Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-6 - Khoerul WEB

Kamis, 06 September 2018

Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-6

Berisikan materi yang sama dengan contoh soal PG SBK kelas 10 semester satu K13 bagian ke-7, yaitu tentang Seni Teater, essai bagian keenam merupakan lanjutan Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban bagian ke-5 (soal nomor 46-60) dengan materi soal yang berbeda tentunya. Berikut dibawah ini, contoh soal SBK bagian ke-6 dimulai dari soal nomor 61.

61. Jelaskan tujuan dari seni drama!
Jawaban: Mengangkat cerita berkonflik melalui adegan peradegan permasalahan sampai ke titik klimaks dan berakhir dengan penyelesaian.

62. Sebutkan teater tradisional yang berasal dari Jawa Tengah!
Jawaban: Teater yang berasal dari Jawa Tengah, diantaranya ketoprak, wayang gong, dan srandul.

63. Jelaskan yang dimaksud dengan virtuositas!
Jawaban: Virtuositas adalah kekuatan atau daya tarik seniman yang dilahirkan dari keterampilan, kecerdasan, serta pendalaman sepenuh hati dan jiwa pada karya yang ditampilkan, sehingga menimbulkan rasa empati dan simpati bagi yang melihatnya.

64. Sebutkan latihan yang bisa dilakukan actor seni teater tradisional!
Jawaban: Latihan yang dilakukan adalah olah rasa, suara, dan tubuh.

65. Jelaskan yang dimaksud dengan olah rasa!
Jawaban: Olah rasa dilakukan dengan cara menambah wawasandan selalu mencari tahu mengenai kejadian-kejadian yang terjadi dimasyarakat, baik itu masalah budaya, sosial, politik maupun masalah lainnya. Hal ini dikarenakan karakteristik pementasan teater tradisional adalah akrab, komunikatif dan materi cerita yang selalu berkaitan dengan kondisi masyarakat. Latihan yang dilakukan dapat berupa improvisasi dan spontanitas. Latihan improvisasi dilakukan dengan latihan merespons suatu peristiwa kecil menjadi peristiwa besar dan kompleks, sedangkan spontanitas adalah latihan merespons dialog dan tingkah laku secara tepat dan cepat.

66. Jelaskan pengertian dari teater!
Jawaban: Teater adalah salah satu bentuk kegiatan manusia yang secara sadar menggunakan tubuhnya sebagai unsur utama untuk menyatakan dirinya yang diwujudkan dalam suatu karya (seni pertunjukan) yang ditunjang dengan unsur gerak, suara, bunyi, dan rupa yang dijalin dalam cerita pergualatan tentang kehidupan manusia.

67. Sebutkan unsur teater yang kamu ketahui!
Jawaban: Unsur teater: tubuh manusia, gerak, suara, bunyi, rupa, dan lakon.

68. Sebutkan teater tradisional dari Bali!
Jawaban: Teater tradisional Bali, yaitu gambuh, barong, arja, dan kecak.

69. Jelaskan konsep seni peran!
Jawaban: Seni peran adalah salah satu cabang ilmu seni yang mempelajari bagamana teknik menciptakan dan memainkan peran (akting), sebagai seorang tokoh terterntu, baik di atas pentas (penggung) maupun dalam sebuah film. Adapun pelaku dalam peran dikenal dengan sebuah actor.
Akting adalah segala kegiatan, gerak, atau perbuatan yang sangat panjang sehingga diakatakan seni yang tidak akan pernah selesai masa pembelajarannya. Selama seorang actor bernapas, maka selama itu pula ia belajar.

70. Sebutkan apa saja fungsi teater tradisional!
Jawaban: Sebagai media ekspresi, media hiburan, dan pendidikan.

Lanjut ke soal nomor 71-80 => Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-7
Comments


EmoticonEmoticon

close