Contoh Soal UAS PKN Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban - Khoerul WEB

Jumat, 14 September 2018

Contoh Soal UAS PKN Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban

Dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester satu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 11 Kurikulum 2013, admin telah mempersiapkan sekitar 50 butir soal (30 PG + 20 essay/uraian) yang bisa siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat pelajari sebelum menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) yang sebenarnya. Selain itu admin telah mempublish bagi guru/siswa yang memerlukan materi soal kewarganegaraan dengan KTSP, yang bisa dibaca pada tulisan : Contoh Soal UAS PKN Kelas XI Semester 1 (PG dan Essay) beserta Jawaban

Oke, berikut dibawah ini contoh soal UAS PKN kelas XI semester 1 K13 dengan kunci jawabannya, yang berisikan materi, mulai dari: soal tentang harmoniasi hak dan kewajiban asasi manusia dalam perspektif Pancasila, disusul dengan soal tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sampai dengan soal PKN tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia.

1. Pemberontak yang menyebabkan pembunuhan secara masal pada sekelompok manusia termasuk jenis pelanggaran hak asasi manusia ….
a. ringan
b. sedang
c. berat
d. umum
e. wajar
Jawaban: c. berat
Pembahasan:
Kasus Pelanggaran Hak Asasi manusia yang sifatnya berat dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu pembunuhan masal dan kejahatan kemanusiaan.

2. Berikut termasuk penyebab terjadinya kasus pelanggaran hak asasi yang berasal dari faktor internal, yaitu ….
a. penyalahgunan kekuasaan
b. pergaulan
c. kesenjangan sosial
d. ketidaktegasan aparat hukum
e. sikap mementingkan diri sendiri
Jawaban: e. sikap mementingkan diri sendiri
Pembahasan:
Faktor internal penyebab kasus pelanggaran hak asasi manusia merupakan faktor penyebab yang berasal daridiri sendiri seseorang yang melakukan pelanggaran hak asasi manusia. Adapun contoh faktor yang mempengaruhinya yaitu  sikap mementingkan diri sendiri, sikap tidak toleransi serta umur.

3. Hak asasi manusia menyangkut hak hidup, hak kemerdekaan, dan hak memiliki sesuatu tidak boleh diganggu gugat karena ….
a. diturunkan dari orang tua kandung
b. dibawa sejak lahir sebagai anugerah Tuhan
c. bersifat sangat pribadi dan eksklusif
d. merupakan eksistensi manusia bermartabat
e. dilindungi oleh negara
Jawaban: b. dibawa sejak lahir sebagai anugerah Tuhan
Pembahasan: Hak asasi manusia adalah hak dasar atau hak pokok yang dimiliki manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Hak asasi manusia merupakan Anugerah TUhan Yang Maha ESa sejak lahir, maka tidak seorang pun dapat mengambilnya atau melanggarnya. Kita harus menghargai anugerah ini dengan tidak membedakan manusia berdasarkan latar belakang ras, etnik, agama, warna kulit, jenis kelamin, pekerjaan, budaya, dan lain-ain. Namun perlu diingat bahwa dengan hak asasi manusia manusia bukan berarti dapat berbuat semena-mena, karena manusia juga harus menghormati hak asasi manusia lainnya.

4. Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai mahluk TUhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia, merupakan pengertian HAM menurut ….
a. Komisi HAM PBB
b. John Locke
c. Aristoteles
d. Koentjoro Poerbopranoto
e. UU No. 39 Tahun 1999
Jawaban: e. UU No. 39 Tahun 1999
Pembahasan:
Berdasarkan pasal 1 angka 1 U No. 39 Tahun 1999. Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum dan pemerintaha, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

5. Kasus penembakan mahasiswa Trisakti terjadi pada tahun ….
a. 1997
b. 1989
c. 1998
d. 1987
e. 1996
Jawaban: c. 1998
Pembahasan:
Terjadinya Trisakti peristiwa penembakan, pada 12 Mei 1998 terhadap mahasiswa pada saat demonstrasi menuntut Soeharto turun dari jabatannya. Kejadian ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta, Indonesia serta puluhan lainnya luka.

6. Sikap guru yang membeda-bedakan peserta didik, termasuk jenis pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi lingkungan ….
a. keluarga
b. sekolah
c. masyarakat
d. bangsa dan bernegara
e. lembaga pemerintahan
Jawaban: b. sekolah
Pembahasan:
Hubungan antara peserta didik dan guru pada umumnya terjadi di lingkungan sekolah. Contoh beberapa kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia yang terjadi di lingkungan sekolah misalnya siswa yang menghina atau mengejek siswa yang lainnya. Guru yang membeda-beda kan muridnya, tawuran siswa antar kelas, dan sebagainya.

7. Pengadilan hak asasi manusia diatur dalam salah satu instrument Pancasila, yaitu ….
a. Amandemen kedua UUD 1945
b. Inpres No. 26 Tahun 1998
c. UU No. 26 Tahun 2000
d. Keppres No. 129 Tahun 1998
e. Keppres No. 181 Tahun 1998
Jawaban: c. UU No. 26 Tahun 2000
Pembahasan:
UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia.

8. Instrumen Pancasila Keppres No. 181 Tahun 1998 mengatur tentang ….
a. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap perempuan
b. Pengakuan dan Jaminan Perlindungan terhadap Hak Asasi Manusia
c. Rencana Aksi Nasional Hak-Hak Asasi Manusia
d. Perumusan dan penyelenggaraan kebuijakan, perencanaan program, ataupun pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan
e. Pengesahan Convetion Againts Torture and Other Cruel
Jawaban: a. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap perempuan
Pembahasan:
Instrumen Hak Asasi Manusia merupakan sarana yang digunakan untuk menjamin penegakan serta perlindungan terhadap HAM. Hak Asasi Manusia berupa peraturan perundang-undangan sebagai dasar hukum tertulis yaitu sebagai berikut:
1. Ketetapan MPRS No. XVII/ MPR/ 1998 tentang Hak Asasi Manusia
2. UU No. 5 Tahun 1998 tentang pengesahan Convetion Against Torture and Other Cruel, Inhuman or Degrading Tratement or Punisment (Konveksi menentang penyiksaan dan perlakuan atau penghukuman lain yang kejam, tidak manusiawi, atau merendahkan martabat manusia).
3. Keppres No. 181 Tahun 1998 tentang Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan.
 
9. Berikut yang termasuk landasan langsung pemikiran munculnya hak asasi manusia, yaitu ….
a. semua manusia berderajat sama
b. manusia ciptaan Tuhan
c. manusia berhak hidup
d. manusia memiliki kebebasan sejak lahir
e. manusia makhluk sosial
Jawaban: a. semua manusia berderajat sama
Pembahasan: Landasan langsung dan pertama pemikiran munculnya hak asasi manusia, yaitu kodrat manusia adalah sama derajat dan martabatnya, semua manusia adalah sama derajat dan martabatnya. Semua manusia adalah sederajat tanpa membedakan ras, agama, suku, dan bahasa.

10. Berikut yang termasuk jenis kasus pelanggaran hak asasi manusia yang bersifat ringan, yaitu ….
a. pengusiran penduduk secara paksa
b. penyiksaan terhadap balita
c. pembunuhan seseorang
d. pencemaran nama baik
e. pembunuhan massal
Jawaban: d. pencemaran nama baik
Pembahasan:
Kasus pelanggaran hak asasi manusia ada yng bersifat berat dan ringan. Contoh pelanggaran hak asasi manusia yang bersifat berat seperti pembunuhan massal dan kejahatan kemanusiaan. Sedangkan contoh kasus pelanggaran hak asasi manusia yang bersifat ringan misalnya pemukulan terhadap seseorang, pencemaran nama baik, dan menghalangi seseorang untuk mengekspresikan pendapat.

Lanjut ke soal nomor 11-20 => Contoh Soal UAS PKN Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-2
Comments


EmoticonEmoticon

close