Tokoh Tokoh Dalam Pertempuran Bojongkokosan - Khoerulweb.com

Monday, August 6, 2018

Tokoh Tokoh Dalam Pertempuran Bojongkokosan

Para Pejuang yang gugur dalam pertempuran Melawan tentara sekutu  Tokoh Tokoh Dalam Pertempuran Bojongkokosan
Pertempuran Bojong Kokosan adalah pertempuran yang terjadi ketika konvoi tentara Inggris (Sekutu) yang hendak memperkuat pasukannya di Bandung disergap para pejuang Indonesia di Bojong Kokosan, Sukabumi. Peristiwa di Bojong Kokosan merupakan salah satu faktor penyebab dari peristiwa Bandung Lautan Api pada 24 Maret 1946. Hal ini disebabkan karena ditinjau dari strategi nasional, daerah jalur Jakarta-Bogor-Sukabumi-Bandung merupakan urat nadi kekuatan sekutu untuk menguasai daerah yang dilalui jalur tersebut.

Para pejuang Sukabumi melawan tentara Inggris dan Nederlandsch Indie Civil Administratie (NICA) yang datang dari arah Bogor menuju ke Sukabumi, dengan kekuatan satu batalyon. Pertempuran ini terjadi sebanyak dua kali. Pertempuran pertama terjadi sejak 9 hingga 12 Desember 1945 dan tidak menimbulkan banyak korban. Pertempuran kedua terjadi pada tanggal 10 hingga 14 maret 1946 dan merupakan pertempuran yang menelan banyak korban baik bagi pihak pribumi maupun penjajah. Bojongkokosan berlokasi di Jalan Siliwangi nomor 75, kecamatan Parungkuda, kabupaten Sukabumi.

Kabar yang diterima para pejuang menyebutkan bahwa pasukan Sekutu yang hendak menuju Bandung 'hanya' terdiri dari seratusan orang yang dikawal beberapa kendaraan lapis baja dan persenjataan modern. Sekitar pukul 15.00, kendaraan pengawal konvoi Sekutu terjebak lubang yang disiapkan oleh para pejuang di jalan yang diapit dua tebing di Bojong Kokosan. Pertempuran sengit ini terjadi selama sekitar dua jam, sebelum akhirnya tentara Sekutu bisa melanjutkan perjalanannya, meskipun sepanjang jalan masih terjadi tembak-menembak. Desa-desa di sekitar arena pertempuran yang ditinggalkan ini kemudian dibombardir oleh pasukan udara Kerajaan Inggris (Royal Air Force).

Penyergapan tentara yang dikawal beberapa kendaraan lapis baja jenis Stuart ini menewaskan 50-an tentara Inggris dan melukai seratusan lainnya, sementara 30-an lainnya hilang. Banyaknya korban di pihak Inggris menimbulkan perdebatan di Parlemen Inggris dan mengundang perhatian dunia.

Tokoh Tokoh Dalam Pertempuran Bojongkokosan dapat dilihat di Ruang Pameran I Museum Bojong Kokosan Jl. Siliwangi No. 75, Parung Kuda, Kabupaten Sukabumi. Berikut ini nama –nama pahlawan yang gugur di medan perang dalam Pertempuran Bojong Kokosan:


Para Pejuang yang gugur dalam pertempuran Melawan tentara sekutu / Inggris pada tanggal 9 Desember 1945
  1. Sab'an, pangkat: Sersan TKR
  2. Aceng, pangkat: Prajurit TKR
  3. Subagyo, pangkat: Prajurit TKR
  4. Didi, pangkat: Prajurit TKR
  5. Cecep, pangkat: Prajurit TKR
  6. Hadi, pangkat: Prajurit TKR
  7. Dar'i Bin Ukik, pangkat: Prajurit TKR
  8. Madsari bin Enung, pangkat: Prajurit TKR
  9. Koko bin Oceh, pangkat: Prajurit TKR
  10. Karta bin H. Pahbudin, pangkat: Prajurit TKR
  11. Acep Jaenudin, pangkat: Prajurit TKR
  12. Acep Sugandi, pangkat: Prajurit TKR
  13. Sobari, pangkat: Prajurit TKR
  14. Dana bin Safe'i, pangkat: Prajurit TKR
  15. Udi, pangkat: Prajurit TKR
  16. Rapi, pangkat: Prajurit TKR
  17. Jarkasih, pangkat: Prajurit TKR
  18. Aping Tolib, pangkat: Prajurit TKR
  19. Ukoh, pangkat: Prajurit TKR
  20. Hamzah, pangkat: Prajurit TKR
  21. Sahuri, pangkat: Prajurit TKR
  22. Madkosih, pangkat: Prajurit TKR
  23. Munajat, pangkat: Prajurit TKR
  24. Mu'in, pangkat: Laskar Hizbullah
  25. Sukanta, pangkat: Laskar Hizbullah
  26. H. Ma'mun, pangkat: Laskar Hizbullah
  27. Tidak Dikenal
  28. Tidak Dikenal

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda