Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-7 - Khoerul WEB

Kamis, 06 September 2018

Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-7

Melanjutkan Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban bagian ke-6 (soal nomor 61-70), essai SBK kelas 10 semester satu bagian ketujuh dimulai dari soal nomor 71.

71. Sebutkan lima buah teater tradisional beserta daerah asalnya!
Jawaban:
a. Bangsawan= Sumut.
b. Randai =Sumbar
c. Dermuluk= Sumsel.
d. Sintren= Cirebon.
e. Mansres= Indramayu.

72. Sebutkan jenis-jenis wayang!
Jawaban:
a. Wayang kulit.
b. Wayang golek.
c. Wayang kancil.
d. Wayang Purwa.
e. Wayang beber.

73. Sebutkan cerita yang biasa dipentaskan dalam ketoprak!
Jawaban: Cerita kerajaan, cerita sejarah, dan cerita rakyat Jateng.

74. Jelaskan yang kamu ketahui tentang arja!
Jawaban: Arja merupakan teater tradisional dari Bali dengan dialog-dialog yang dikembangkan.

75. Berilah penjelasan mengenai simbol-simbol yang terdapat pada wayang!
Jawaban: Kelir sama dengan langit
Debog sama dengan bumi

76. Sebutkan fungsi dari teater!
Jawaban:
a. Teater berfungsi untuk keperluan upacara.
b. Teater sebagai media ekspresi.
c. Teater berfungsi sebagai sarana hiburan.
d. Teater sebagai media pendidikan.

77. Jelaskan yang kamu ketahui tentang ubrug!
Jawaban: Ubrug merupakan teater tradisional bersifat kerakyatan yang terdapat di daerah Banten. Ubrug menggunakan bahasa daerah Sunda, campur Jawa dan Melayu, serupa dengan topeng banjet yang terdapat didaerah Karawang. Ubrug dapat dipentaskan dimana saja, seperti halnya teater rakyat lainnya. Dipentaskan bukan saja untuk hiburan, tetapi juga untuk memenrintahkan suatu “hajatan”, atau meramaikan suatu “perayaan”.

78. Jelaskan yang dimaksud dengan virtuositas!
Jawaban: Virtuositas adalah kekuatan atau daya tarik seniman yang dilahirkan dari keterampilan, kecerdasan, serta pendalaman sepenuh hati dan jiwa pada karya ditampilkan, sehingga menimbulkan rasa empati dan simpati bagi yang melihatnya.

79. Sebutkan langkah-langkah menyusun naskah lakon!
Jawaban:
a. Menentukan tema. Tema adalah gagasan dasar cerita atau pesan yang akan disampaikan oleh pengarang kepada penonton. Tema akan menuntun laku cerita dari awal sampai akhir.
b. Menentukan persoalan. Persoalan atau konflik adalah inti dari cerita teater. Tidak ada cerita teater tanpa konflik. Oleh karena itu pangkal persoalan atau titik awal konflik perlu dibuat dan disesuaikan dengan tema yang dikehendaki.
c. Membuat sinopsis (ringkasan cerita). Sinopsis digunakan pemandu proses penulisan naskah sehingga alur dan persoalan tidak melebar.
d. Menentukan kerangka cerita. Kerangka cerita akan membingkai jalannya cerita dari awal sampai akhir. Kerangka ini membagi jalannya cerita mulai dari pemaparan, konflik, klimaks sampai penyelesaian.
e. Menentukan protagonist. Tokoh protagonis adalah tokoh yang membawa laku keseluruhan cerita. Dengan menentukan tokoh protagonis secara mendetil, maka tokoh lainnya mudah ditemukan. Apabila protagonis sudah diciptakan maka karakter antagonis dengan sendirinya terbentuk. Jika tokoh protagonis dan antagonis sudah ditemukan, maka tokoh lain baik yang berada dipihak protagonis atau antagonis akan mudah diciptakan.
f. Menentukan cara penyelesaian. Akhir cerita yang mengesankan selalu akan dinanti oleh penonton. Oleh karena itu tentukan akhir cerita dengan baik, logis, dan tidak tergesa-gesa.

80. Jelaskan cara olah suara dalam latihan teater tradisional!
Jawaban: Adapun latihan yang dapat dilakukan adalah dengan berlatih menyanyikan lagu-lagu tradisional atau lagu-lagu dolanan (permainan) anak-anak secara bebas di alam terbuka.

Lanjut ke soal penilaian akhir semester satu => Contoh Soal UAS Seni Budaya Kelas X Semester 1 K13 Beserta Jawaban
Comments


EmoticonEmoticon

close