyataan dan hal gaib. Selain itu ia juga menggunakan Bahasa Spanyol.

Keberanian Gabo yang tajam dalam mengangkat isu politik, menjadi salah satu alasan karya-karya non-fiksinya sangat fasih mendokumentasikan masa-masa dimana ia hidup. Salah satunya adalah berita tentang penculikan, yang menjadi satu cerita Gabo paling terkenal.

Meski telah tiada, Gabriel Garcia Marquez tetap menjadi ikon budaya yang terus bersinar di dunia sastra dan jurnalistik terutama di Amerika Latin.

MACONDO adalah sebuah kota fiksi yang ada dalam novel 'A Hundred Years of Solitude'. Sebuah karya agung penulis asal Kolombia Gabriel Garcia Marquez.

Kota Macondo yang penuh magis, dengan indah dilukiskan dalam Google Doodle hari ini, Selasa, 6 Maret 2018. Hari ini merupakan hari lahir Marquez, yang meninggal pada 17 April 2014 silam di usia 87 tahun.

Pria yang dikenal dengan panggilan sayang Gabo, di Amerika Latin tersebut tutup usia karena menderita gangguan pernafasan dan infeksi air seni.

García Márquez juga dikenal karena persahabatannya dan dukungannya yang kuat terhadap Fidel Castro. Ia pun pernah mengungkapkan simpatinya terhadap sejumlah kelompok revolusioner Amerika Latin, khususnya pada tahun 1960-an dan 1970-an. Ia juga kritis terhadap situasi politik di Kolombia. Meskipun ia banyak dituduh oleh anggota-anggota pemerintah Kolombia beberapa dasawarsa yang lalu, tidak ada bukti bahwa ia pernah secara terbuka mendukung kelompok-kelompok gerilya seperti FARC dan ELN yang beroperasi di Kolombia. Sejak awal tahun 1980-an, García Márquez sesekali pernah menjadi fasilitator yang tidak menonjolkan diri, biasanya bersama dengan Fidel Castro, dalam sejumlah perundingan antara pemerintah dan kaum gerilya.

García Márquez adalah ayah dari sutradara TV dan film Rodrigo Garcia. García Márquez meninggal karena pneumonia di usia 87 tahun pada 17 April 2014 di Mexico City.


Sumber:

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda